Makan Malam Bak Keluarga Kerajaan di Omah Dhuwur 

Jogja memang tak ada habisnya soal kuliner, selalu banyak kuliner nikmat di kota ini. Salah satu tempat yang terkenal dengan banyaknya tempt makan enak adalah Kotagede. Disini kita bisa menemukan berbagai jenis makanan dengan berbagai jenis penyajian dan cara memasak. Kotagede memang sudah terkenal sejak lama, selain karena kerajinan peraknya juga karena nilai sejarah yang ada disini. Kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Mataram Islam ini memang terkenal karena suasananya. Suasana di kota gede sendiri terbilang enak meskipun agak panas. Soal kuliner disini kita bisa memilih, salah satu tempat kuliner yang paling terkenal adalah Omah Dhuwur.

 

Sejarah dan Konsep Kolonial Omah Dhuwur 

 

Omah Dhuwur Kotagede ini sendiri pertama kali muncul di dunia kuliner Jogja pada tahun 2002. Sejak pertama kali muncul tempat yang satu ini memang sudah banyak mencuri perhatian para pecinta kuliner Jogja dan para wisatawan. Banyak hal menarik yang ditawarkan oleh tempat ini selain kulinernya yang sangat terkenal. Dari segi bangunan sendiri kita akan merasakan atmosfer zaman kolonial Belanda.

 

Hal ini dikarenakan bangunan yang digunakan oleh tempat ini sendiri tergolong bangunan yang sudah tua. Penggabungan bentuk bangunan yang bergaya kolonial Belanda dengan interir yang terkesan jawa klasik ini semakin membuat kita betah. Selain itu taman yang cukup luas dan asri serta nyaman ini semakin membuat kita tak akan cepat bosan. Setidaknya, jika makanan kita telat datang maka kita bisa sekedar menunggu atau berjalan keliling taman.

 

Varian Menu Omah Dhuwur 

 

Omah Dhuwur  dalam hal kuliner menawarkan beberapa macam masakan. Secara garis besar masakan di tempat ini dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu menu traditional, menu western dan asia. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa nama masakan yang tertulis di buku menunya. Beberapa contoh menu masakan Omah Dhuwur seperti Tom Yam, Salad, Nasi Goreng, Soto ayam, Sop Buntut, Spaghetti, Tempe mendoan, dan masih banyak lagi.

 

Harga Menu Omah Dhuwur 

 

Jika dilihat dari segi harga, memang makan disini cukup bisa menguras kocek. Namun, setidaknya harga makanan yang merika berikan sesuai dengan apa yang kita dapatkan baik dari rasa dan penampilan. Harga makanan Omah Dhuwur Kotagede sendiri memiliki harga dengan kisaran Rp 35.000 sampai Rp 250.000. Harga yang cukup besar tersebut diimbangi dengan rasa masakan yang tak akan membuat kita kecewa.

 

Pengunjung resto ini sendri kebanyakan adalah wisatawan asing. Jika kalian datang ke lokasi ini makan akan lebih banyak kita temukan wisatawan asing dari pada pengunjung lokal. Pelayan di resto ini sendiri juga sangat ramah dan fasih berbahas asing.

 

Sehingga baik wisatawan asing maupun wisatawan lokal akan sangat merasa nyaman berada disini. Interior yang digunakan di tempat ini sendiri sangat penuh dengan nuansa jawa klasik. Sepertinya si empunya tempat ini memang sengaja memberikan kesan tersebut agar tempat ini memiliki kesan yang berbeda daripada lokasi yang lain.

 

Untuk mencapai lokasi tempat ini bukanlah hal yang sulit, ada berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk mencapai lokasi ini. Kita bisa memanfaatkan fasilitas transportasi yang disediakan pemerintah Jogja yaitu Trans Jogja, sekaligus kita bisa lebih hemat. Jika kita menggunakan TransJogja maka kita mengambil jalur 3A kemudian berhenti di halte Tegal Gendu, dari situ kita bisa naik becak.

 

Pilihan tempat makan di Jogja memang sangat banyak. Salah satu lokasi yang bisa kita jadikan area untuk berburu kuliner adalah di daerah Kotagede ini. Namun, masih banyak tempat lain di Jogja yang patut untuk kita datangi di cicipi kuliner yang mereka sajikan. Salah satu lokasi yang nikmat untuk berburu kuliner bergaya eropa adalah Mediteranea Restaurant.

 

Jika kita ingin merasakan nikmatnya menu masakan tradisional rumahan yang sudah mengalami sentuhan modern kita tinggal datang aja di Kesuma Restaurant untuk makan malam kita. Jika suasana jawa yang ingin kalian cari maka sebaiknya mampir ke Raminten House. Namun, jika kalian ingin merasakan suasana jaman kolonial di Kotagede dengan makanan yang nikmat maka Omah Dhuwur adalah pilihan paling utama.

 

Alamat: Jl. Mondorakan No.252, Bodon, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172