Mengunjungi Salah Satu Situs Peninggalan Mataram Watu Wedhok di Bantul

Banyak situs peninggalan kerajaan yang terdapat di wilayah Jogja. situs- situs tersebut mengisahkan rekam jejak keberadaan kerajaan pada jaman dahulu. Beberapa diantaranya menandakan pernah adanya peristiwa tertentu di lokasi penemuan situs. Seperti yang ada di Kecamatan Imogiri ini dengan keberadaan situs Watu Wedhok.

 

Lokasi Watu Wedhok

 

Situs Watu Wedhok tepatnya berada di Dusun Mojolegi, Karangtengah Imogiri, Bantul. Jarak lokasinya dari pusat kota Jogja sejauh 22km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit perjalanan. Rute yang bisa dilalui untuk menuju situs adalah Jalan Imogiri Barat.

 

Kondisi dan akses jalan sudah bagus namun lokasi tersebut hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Kendaraan umum hanya menjangkau sampai wilayah Imogiri Kota saja.

 

Sejarah Watu Wedhok

 

Setiap situs yang ditemukan di wilayah Indonesia pasti ada hubungannya dengan sejarah kerajaan pada jaman dahulu yang memang berbentuk kerajaan. Tentunya pada era jauh sebelum kemerdekaan. Salah satu situs yang ditemukan di Karangtengah adalah Watu Wedhok.

 

Watu Wedhok adalah suatu situs sumber mata air yang terdapat di bukit bebatuan. Adapun namanya wedhok karena bentuk situs tersebut menyerupai alat kelamin wanita. Konon cerita yang berkembang adalah pada jaman Kerajaan Mataram Sultan Agung sedang mencari lahan untuk komplek para raja. Hingga sampailah pada lokasi tersebut sang raja kehausan dan menancapkan tongkatnya ke bukit batu berulang kali dengan menyeret hingga bekasnya mengeluarkan air. Air tersebut terlus mengalir hingga sekarang ini.

 

Dalam pencarian lahan tersebut Sultan Agung bersama para abdi dalemnya yaitu Kyai Ambasekar, Nyai Ambersari, dan Kyai Loso yang kemudian setelah mereka meninggal dimakamkan di wilayah ini pula.

 

Suasana Watu Wedhok

 

Payak juga merupakan situs sumber air yang terletak di daerah Pleret yang memiliki kesamaan dengan Watu Wedhok sebagai sumber mata air. Lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat suasana di sini terasa segar, hijau, dan alami.

 

Selain melihat situs Watu Wedhok, pengunjung juga bisa mengunjungi beberapa spot yang ada di sekitar lokasi. Pasalnya situs ini berada di komplek Lokasinya berada dalam komplek makam Kyai Sekarsari, Nyai Ambarsari, Kyai Loso, Petilasan Pangeran Bendo, dan Mushala Gaib Cempluk Nangka.

 

Pengunjun yang datang ke lokasi ini biasanya sekaligus melakukan ziarah ke makam- makam petilasan jaman kerajaan tersebut. Bagi pecinta wisata rohani maupun sejaarah tentu datang ke tempat ini merupakan hal yang sangat menarik.

 

Fasilitas di Situs

 

Seringkali kelengkapan fasilitas di area wisata sangatlah penting untuk menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Sayangnya bisanya lokasi situs terutama yang terletak di wilayah yang sulit dijangkau masih belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

 

Seperti di Watu Wedhok ini, lokasinya berada di dalam hutan di perbukitan, sehingga untuk menuju ke sana harus melewati hutan dengan berjalan kaki. Namun meskipun berada di lokasi yang sulit dijangkau masih banyak pengunjung yang berminat dengan keberadaan situs ini. terbukti masih banyak pengunjung yang datang dan berziarah di komplek ini.

 

Area Desa Selopamioro

 

Jika sudah di wilayah Desa Selopamioro, tak ada salahnya untuk mampir berkunjung ke desa wisata yang ada. Desa wisata ini sudah dikembangkan oleh warga lokal sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Salah satu spot yang terkenal tentu saja Jembatan Gantung Selopamioro. Di iembatan ini pengunjung bisa menyeberangi dan berfoto dengan background jembatan gantung yang dibawahnya mengalir Sungai Oyo. Pemandangannya sungguh indah antara warna jembatan yang kuning cerah, sungai, hijaunya hutan, dan birunya awan.

 

Di desa wisata banyak hal menarik yang dapat dilakukan salah satunya adalah wahana di sungai Oyo yaitu rafting dan tubing. Nah, setelah menjelajah hutan untuk melihat Watu Wedhok tentu lelahnya akan terbayar dengan kesegaran bermain air dengan rafting dan tubing. Setelahnya pengunjung bisa menikmati jajanan khas pedesaan di lokasi ini.

 

Menarik bukan? Bila punya waktu luang sebelum datang ke Watu Cantheng sempatkan mampir ke Watu Wedhok dan main seru di Karang Tengah