Bukan Petualang Sejati Jika Belum Sekalipun ke Sungai Oyo

Sangat suka dengan wisata alam? Beruntung berada di Indonesia. Wisata alamnya seperti tidak ada habisnya. Hampir di setiap tempat di Indonesia memiliki potensi wisata alam. Mulai dari pegunungan, pantai maupun sungai. Jangan lupakan juga goa dan sungai dalam goa. Menyusuri goa sambil melihat stalagtit dan stalagmit mungkin sudah biasa. Tetapi bagaimana dengan menyusuri sungai di dalam goa? Anda bisa meliha stalagtid tetapi berada di atas perahu karet karena menyusuri sungai. Ada pula yang memang khusus untuk memacu adrenalin dengan aliran sungai yang lebih kencang. Salah satunya di Sungai Oyo Gunung Kidul.

Mengenal Sungai Oyo

Sungai Oya atau Sungai Oyo terletak di Desa Gelaran 1, RT. 5 RW. 15 Kel. Bejiharjo, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Berdasarkan sejarah Kali Oyo dikatakan bahwa sungai ini merupakan jenis sungai periodik. Ciri sungai periodik adalah ketika musim hujan memiliki debit air yang banyak sedangkan pada musim kemarau debit air berkurang atau airnya lebih sedikit.

 

Sungai Oyo ini membelah bukit karst bagian utara dan selatan. Sungai ini memiliki muatan aliran suspended load. Selain Goa Pindul bisa dikatakan wisata susur sungai  oyo atau river tubing oyo merupakan wisata adventure andalan Gunung Kidul. Tidak sedikit pengunjung setelah menyusuri Goa Pindul dilanjutkan menyusuri Sungai Oyo ini. Apalagi jarak antara Goa Pindul ke Sungai Oyo tidak terlalu jauh. Setidaknya menempuh jarak sekitar 1 km.

Petualangan Seru

Wisata petualangan memang memberikan suasana yang berbeda jika dibandingkan ketika berlibur di Pantai Watu Lumbung. Apa yang menyenangkan dari perjalanan wisata adventure? Tentu saja kejutan yang bisa terjadi kapan saja. Alam tidak bisa dipredisksi. Bisa memberikan kejutan tidak terlupakan kapan saja. Apalagi sungai periodik. Ketika mengunjunginya saat musim hujan maka volume air bertambah.

 

Begitu pula dengan sungai ini. Pada musim penghujan jarak tempuh wisata rafting sungai oya kabupaten gunung kidul daerah istimewa yogyakarta ini bisa mencapai 2 hingga 4 kali lebih jauhh dibandingkan ketika musim kemarau. Arus air pun lebih kencang. Begitu pula dengan gelombang airnya. Benar-benar memacu adrenalin. Semakin memberikan tantangan untuk menaklukkannya.

Pemandangan Indah

Saat sedang liburan terkadang meski hanya menikmati suasana sekitar misalnya saat berada di Embung Batara Sriten pun bisa memberikan suasana menyenangkan. Namun berbeda dengan wisaa adventure. Tidak hanya petualangan seru saja yang menanti.

 

Pemandangan indah di sepanjang sungai pun siap menyambut. Dibandingkan dengan Gua Pindul yang memang menyusuri sungai di dalam gua, sungai oyo terasa lebih menyatu dengan alam terbuka. Pada saat menyusuri sungai pun, Anda akan memperoleh kejutan adanya air terjun dengan ketinggian 2 hingga 4 meter. Air terjun ini berasal dari aliran sungai di Gua Pindul.

Keamanan Terjamin

Keamanan selama menyusuri mulai dari hulu kali oya ini sudah diperhitungkan. Setiap peralatan yang digunakan disesuaikan dengan standar yang berlaku. Misalnya saat musim hujan biasanya rafting dilakukan dengan perahu karet sedangan saat debit air tidak terlalu banyak akan menggunakan ban tubing. Ban tubing ini juga digunakan untuk menyusuri Goa Pindul.

 

Setiap pengunjung yang akan menyusuri sungai akan mengenakan baju pelampung. Ban selalu diperiksa sebelumnya.. Begitu pula dengan volume maupun gelombang air. Saat ketinggian air di atas normal begitu pula dengan gelombang air, biasanya wisata akan ditutup sementara untuk alasan keamanan. Selain itu setiap pemandu pun sudah cukup terlatih dan berpengalaman. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Tentu saja setiap akan menyusuri sungai, barang bawaan harus dititipkan. Karena menyusuri sungai, daripada terjadi hal-hal yang kurang diinginkan tentu saja sebaiknya mengikuti setiap ketentuan yang berlaku. Jangan khawatir barang-barang yang dititipkan juga akan terjamin keamanannya.

 

Setiap persyaratan ini tentu tidak akan berlaku ketika mengunjungi Bukit Paralayang dimana Anda tidak bermain air ketika berada di sana. Jika Anda menginginkan foto di spot menarik. Pemandu akan membantu Anda. Mereka bahkan tidak segan menjadi fotografer yang mengabadikan keseruan Anda bersama teman-teman selama berada di Sungai Oyo.

Alamat:  Desa Gelaran 1, RT. 5 RW. 15 Kel. Bejiharjo, Wonosari, Yogyakarta 55891, Indonesia