5 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Ingin mencari hiburan keluarga yang ramah kantong dan lengkap?Tentu saja ada. Masih di wilayah Jogja tepatnya di Kulon Progo terdapat sebuah objek wisata alam ramah keluarga. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan serasa menyatu dengan alam. Semua itu dapat dinikmati di Taman Sungai Mudal.

 

Lokasi Taman Sungai Mudal

 

Ekowisata Sungai Mudal tepatnya berada di Dukuh Banyunganti, Jatimulyo, Kulon Progo, Jogja. lokasinya berada sejauh 31 km dari pusat kota Jogja dan dapat ditempuh dengan kurang lebih 1 jam perjalanan.  Rute yang dapat dipilih untuk menuju lokasi adalah melalui Jalan Godean menuju Kulon Progo hingga Jembatan Sungai Progo. Pilih jalur menuju Goa Kiskendo hingga pertigaan lurus sampai ke hutan pinus ke kiri ke arah Kokap dan ikuti petunjuk menuju Taman Sungai Mudal.

 

Akses jalanan sudah sangat bagus, pengunjung dapat menjangkau wilayah tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi.

 

Suasana Taman Sungai Mudal

 

Salah satu Wisata Kulon Progo ini awalnya adalah daerah di aliran sungai Mudal. Pada awalnya warga setempat mengadakan gerakan bersih desa di aliran sungai dan mata air Mudal yang kemudian para penduduk menyadari potensi keindahan alam tersebut dapat dikembangkan menjadi objek wisata.

 

Ide para warga untuk mengembangkan lokasi ini menjadi potensi wisata memang tak salah. Terbukti tempat ini kini menjadi keren dan sangat patut untuk dikunjungi, terlebih dengan banyak fasilitas yang dilengkapi di dalamnya. Beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan di sini adalah:

 

Komplek Air Terjun

 

Taman ini memang mengandalkan potensi wisata dari wahana air yang banyak tersedia di kawasan ini. di area ini terdapat banyak air terjun, jeram- jeram, lubuk, dan kolam pemandian.  Sumber air ini pun masih dimanfaatkan warga untuk perairan baik untuk sawah dan sumber air minum.

 

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang berada di ekowisata ini seperti Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut.  Kedua air terjun ini memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu ketinggian airnya tidak terlalu tinggi.  Air yang mengalir dari air terjun sangat bersih.

 

Kolam Pemandian

 

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung bisa bermain air di kedung atau kolam pemandian yang alami. Di sini ada beberapa kedung antara lain Kedung Wong, Kedung Luweng, Kedung Dowo, Kedung Rempelas, Kedung Awar-awar, dan Kedung Gedoya.

 

Yang digunakan untuk wahana berenang adalah area Kedung Kedoya. Bagi anak- anak, tersedia pula kolam yang dibuat untuk anak- anak dengan kedalaman hanya 1 -1,5 meter.  Kolam di area ini juga memiliki pemandangan yang tak kalah indah. Kolamnya berair biru turquoise terlebih bila pengunjung datang di pagi hari ketika sinar matahari jatuh menimpa permukaan kolam sungguh indah untuk diabadikan.

 

Camping

 

Melihat banyanknya pengunjung yang datang pengelola selalu berusaha menambah fasilitas yang lengkap. Di sini sudah tersedia fasilitas untuk berkemah dan outbond, bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan agenda camping dan outbond dapat menghubungi pengelola.

 

Flying Fox

 

Yang tak kalah menarik adalah tentu saja wahana flying fox.  Flying fox termasuk wahana yang baru di taman ini.  Pengunjung dapat mencoba permainan ini dengan membayar Rp 15. 000,00/ orang.

 

Free Wifi

 

Inilah yang menjadi kebutuhan bagi wisatawan di jaman now yaitu akses ke internet. Hebatnya taman ini sudah dilengkapi dengan free Wifi.  Tentu saja hal ini sangat menggembirakan bagi para pengunjung. Menikmati keindahan alam taman dan beraktivitas sembari foto- foto bisa langsung menggunggahnya ke media sosial dengan layanan free wifi tersebut.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Seperti di area Kebun Teh Nglinggoyang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, begitu pula dengan taman ini.  pengelola sudah membangun sarana pra sarana bagi para pengunjung meliputi kamar ganti, kamar mandi, mushola, gazebo, warung makan, dan penyewaan perlatan.

 

Tiket masuknya sebesar Rp. 4.000,00/orang dan parkir Rp. 2.000,00/motor Rp. 5.000,00/mobil.  Sangat terjangkau bukan? Oleh sebab itu jangan ragu ragu lagi untuk datang ke Taman Sungai Mudal.