Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan, tersembunyi di ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu destinasi liburan unggulan yang masuk ke dalam paket wisata Solo  Keindahannya yang fantastis dan pesonanya yang menawan menjadikan telaga ini sebagai daya tarik utama bagi para pelancong.
Terletak di tengah-tengah alam yang megah, Telaga Sarangan menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan dengan suasana sejuk yang begitu menyegarkan. Telaga ini bukan hanya sekadar sebuah danau, melainkan juga merupakan paduan harmonis antara keindahan alam dan udara yang sejuk.
Dengan luas mencapai 30 hektar, telaga ini menyajikan pemandangan air yang memukau dan menyejukkan mata. Kedalamannya yang mencapai 28 meter memberikan kesan mistis dan kealamian yang begitu kuat, menambah daya tarik bagi para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.
Kondisi suhu di sekitar kawasan wisata alam ini turut menambah pesona destinasi ini. Pada siang hari, suhu mencapai sekitar 20 derajat Celsius, memberikan suasana yang nyaman untuk berbagai kegiatan di sekitar telaga. Sementara itu, pada malam hari, suhu bisa turun hingga 15 derajat Celsius, menciptakan udara sejuk yang menyelimuti seluruh kawasan telaga.
Bagi mereka yang tidak menyukai udara panas, tempat ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk melarikan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.
Dengan segala keistimewaannya, telagai ini menjadi destinasi liburan yang tak hanya menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga menawarkan pengalaman liburan yang penuh ketenangan dan kesejukan.
Telaga ini bukan hanya sekadar tempat wisata, melainkan merupakan surga tersembunyi bagi para pencinta alam dan ketenangan yang mencari pengalaman liburan yang unik.

Lokasi dan Rute

Telaga Sarangan, dengan keindahannya yang menakjubkan, terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Meskipun berada di lereng gunung, lokasi telaga ini tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 16 kilometer saja. Aksesibilitas yang relatif mudah membuat kawasan ini menjadi destinasi yang diminati oleh para wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.
Bagi mereka yang memilih paket wisata Solo, perjalanan ke telaga ini dari Tawangmangu menjadi lebih singkat, hanya menempuh jarak sekitar 5 kilometer. Rute ini dinikmati oleh para pengunjung berkat jalanan yang baik dan cepat, memudahkan mereka untuk sampai dengan nyaman dan tanpa kesulitan.
Bagi wisatawan yang berasal dari perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, opsi transportasi umum seperti bus dapat menjadi pilihan yang efisien. Perjalanan dimulai dari kota Surabaya, dengan tujuan akhir menuju ke kota Magetan.
Setelah tiba di Magetan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum ke Sarangan. Proses ini memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan sekaligus memudahkan para pengunjung untuk menikmati setiap momen menuju destinasi wisata mereka.
Dengan rute yang terencana dengan baik dan akses yang mudah dijangkau, obyek wisata ini menyambut para pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Perjalanan yang tidak hanya memuaskan mata, tetapi juga memberikan kesan yang tak terlupakan, membuat Telaga Sarangan menjadi tujuan liburan yang sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan

Telaga Sarangan dapat dikunjungi setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk dapat menikmati pesona telaga ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Biaya tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp. 15.000 untuk anak-anak.
Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga perlu memperhatikan biaya parkir. Untuk sepeda motor, biaya parkirnya sekitar Rp. 5.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sekitar Rp. 10.000. Biaya parkir ini membantu menjaga ketertiban dan keamanan area parkir sehingga pengunjung dapat menikmati liburan mereka dengan nyaman.
Dengan biaya tiket masuk dan parkir yang terjangkau, obyek wisata ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan tetapi juga memastikan bahwa pengunjung dapat menikmati pengalaman liburan yang menyenangkan tanpa harus khawatir tentang beban biaya yang berlebihan. Telaga Sarangan memberikan kesempatan bagi semua kalangan untuk mengeksplorasi keajaiban alamnya dan menciptakan kenangan indah selama liburan.

Daya Tarik dan Aktifitas

Telaga Sarangan tidak hanya memukau dengan pemandangan eksotisnya tetapi juga menawarkan beragam aktivitas yang dapat dinikmati oleh setiap pengunjung sehingga akan menciptakan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Saat berada di sini, pengunjung dapat merasakan hawa yang sejuk yang menjadi keistimewaan lokasi ini.
Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Telaga Sarangan adalah dengan mengelilinginya menggunakan speedboat. Pengunjung dapat menyewa speedboat dengan tarif sekitar Rp. 60.000 untuk satu kali putaran, atau Rp. 150.000 untuk tiga kali putaran. Satu speedboat dapat menampung hingga 3-4 orang, menjadikannya pilihan yang seru untuk bersama keluarga atau teman-teman.
Selain speedboat, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berbeda dengan naik sepeda air di permukaan telaga yang tenang. Alternatif lainnya adalah menikmati perjalanan menggunakan becak air, memberikan pengalaman unik dalam menikmati keindahan sekitar Telaga Sarangan.
Bagi yang ingin mengambil jalur darat, penggunaan kuda juga menjadi salah satu pilihan. Menunggang kuda di sekitar telaga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan, terutama bagi mereka yang mencari pengalaman petualangan yang berbeda.
Dengan beragam aktivitas yang ditawarkan, setiap pengunjung, baik yang mencari kegiatan seru maupun yang ingin bersantai menikmati pemandangan, dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan selera mereka. Destinasi ini tidak hanya mengundang untuk dinikmati secara visual, tetapi juga melalui berbagai kegiatan yang akan memperkaya pengalaman liburan anda.

Fasilitas Umum

Telaga Sarangan menyediakan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kebutuhan pengunjung terpenuhi selama berkunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung:
• Area Parkir: Telaga Sarangan menyediakan area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi pengunjung. Biaya parkir yang terjangkau membantu mengelola keamanan dan keteraturan di area parkir.
• Taman: Suasana alami di sekitar Telaga Sarangan diperindah dengan taman yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil bersantai di area taman yang disediakan.
• Area Bermain Khusus: Bagi pengunjung yang membawa keluarga, Telaga Sarangan juga menyediakan area bermain khusus untuk anak-anak. Ini menjadi pilihan yang ideal untuk keluarga yang ingin bersantai sambil memberikan hiburan untuk buah hati mereka.
• Kios Cindera Mata: Untuk mereka yang ingin membawa pulang kenang-kenangan dari Telaga Sarangan, terdapat kios cindera mata yang menjual berbagai souvenir dan produk lokal yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh.
• Penjual Kerajinan Tangan: Telaga Sarangan juga mendukung industri kerajinan tangan lokal dengan adanya penjual kerajinan. Pengunjung dapat membeli berbagai produk kerajinan tangan sebagai kenang-kenangan atau hadiah.
• Tempat Ibadah: Fasilitas tempat ibadah juga tersedia di Telaga Sarangan, memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah selama berkunjung.
• Toilet: Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia fasilitas toilet yang bersih dan terawat di sejumlah lokasi strategis di sekitar Telaga Sarangan.
• Warung Makan: Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan karena terdapat warung makan yang menyajikan berbagai hidangan lokal dan internasional. Ini memberikan pilihan kuliner bagi pengunjung untuk menikmati makanan setempat.
Telaga Sarangan akan memberikan pengalaman liburan yang lengkap dan menyenangkan bagi setiap pengunjung dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Wisatawan dijamin akan dapat menikmati keindahan alam sekaligus merasakan kenyamanan selama berada di destinasi wisata alam ini.

Back to Top
WA
Email