Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dengan Arsitektur Yang Memukau.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo adalah salah satu masjid termegah di Indonesia yang menjadi simbol persahabatan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab. Diresmikan pada tanggal 14 November 2022 oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden UEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan, masjid ini merupakan replika dari Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.
Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menjadi destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Dengan arsitektur megah yang menggabungkan sentuhan klasik dan modern, serta detail-detail ornamentasi yang indah, masjid ini menarik perhatian pengunjung dari dalam dan luar negeri.
Keberadaan masjid ini memperkuat hubungan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab serta menjadi bukti nyata dari kerjasama antara kedua negara. Dengan adanya Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, masyarakat Indonesia dapat merasakan nuansa spiritual yang khas serta keindahan arsitektur Islam dari Timur Tengah tanpa harus pergi jauh ke Abu Dhabi. Masjid ini juga menjadi tempat untuk mempelajari nilai-nilai agama Islam serta budaya Arab yang kaya, sehingga menjadi destinasi yang penting bagi wisatawan yang mencari pengalaman religi dan budaya yang mendalam.

Arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo memperlihatkan keindahan arsitektur yang megah dan khas dengan beberapa fitur menonjol, antara lain:
• Empat Menara Setinggi 99 Meter
Keempat menara yang menjulang setinggi 99 meter memberikan kesan monumental pada masjid ini. Menara-menara ini menjadi landmark yang mudah dikenali dari kejauhan.
• Kubah Utama Besar
Kubah utama masjid ini memiliki diameter yang luas, yaitu 32 meter, dan tingginya mencapai 85 meter. Kubah ini menjadi salah satu fitur yang paling mencolok dan memberikan keanggunan pada arsitektur masjid.
• 81 Kubah Kecil
Selain kubah utama, terdapat 81 kubah kecil yang mengelilingi kubah utama. Kubah-kubah kecil ini menambahkan detail yang indah dan kompleksitas pada struktur bangunan.
• Ornamen Khas Timur Tengah
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dihiasi dengan berbagai ornamen khas Timur Tengah, termasuk kaligrafi Arab dan mozaik. Ornamen-ornamen ini memberikan nuansa seni yang kaya dan indah pada interior dan eksterior masjid.
• Kapasitas Besar
Dengan kapasitas hingga 10.000 jamaah, masjid ini menjadi tempat ibadah yang luas dan nyaman bagi umat Muslim di Solo dan sekitarnya. Kapasitas yang besar ini juga memungkinkan masjid ini menjadi tujuan utama bagi acara keagamaan dan sosial yang besar.
Keseluruhan arsitektur Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mencerminkan keagungan dan keelokan seni Islam, sambil menunjukkan keragaman budaya dengan pengaruh Timur Tengah yang kuat. Masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga landmark yang memperkaya panorama kota Solo dan menjadi daya tarik bagi wisatawan serta umat Muslim dari berbagai belahan dunia.

Cara menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid ini terletak di Gilingan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Untuk menuju Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, berikut adalah beberapa opsi transportasi dari lokasi tertentu:
Dari Bandara Internasional Adisumarmo (SOC)
Anda dapat menggunakan mobil pribadi atau taksi untuk perjalanan sekitar 45 menit. Rute yang umumnya digunakan adalah melalui Jalan Adisucipto dan Jalan Slamet Riyadi.
Dari Stasiun Solo Balapan
Anda memiliki dua opsi transportasi:
• Angkutan umum: Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau mikrolet yang menuju ke arah Gilingan, Banjarsari. Perjalanan ini biasanya memakan waktu sekitar 30 menit.
• Taksi: Anda juga dapat menggunakan taksi untuk perjalanan yang lebih cepat dengan estimasi waktu sekitar 30 menit, tergantung pada kondisi lalu lintas.
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, sehingga anda dapat mengunjunginya kapan saja sesuai kebutuhan atau waktu luang anda. Pastikan untuk memilih rute yang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan anda, serta memperhatikan kondisi lalu lintas yang mungkin mempengaruhi waktu perjalanan.

Kegiatan Yang Dilaksanakan

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo menjadi pusat kegiatan beragama dan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Beberapa kegiatan yang diadakan di masjid ini meliputi:
• Sholat Lima Waktu: Masjid ini digunakan untuk melaksanakan sholat lima waktu setiap hari, memfasilitasi umat Muslim untuk menjalankan ibadah secara teratur.
• Sholat Jumat: Masjid ini juga menjadi tempat untuk melaksanakan sholat Jumat, yang menjadi momen penting bagi umat Islam untuk berkumpul, mendengarkan khutbah, dan memperkuat ukhuwah Islamiyah.
• Kajian Islam: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mengadakan kajian Islam secara rutin, baik itu kajian tafsir, hadis, fiqih, maupun topik-topik lain yang relevan dengan pemahaman dan praktik keagamaan.
• Pendidikan Anak: Masjid ini aktif dalam menyelenggarakan pendidikan anak, seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) dan program tahfidz Quran, untuk membantu memperkuat pondasi agama bagi generasi muda.
• Peringatan Hari Besar Islam: Masjid ini menjadi tempat untuk merayakan dan memperingati hari besar Islam, seperti Idul Fitri, Idul Adha, dan lainnya, dengan mengadakan sholat berjamaah, khutbah, serta kegiatan sosial yang berkaitan.
• Wisata Religi: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi salah satu tujuan wisata religi di Solo. Pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur masjid, mengikuti tur, dan merasakan atmosfir spiritual yang khas di tempat ini.
Melalui berbagai kegiatan tersebut, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo berperan sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, dan budaya Islam yang memperkuat nilai-nilai kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah di tengah masyarakat.

Fasilitas Yang Ada Di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo menyediakan beragam fasilitas untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim dan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di masjid ini:
• Ruang Utama Salat: Dengan kapasitas untuk menampung hingga 10.000 jamaah, ruang utama salat ini menjadi tempat utama untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu dan sholat Jumat.
• Perpustakaan: Masjid ini dilengkapi dengan perpustakaan yang menyediakan koleksi buku-buku tentang Islam dan budaya Arab. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk memperluas pengetahuan agama dan budaya.
• Aula Serbaguna: Terdapat aula serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan, seperti kajian Islam, seminar, pertemuan kelompok, dan acara sosial lainnya.
• Ruang VIP: Fasilitas ini menyediakan ruang khusus bagi tamu penting atau jamaah yang membutuhkan fasilitas tambahan dan privasi.
• Tempat Wudhu: Terdapat tempat wudhu yang bersih dan nyaman untuk memudahkan jamaah dalam menjalankan ibadah.
• Toilet: Masjid ini dilengkapi dengan fasilitas toilet yang tersedia untuk pengunjung.
• Area Parkir: Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi dan umum.
Beragam fasilitas yang ada di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan memberikan pengalaman ibadah dan kunjungan yang nyaman bagi umat Muslim dan pengunjung secara keseluruhan. Untuk dapat mengikuti wisata religi ke masjid ini dengan mudah, anda bisa memilih paket wisata Solo  yang ditawarkan oleh Jogja Super.

Back to Top
WA
Email