Berburu Kuliner Langka Gudeg Manggar di RM Manggar Manding

Berburu kuliner khas setempat adalah semacam hal yang wajib dilakukan bila wisatawan datang ke suatu kota. Mencicipi ragam hidangan yang unik, baru, dan berbeda dari tempat tinggal kita tentu sangat mengesankan, serta dapat menambah wawasan di dalamnya. Jangan lupa pula untuk memfoto dan meng-uploadnya di media sosial lengkap dengan ulasannya. Hal positifnya adalah dapat mengembangkan potensi kuliner daerah tersebut lebih dikenal dengan luas.

 

Gudeg Anti Mainstream

 

Sudah tak asing lagi bila Gudeg adalah makanan khas Jogja yang juga menjadi sebutan kota tersebut. Gudeg biasanya terbuat dari nangka muda dimasak dengan bumbu- bumbu cenderung manis dengan waktu yang lama hingga kering dan diberi areh yaitu santan kental untuk taburan diatasnya. Dalam penyajiannya gudeg biasa ditemani dengan opor ayam, telur, sambel goreng krecek, dan nasi.

 

Lain dari biasanya, ada gudeg dengan bahan dasar yang tidak biasa. Gudeg yang tidak menggunakan nangka muda sebagai bahan utama, namun menggunakan manggar atau bunga kelapa. Pertama mungkin terdengar aneh, namun kuliner ini justru ternyata sudah sejak lama ditemukan, bahkan pionirnya adalah dari dalam keraton yaitu Sekar Pembayun yang tak lain adalah istri dari Ki Ageng Mangir Wanabaya.

 

Dalam perjalanannya gudeg manggar ini sering dihidangkan pada acara-acara tertentu seperti syukuran atau pernikahan dan cita rasanya dapat diterima dengan baik oleh para penduduk.

 

RM Manggar Manding

 

Tak banyak yang masih memelihara resep tradisional kuno seperti gudeg manggar. Salah satunya adalah sebuah rumah makan kuliner jalan Parangtritisyang memang dikenal dengan sebutan resto gudeg manggar Bantul. Seperti warung sate klathak Pak Pong yang dikenal dengan satenya, RM Manggar Manding ini pun dikenal karena gudeg manggarnya.

 

Rumah makan ini bernuansa tradisional jawa dengan furniture yang ukiran yang disesuaikan dengan tema. Terkesan klasik dan mewah bila berada di dalamnya. Pengunjung biasanya datang kesini karena penasaran dengan cita rasa gudeg manggar yang unik terlebih bila pengunjung datang dari luar kota. Menikmati makanan tradisional dengan suasana yang serasi, sungguh terasa seperti flashback kembali ke jaman dahulu dengan suasanya yang lebih nyaman.

 

Menu Manggar Manding

 

Spesial Menu Manggar Manding memang gudeg manggar. Cita rasa manggar ketika sudah menjadi gudeg adalah terasa lebih gurih daripada nangka muda. Selain itu teman pelengkapnya sama seperti gudeg biasa seperti opor ayam, telur, dan sambel goreg krecek. Hidangannya disajikan diatas piring rotan berdaun pisang khas pedesaan.

 

Tak hanya gudeg yang dimiliki rumah makan ini, namun juga makanan khas jawa yang lain seperti brongkos, ayam goreng, dan tersedia menu gurame organic. Dari menu minumannya pun juga masih bertema tradisional, mereka mempunyai pilihan wedang uwuh, the poci, the batok, dan wedang ronde. Bila ingin kesegaran yang lain pengunjung dapat memesan aneka jus buah yang tersedia.

 

Lokasi RM Manggar Manding

 

Bila pengunjung pernah ke The Sawah Bantultentu lokasi rumah makan inipun mudah ditemui. Pengunjung dapat mengacu pada rute Google Maps. Atau untuk lebih mudahnya resto ini terletak di Jalan Parangtritis Km 11.5 Bantul, Jogja. dari pusat kota Jogja dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan pribadi bisa juga dengan kendaraan umum.

 

Pengunjung Luar Kota

 

Rumah makan ini selalu ramai dikunjung oleh konsumen yang penasaran akan rasa gudeg manggar yang sudah mulai langka maupun jarang disajikan di warung gudeg biasa. Terlebih lagi pengunjung yang datang dari luar kota yang bahkan baru hanya mendengar namanya saja tentang gudeg manggar. Mereka pasti meluangkan waktu untuk berburu kuliner yang satu ini ketika berada di kawasan Bantul sekaligus mengunjungi objek wisata di area ini.

 

Tak perlu khawatir tak kebagian gudeg Manggar Manding karena warun makan ini beroperasi seminggu penuh mulai dari hari Senin hingga Minggu mulai dari pukul 09.00- 21.00 WIB. Untuk harga pun masih sangat terjangkau, harga paket gudeg lengkap dapat dinikmati mulai dari Rp 15.000,00- Rp 30.000,00. Untuk menu minuman berkisar antara Rp 3.000,00- Rp 10.000,00.