4 Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan di Puncak Pinus Becici

Kabupaten Bantul akhir- akhir ini sedang naik daun karena banyaknya tempat wisata baru kekinian yang menjadi tren di kalangan kawula muda. Tak hanya Pantai Parantritis, Pantai Parang Kusumo, Gumuk Pasir, dan Pantai Depok saja daya tarik yang ada di wilayah ini. beberapa tahun belakangan ini Bantul ramai dengan wisata yang mengandalkan potensi hutan pinus dan perbukitan. Siapa sangka hutan yang dulunya hanya dimanfaatkan hasil hutannya, kini berubah menjadi spot foto hits yang banyak dikunjungi dan hasil jepretannya wajib dipajang di feed instragam. Berikut adalah ulasan mengenai Puncak Pinus Becici di Bantul.

 

Mengenal Puncak Pinus Becici

 

Puncak Pinus Becici adalah salah satu hutan pinus yang ada di Bantul. Sejarah Puncak Becici adalah sebuah hutan lindung yang berisi spesies pohon pinus yang dimanfaatkan getahnya untuk pembuatan terpentin. Hutan ini dulunya bernama Becici Asri atau Hutan Sudimoro I. Sejak tahun 2015 ketika hutan ini mulai dikunjungi oleh pengunjung maka namanya lebih dikenal dengan Puncak Becici dan kegiatan menyadap getah di pohon pinus dihentikan untuk lebih difokuskan sebagai objek wisata.

 

Puncak Pinus Becici merupakan bagian dari kawasan Blok Mangunan dengan pengelolaannya dilakukan oleh masyarakat sadar wisata (Pokdarwis). Puncak Becici memiliki luas wilayah hingga 4.4 hektare. Hutan ini kini sudah difasilitasi dengan berbagai sarana untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Di awal gerbang pintu masuk dihiasi gapura selamat datang terbuat dari kayu. Pengunjung akan berjalan menyusuri jalan yang sudah disediakan dari gapura untuk puncaknya, tak perlu khawatir kelelahan karena suasana di hutan ini sungguh rindang dan sejuk dengan barisan pohon pinus yang tinggi dan rapat.

 

Lokasi Puncak Pinus Becici

 

Puncak Pinus Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 23km dapat ditempuh dengan waktu selama 1 jam dari pusat kota Yogya. Rute yang dapat dilewati antara lain melalui Jalan Imogiri Timur menuju Mangunan, atau bisa juga melalaui rute Piyungan kemudian Pathuk menuju Dlingo. Akses jalanan sudah sangat bagus dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

 

Keunikan Puncak Pinus Becici

 

Pesona yang ditawarkan oleh Puncak Pinus Becici adalah melihat panorama keindahan hutan pinus selayaknya berada di negeri lain dan ketika di puncak pengunjung dapat menyaksikan garis Pantai Selatan dari ketinggian. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Puncak Becici antara lain:

 

Gardu Pandang

 

Gardu pandang merupakan spot utama yang ada di Puncak Pinus Becici. Di lokasi ini pengunjung dapat melihat hamparan hijaunya hutan, garis pantai, dan jejeran gunung. Semilir angina di atas ketinggian sangat sejuk dan menyegarkan pernafasan. Perlu waspada bila berada di gardu pandang sebab belum ada perlengkapan pengaman.

 

Hammock dan Ayunan

 

Bagi anak-anak tersedia ayunan yang dipasang oleh pengelola dibawah pohon pinus yang rindang. Pengelola tidak meyediakan hammock, namun bila pengunjung membawa sendiri hammock boleh dipasang diantara pohon dan siap berayun sembari menikmati pemandangan dan hawa sejuk hutan.

 

Photo Spot

 

Foto- foto agaknya menjadi aktivitas terpenting bila di tempat wisata, terlebih dengan background pemandangan spektakuler. Hutan pinus memiliki banyak lokasi yang sangat fotogenic berfoto dengan latar belakang rimbunnya pohon, di atas gardu pandang, dll pasti sangat keren untuk diabadikan.

 

Berburu Sunset dan Camping

 

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi puncak ini, cahaya sudah teduh kemudian menikmati suasana hingga terbenamnya matahari menimbulkan suasana magical nan exotic ketika cahaya senja merasuki celah pohon pinus.

 

Yang terakhir adalah highlight puncak Becici malam hari pengunjung dapat berkemah di kawasan ini. terdapat area camping ground luas cukup untuk menampung banyak tenda. Biayanya pun sangat murah yaitu Rp 5.000. 

 

Fasilitas Puncak Pinus Becici

 

Fasilitas yang ada sudah lengkap seperti parkir yang luas, toilet, gardu pandang, dan camping ground. Bahkan pengunjung bisa melakukan pre-wedding di lokasi ini hanya dengan membayar Rp 30.000. Tiket masuk puncak Becici adalah free alias gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan.