Melihat Berbagai Potensi Desa di Pleret Bantul

Bantul secara admisitratif terbagi menjadi beberapa kecamatan yang masing- masing memiliki potensi yang berbeda. Potensi tersebut sangat beragam mulai dari potensi penduduk, potensi wisata, potensi alam, dll. sedangkan potensi wisata pun masih sangat beragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, desa wisata, dan lainnya. Salah satu kecamatan yang memiliki banyak potensi tersebut adalah Pleret.

 

Wilayah Pleret

 

Secara geografis, Pleret terletak di 13km dari pusat Kabupaten Bantul. Kecamatan ini memiliki 5 desa dan 47 pedukuhan. Kecamatan Pleret pun terdampak gempa Jogja 2006 yang membuat daerah ini sempat mengalami dampak perekonomian. Dengan luas wilayah mencapai 22,97km2 dan penduduk lebih dari 34 ribu jiwa tak heran bila kecamatan ini memiliki berbagai potensi wisata yang patut dikembangkan dan dijelajahi.

 

Wisata Kuliner

 

Sedang berada di wilayah Pleret tentu para wisatawan ingin merasakan kuliner khas Pleret yang menjadi andalan para warga lokalnya. Tentu saja yang ramai adalah Sate Klathak. Di deretan Jalan Imogiri banyak terdapat kuliner khas Bantul ini. Jejeran warung sate kambing siap menggoyang lidah para wisatawan. Menu yang tersedia di warung- warung tersebut pun tidak hanya sate namun juga masakan lain berbahan utama daging kambing seperi tengkleng, tongseng, dan rica.

 

Warung- warung ini setiap hari selalu ramai oleh pengunjung, baik dari penduduk sekitar maupun dari luar kota Jogja. Beberapa warung yang bisa dijadikan pilihan antara lain Warung Sate Klathak Pang Pong, Sate Klathak Pak Bari, Sate Kambing Muda Pak Jupaini, dan masih banyak lagi. Tipikal sate kambing muda yang dagingnya dibakar dengan bumbu sederhana namun rasanya juara membuat sate klatak pleret ini menjadi incaran wisatawan.

 

Wisata Sejarah

 

Pleret berada di wilayah Bantul yang dahulunya merupakan bekas wilayah kerajaan Mataram Islam. Di daerah ini banyak terdapat situs- situs ataupun peninggalan yang berkaitan dengan eksistensi kerajaan tersebut seperti Watu Wedhok dan Kraton Kerto. Selain kedua situs tersebut terdapat pula situs besar yaitu Keraton Pleret yang merupakan symbol kejayaan Mataram Islam lengkap dengan keberadaan Masjid Agung Kauman Pleret.

 

Bukti- bukti atau petilasan sejarah tersebut masih terus dikembangkan seperti adanya penggalian lanjutan mengenai 11 situs Pleret yang masih akan terus dilakukan.

 

Masih di lokasi Pleret, terdapat desa yang memiliki rekam jejak mengenai perjuangan bangsa Indonesia paska kemerdekaan yaitu Desa Segoroyoso. Penduduk dan pemuda desa menjadi relawan dalam perlawanan dengan Belanda di bawah pimpinan Letkol Suharto. Beliau memilih lokasi desa sebagai tempat persembunyian dan markas sebagai pos pertahanan, rumah sakit darurat, dan dapur umum. Untuk mengenang peristiwa dan pengorbanan para penduduk desa, dibangunlah sebuah monument di rumah bekas markas tersebut dengan nama Monumen Segoroyoso.

 

Wisata Budaya

 

Di Pleret terdapat agenda budaya berupa upacara adat yang diselenggarakan di Desa Wonokromo. Upacara ini pada awalnya diadakan sebagai acara penyambutan tamu pendiri desa tersebut untuk berobat dengan berendam di Kali Opak dan Gajahwong. Upacara adat ini diselenggarakan setiap Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Jawa sehingga disebut dengan Upacara Rabu Pungkasan.

 

Pada acara ini terdapat hal unik yaitu mengarak lemper raksasa sebagai makanan khas di Rabu Pungkasan. Lemper tersebut diarak kemudian dibagikan kepada warga. Acara ini ramai disaksikan banyak pengunjung dari sekitaran Jogja.

 

Wisata Keluarga

 

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga, di Pleret tersedia wahana permainan air bagi keluarga yaitu Balong Waterpark. Waterpark ini merupakan taman bermain air yang pertama yang ada di Jogja. Tempatnya berada di Jalan Pleret km 1,5. Wahana yang tersedia di dalam area cukup lengkap, terdapat papan seluncur yang berkelok- kelok, ember tumpah bagi anak- anak, dan permainan lain. Tempatnya bisa juga digunakan untuk outbond. Dengan tiket masuk yang murah pengunjung bisa bermain air seharian di tempat ini.

 

Bila sedang berlibur ke Jogja bersama keluarga di wilayah Bantul, jangan lupa untuk mengunjungi objek- objek wisata di Pleret dan nikmati wisata kulinernya yang lezat sate klathak.