Apa Aja di Dalam Parangtritis Geomaritime Science Park? Yuk Kita Lihat Museum Gumuk Pasir

[kkstarratings] Sudah berapa museum yang dikunjungi di Jogja? Wisata Jogja tak hanya melulu tentang pesona alam dan kuliner. Sesekali wisatawan perlu berkunjung ke tempat- tempat yang memiliki nilai edukasi seperti museum atau rumah budaya.Kini banyak museum yang sudah berbenah untuk menjadi tempat yang atraktif dan jauh dari kesan kuno dan membosankan. Dengan begitu pengunjung akan tertarik untuk datang dan menjadikannya sebagai salah satu pilihan destinasi wisata. Beberapa contoh museum di Jogja antara lain Museum Tani Imogiri, Museum Bahari, Museum Batik, dan Parangtritis Geomaritime Science Park.

 

Mengenal Parangtritis Geomaritime Science Park

 

Sejarah Parangtritis Geomaritime Science Park awalnya adalah merupakan pusat penelitian dan inovasi yang dikelola oleh lembaga Badan Informasi dan Geospasial (BIG), Universitas Gadjah Mada (UGM) serta Pemerintah Daerah Bantul yang sudah berdiri sejak tahun 2002. Pada tahun 2015 tempat ini resmi diubah menjadi Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP) untuk museum, pusat pengembangan iptek, wadah pemberdayaan masyarakat lokal, serta tujuan wisata edukatif di Jogja.

 

Museum Geomaritim ini sering dikenal dengan sebutan museum Gumuk Pasir karena berada di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk pasir yang berada di kawasan ini merupakan keunikan langka yang hanya dimiliki oleh 3 negara di dunia. Sehingga keistimewaannya membuat kawasan ini banyak dilakukan penelitian terkait fenomena gumuk pasir dan hubungannya dengan masyarakat. Di sini pengunjung dapat mempelajari segala hal tentang Gumuk Pasir mulai dari proses terbentuk hingga contoh pasirnya. Koleksi Museum Gumuk Pasir sangat lengkap seperti berbagai jenis batuan, herbarium, jenis pasir,  dll.

 

Banyak pengunjung yang datang ke museum ini untuk tujuan wisata maupun kegiatan lain. Museum buka pada hari kerja Senin hingga Jumat. Untuk memasuki museum pengunjung tidak dikenakan biaya, malah pengunjung akan mendapatkan pendampingan satu guide yang siap membantu menjelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan museum maupun benda koleksinya. Museum ini sangat cocok untuk agenda wisata keluarga, sekolah, instansi, maupun lembaga pemberdayaan masyarakat desa.

 

Lokasi Parangtritis Geomaritime Science Park

 

Parangtritis Geomaritime Science Park berada di Jalan Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis Kec Kretek, Kab.Bantul, DIY. Lokasinya berjarak 28km dari Pusat kota Yogya dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Akses jalanan menuju museum sudah bagus.Rute menuju lokasi dapat melewati Jalan parangtritis hingga TPR Depok.Bila pengunjung kesulitan dapat mengandalkan bantuan Google Maps.

 

Keunikan Parangtritis Geomaritime Science Park

 

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Museum Gumuk Pasir. Tentunya yang pertama kali adalah melihat koleksi yang ada di museum. Tempat ini memajang aneka contoh jenis batuan dan pasir. Pengunjung pun dapat mleihat film mengenai Gumuk Pasir di ruangan audio visual yang canggih. Di film tersebut dijabarkan tentang bagaimana proses terbentuknya gumuk pasir, ekosistem yang ada di dalamnya, dll. Serta terdapat penjelasan tentang keberadaan Gumuk Pasir yang langka hanya beberapa saja di dunia.

 

Agenda yang diadakan Parangtritis Geomaritime Science Park berkaitan dengan pengembangan ilmu dan pemberdayaan masyarakat sangat beragam. Diantaranya adalah pembuatan peta Geomaritime, pembuatan peta desa, pemantauan pasang surut air laut, sosialisasi masyarakat, dan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

 

Pada kegiatan-kegiatan tersebut Parangtritis Geomaritime Science Park menjelaskan peranan Gumuk Pasir yang seharusnya dibanggakan oleh masyakarat. Beberapa keuntungan dan fungsi gumuk pasir antara lain sebagai tempat hidup makhluk hidup yang unik. Gumuk pasir merupakan benteng pertahanan bila terjadi tsunami yang melanda, sehingga mengurangi resiko kerusakan di area pemukiman. Gumuk pasir mencegah masuknya air laut ke daratan sehingga air tanah tetap terjaga. Yang terakhir adalah gumuk pasir sangat bagus untuk dijadikan tempat wisata.

 

Fasilitas Parangtritis Geomaritime Science Park

 

Kelengkapan sarana umum di suatu objek wisata sangat penting untuk kenyamanan para pengunjung. Museum sudah memiliki kelengkapan fasilitas antara toilet, mushola, area parkir luas, photobooth, dan pemandu museum.  Museum ini terdiri dari beberapa bangunan utama yaitu Gedung Kerucut, Lorong Pengetahuan, Gedung Diklat dan pameran, Gedung Kantor, Rusunawa, Geocamp, dan Mess.