Menikmati Rileksnya Berendam Air Hangat di Pemandian Air Panas Parang Wedang

Jogja bagian selatan ternyata masih banyak menyimpan potensi wisata yang layak untuk dicoba. Selain ketenaran Pantai Parang kusumo dan Pantai Parangtritis ada lagi tempat wisata air yangmemiliki suasana sangat berbeda. Kali ini pengunjung dapat merasakan sensasi rileks dan hangat dengan berendam di pemandian air panas parang wedang.

 

Sejarah Parang Wedang

 

Pemandian ini tak seperti pemandian air panas Sleman yang terbentuk dari alam. Pemandian yang berada di lokasi ini dalam sejarahnya menurut cerita yang berkembang adalah sumber air yang terbentuk karena pada saat Sri Sultan Hamengku Buwono VI ingin mandi di Pasenggrahan Balekuncur namun tak ada air hangat di tempat tersebut, kemudian beliau mencari hingga akhirnya membuat lubang di tanah dan menyemburlah air hangat dari lubang tersebut berkat kesaktian beliau.

 

Pemandian ini akhirnya menjadi tempat pemandian kerabat atau keluarga keraton Jogja, dibuktikan dengan adanya tulisan Projo Tamansari di papan nama pemandian ini. Sedangkan nama Parang Wedang sendiri berarti air panas yang keluar dari karang. Namun tempat ini sudah tidak digunakan lagi oleh keraton hingga akhirnya dibuka untuk umum. Airnya pun tidak pernah berhenti untuk mengalir dari sumbernya hingga kini.

 

Suasana Tempat Pemandian

 

Biasanya tempat pemandian air panas berlokasi di dataran tinggi seperti pemandian air panas Kaliurang, namun justru Parang Wedang ini berada dekat dengan wisata Pantai Parangtritis. Suasana tempat pemandian cukup rindang dengan banyaknya pohon di area pelataran. Terdapat pendhopo di bagian depan bangunan yang bisa digunakan untuk menikmati jajanan yang ada di komplek pemandian dapat dinikmati setelah atau sebelum berendam.

 

Masuk lebih dalam ke area kolam terdapat penampungan air yang luas dengan kelengkapan kamar mandi hangat sejumlah 6 buah dan kamar mandi air tawar 6 buah. Terdapat pula kamar mandi kecil- kecil untuk yang ingin berendam lebih private. Bagusnya, meskipun sudah berumur tua namun kebersihan lokasi ini masih terjaga degan baik.

 

Khasiat Parang Wedang

 

Pengunjung yang datang ke pemandian ini tentu ingin merasakan sensasi berendam di air hangat dengan air yang berasal dari dalam bumi. Sumber mata air Parang Wedang ternyata berasal dari 3 sumber mata air dengan kedalaman 10 meter. Uniknya air yang keluar dari sumber mata air ini pun mengandung beberapa mineral yang bermanfaat seperti Na, Cl, dan Mg.

 

Pengunjung yang datang percaya dengan manfaat mandi di Parang Wedang. Mereka percaya berendam di sini dapat digunakan sebagai terapi untuk penyembuhan beberapa penyakit seperti penyakit kulit, stroke, rematik, dll. Untuk pengobatan biasanya disarankan agar melakukan berendam secara rutin selama sebulan penuh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam berendam pengunjung hanya boleh berendam degan batas waktu 15 menit. Bila lebih biasanya akan timbul efek samping seperti pusing.

 

Waktu Operasional

 

Pemandian Parang Wedang buka setiap hari mulai dari jam 07.00- 18.00 WIB. Pengunjung biasanya ramai pada sore hari dan akan semakin ramai pada hari tertentu yaitu malam Selasa dan Jumat Kliwon. Bahkan pada hari weton tersebut tempat pemandian ini buka selama 24 jam. Jadi tak perlu khawatir bagi pengunjung yang datang dari luar kota bila hanya memiliki waktu di akhir pekan, maka tetap bisa menikmati sensasi mandi di pemandian petilasan raja tersebut.

 

Lokasi Pemandian Wedang Parang

 

Pemandian ini berada di jalan Parangtritis, bantul, Jogja. dari pusat kota Jogja berjarak kurang lebih 26km dengan waktu tempuh 1 jam. Pengunjung dapat menjangkaunya degan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Rute yang ditempuh dapat menggunakan rute yang sama untuk menuju pantai Parangtritis.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Fasilitas yang ada di pemandian ini sudah terbilang cukup lengkap. Di lokasi terdapat area parkir yang luas, pendhopo, warung, ruang bilas yang bersih yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Tiket masuk seharga Rp 4.000,00 pengunjung sudah bisa berendam air hangat selama 15 menit.

 

Jangan lupa untuk menjelajah Curug Pulosari dan Balong Waterpark di Bantul, tentunya dengan berendam dahulu di Pemandian Air Panas Wedang Parang untuk memulai hari yang sempurna.

 
[\responsive]