Magisnya Pantai Wohkudu

Semakin ramai sebuah pantai maka akan semakin terlihat perbedaannya. Mulai dari banyaknya fasilitas  yang ada maupun perubahan-perubahan. Semakin ramai banyak fasilitas umum yang ditambah. Pun pantai itu seakan memiliki daya magis masing-masing. Lokasinya berdekatan tetapi memiliki aura yang berbeda. Itulah yang dirasakan ketika berada di pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Ada banyak pantai yang ada dan lokasinya hanya berjarak ratusan meter  saja namun begitu berpindah tempat langsung terasa perbedaannya. Begitu pula ketika berada di Pantai Wohkudu.

 

Tentang Pantai Wohkudu

 

Pantai Wohkudu lokasinya tidak jauh dari Pantai Kesirat. Ketika Anda memasuki portal atau pintu masuk desa menuju pantai Kesirat maka Anda sudah masuk wilayah menuju pantai ini. Artinya Anda tinggal memanfaatkan bagaimana cara berinteraksi dengan warga sekitar. Pantai ini berada diantara dua tebing dan perbukitan. Pesonanya tetap membuat mata terpana dan memberikan sensasi tersendiri. Sebenarnya bisa dengan mudah ketika mulai berkomunikasi dengan warga lokal.

 

Bahkan ketika ada beberapa mitos pantai Wohkudu yang terdengar bisa langsung ditanyakan kepada warga apakah kisah tersebut benar atau tidak. Atau mungkin malah memperoleh tambahan kisah menarik lainnya. Pantai ini memang lokasinya terkesan tersembunyi namun justru memberikan rasa nyaman ketika berlibur. Suara debur ombak memberikan sensasi relaksasi. Keberadaan pantai ini bisa membuat Anda menikmati liburan di pantai yang berada di Yogja  selatan ini.

 

Belum Banyak Disentuh Wisatawan

 

Meskipun dalam perkembangannya banyak orang yang camping di pantai wohkudu namun sebenarnya pantai ini memang belum banyak disentuh pengunjung atau wisatawan. Sebagian besar pengunjung yang berasal dari luar Jogja biasanya hanya mengunjungi pantai yang sudah banyak dikunjungi atau memiiliki banyak wisatawan. Nah, pantai-pantai yang masih cupu ini memang sering diacuhkan dan kurang diperhatikan.

 

Kecuali bagi para pengunjung yang memang suka hal-hal menantang dan tidak terduga. Hal ini pun berlaku pada pantai-pantai yang saat ini sudah ramai pengunjung seperti Drini maupun Indrayanti. Kedua pantai tersebut memang selalu ramai pengunjung. Nah, keberadaan pantai-pantai baru semacam memberikan angin segar.

 

Hamparan pasir di pantai ini tidak terlalu luas. Cukup memudahkan untuk menjelajahi setiap sisinya. Mengabadikan setiap spot yang ada. Itulah mengapa pantai ini bisa menjadi semacam alternatif bagi yang menginginkan sebuah liburan di tempat yang tenang dan privat. Memang benar bahwa pantai sepanjang sangat banyak pilihan. Itulah mengapa perlu menentukan prioritas.

 

Liburan untuk senang-senang dan menghabiskan jatah liburan kantor  atau memang mementingkan kualitas untuk melepaskan penat.  Pantai yang tenang tentu bisa menjadi pillihan tepat. Memilih satu tujuan destinasi liburan kemudian benar-benar menikmatinya hingga liburan usai justru akan memberikan waktu bagi pikiran untuk berisitirahat dari tekanan. Jika enggan untuk camping karena terlalu repot untuk mengurus persiapan tidak ada salahnya jauh-jauh hari mencari penginapan di pantai wohkudu.

 

Akifitas yang Bisa Dilakukan

 

Lalu apa saja yang bisa dilakukan di pantai tersebut? tentu saja menikmati pemandangan yang ada. Anda bisa lari pagi sepanjang pantai. Toh, pantai ini tidak terlalu luas. Atau lari saat sore sambil menunggu waktu matahari terbenam. Bisa juga memancing.

 

Memancing sambil membaca buku atau sambil mendengarkan deburan ombak yang seperti musik untuk relaksasi. Hal-hal tersebut hanya bisa dilakukan ketika benar-benar memanfaatkan kualitas liburan di satu tempat dibandingkan di banyak tempat sekaligus. Seperti halnya di pantai porok yang memang belum banyak pengunjung. Menjadi pantai ini seperti private beach.

 

Menuju Pantai

 

Berada di wilayah yang jauh dari perkotaan membuat pantai lolang sulit dijangkau. Begitu juga Wohkudu. Apalagi jalur yang dilalui dari Yogyakarta melalui jalur Imogiri – Panggang bukan jalan utama sehingga relatif sepi. Anda akan bertemu tanjakan maupun kelokan di sepanjang perjalanan. Meskipun demikian Anda tidak akan merasa bosan dengan banyaknya pohon dan pemandangan alam di kanan kiri jalan.

 

Setelah sampai memarkirkan kendaraan, Anda masih harus berjalan kaki menuruni perbukitan dengan jalan berbatu dan tanah. Lelah mungkin akan terasa namun bahagia setelahnya. Mengapa? Banyak jenis tanaman dan hewan bisa ditemui selain pemandangan pantainnya. Jadi tidak perlu ragu untuk menghabiskan liburan di Panai Wohkudu.

 

Alamat:  Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY