Yuk! Berpetualang di Pantai Widodaren Gunungkidul

Wisata petualangan misalnya menjelajah alam tidak hanya  sekedar menikmati pemandangan alam semata. Namun juga mengandalkan kekuatan fisik, kemampuan adaptasi dengan alam, kemampuan membaca situasi dan kondisi sekitarnya, kemampuan bertahan di alam dan sebagainya. Wisata ini sangat cocok bagi orang yang bisa tidur dimana saja, jalan jauh untuk mencapai tujuan, dan yang tidak takut kotor dan perjalanan berat lainnya. Karena dalam bayangan mereka, segala lelah akan terbayar dengan keindahan alam yang menunggu mereka. Wisata treking di pegunungan, hutan bakau, maupun pantai belakangan disukai. Salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif adalah Pantai Widodaren Gunungkidul Yogyakarta.

 

Mengenal Pantai Widodaren

 

Pantai Widodaren merupakan salah satu pantai yang bisa dikunjungi Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang belum banyak yang mengetahui atau mendengar mengenai keberadaan pantai Widodaren Gunungkidul. Bahkan orang Jogja sekalipun atau orang yang sudah lama di Jogja misalnya karena pekerjaan atau pendidikan belum mengenal dan mengunjunginya. Namun demikian, beberapa biro paket tour Jogja menawarkan spot wisata ini dalam promo mereka.

 

Hal ini tidak lain karena pantai ini letaknya tersembunyi. Selain itu belum dikelola atau disentuh industri wisata. Alhasil potensi wisata yang sangat luar biasa ini masih belum memperoleh banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar Jogja. Hadir sebagai pantai dengan tebing karang, lebih landai daripada pantai lainnya dan memiliki pasir putih. Bagaimana? Dengan karakteristik tersebut pantai ini tentu akan sangat menarik bukan?

 

Lokasi pantai Widodaren Wonosari sebenarnya tidak jauh dari dua pantai yang sudah cukup dikenal yaitu di sebelah barat Pantai Peyuyon dan sebelah timurnya Pantai Ngrawah. Pantai ini juga tidak jauh dari Pantai Ngrenehan tepatnya beberapa meter ke arah timurnya. Jika Anda bertanya-tanya apa makna dari nama pantai ini?

 

Perlu diketahui widodaren berasal dari bahasa jawa yang berarti bidadari. Sehingga bisa dipahami bahwa pantai ini sangat indah layaknya kecantikan bidadari yang sedap dipandang. Dari nama pantai ini saja sudah mampu mengundang rasa penasaran karena ingin mengetahui keindahan yang ditawarkan. Apakah Anda juga termasuk?

 

Akses Menuju Pantai

 

Jika Anda mencari alat transportasi umum menuju pantai Grendan maupun pantai-pantai yang belum populer seperti Widodaren ini memang  akan mustahil menemukannya. Anda hanya akan memperoleh separuh perjalanan saja dan ujung-ujungnya ditawarkan untuk menyarter salah satu dari mereka. Nah, sebaiknya sejak awal Anda membawa kendaraan sendiri bisa milik pribadi atau menyewanya.

 

Cara ini justru lebih  memudahkan Anda. Pastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan sehat atau normal tidak kurang satu apapun termasuk ban maupun bahan bakar. Anda setidaknya akan menempuh dua hingga tiga jam perjalanan dari arah Yogyakarta kota sampai wilayah Gunungkidul. Jika bingung, tanyakan saja pada warga yang ditemui arah menuju Pantai Ngrenehan dan Widodaren. Karena lokasinya berdekatan. 

 

Berjalan Kaki

 

Pengalaman menakjubkan akan menanti Anda ketika melakukan perjalanan ke pantai Wedanan maupun pantai Botorubuh dan tentunya ke Widodaren ini. Pasalnya setelah Anda mencapai kawasan Pantai Ngrenehan cari saja jalan cor semen ada ada di sekitar pantai tersebut, jika sulit menemukannya atau ragu-ragu tanyakan saja pada warga sekitar yang ditemui.

 

Selanjutnya jalan saja di jalan tersebut hingga bertemu jalan kasar berbatu. Pada pertigaan pertama beok kanan dan jalan hingga sampai di ujung jalan. Kendaraan yang digunakan bisa diparkirkan di area yang ada misalnya di ladang penduduk atau  tempat yang disediakan. Selanjutnya Anda harus berjalanan kaki melewati ladang penduduk.

 

Melewati Bukit

 

Anda tidak akan menyesal meskipun harus berpetualang dengan berjalan kaki. Karena sepanjang perjalanan Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang asri. Tanaman hijau di kanan kiri hingga sampai di bukit pantai Widodaren yang membuat Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Selanjutnya ketika sampai di area Widodaren disambut dengan ttebing karang yang ada di bagian timur pantai.

 

Tebing tersebut membentuk cekungan dan menjorok ke tengah laut. Anda bisa menikmati ombak yang silih berganti menghantam cekungan karang dan bisa mendengarnya seperti suara seruling. Anda harus turun dari tebing dengan tinggi sekitar tujuh meter untuk bisa menikmati bagian pantai yang berpasir menggunakan tangga kayu. Jangan khawatir tangga ini cukup aman.

 

Selanjutnya pasir putih yang lembut akan menyambut Anda. Pemandangan rumput laut maupun ikan-ikan kecil diantara karang-karang yang ada menarik perhatian. Tetapi saat pasang kawasan ini akan terendam air laut, jadi perhatian bagaimana situasi dan kondisi yang ada sebelum menjelajahi seluruh area Pantai Widoraren Gunungkidul ini.