Karang Unik di Pantai Watu Lumbung

Wisata ke pantai merupakan salah satu liburan favorit dan tidak membosankan. Baik bagi anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Sering mengunjungi satu pantai ke pantai yang lain pun tidak akan bosan. Setiap pantai memiliki keunikan masing-masing meskipun lokasinya berdekatan. Bisa dari besar kecil ombak, warna pasir, maupun batuan karang di sekelilingnya. Tentu saja jangan melupakan matahari terbit atau terbenam yang bisa dinikmati di pantai tersebut. Belum lagi spot-spot menarik untuk foto. Pantai Watu Lumbung adalah salah satu tempat yang sering digunakan sebagai lokasi prewedding.

Tentang Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung berada di sebelah barat Pantai Wediombo, Jepitu, Girisubo atau sebelah timurnya Gunung Batur. Pantai tersebut tepatnya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pemandangan pantai ini begitu menarik. Tidak salah jika belakangan semakin banyak pengunjung. Hal ini tidak lain karena pantai watu lumbung gunung kidul regency memiliki keunikan yang membedakannya dengan pantai lain.

 

Pantai  ini memiliki batuan karang yang unik dan tersebar di sekitar pantai. Ombak yang sesekali datang kemudian menerjang batuan karang tersebut. Air yang membuncah memberikan sensasi tersendiri. Saat sebelum turun ke pantai, Anda bisa melihat dua batu besar di tengah-tengah pantai. Warga menyebut batu tersebut batu lumbung karena bentuknya seperti lumbung, tempat penyimpanan padi. Inilah sebabnya pantai ini dinamakan Watu Lumbung.

Pemandangan Eksotis

Menawarkan pemandangan eksotis dengan tiket masuk pantai watu lumbung yang cukup terjangkau. Selain terdapat banyak batu karang yang tersebar, pantai ini dikelilingi perbukitan hijau. Sehingga ketika berada di ketinggian, belum benar-benar turun dan bermain di pantai, Anda bisa memperoleh pemandangan yang menakjubkan.

 

Birunya pantai bertemu hijaunya perbukitan ditambah deburan ombak yang memecah ketika terkena batu karang. Belum lagi jika cuaca cerah tentu Anda bisa melihat birunya langit atau putihnya awan. Meskipun untuk menuju pantai tersebut membutuhkan perjuangan. Pasalnya Anda perlu berjalan menuruni jalan setapak yang tidak begitu luas. Anda harus berhati-hati karena cukup licin. Pantai ini memang seolah diapit Pantai Wediombo dan Gunung Batur. Apalagi jika dilihat dari kejauhan.

Fasilitas dan Penginapan

Saat artikel ini dituliskan, tidak banyak fasilitas yang ditawarkan di pantai ini kecuali pemandangan alaminya. Anda tidak akan menemukan penginapan, warung makan dan seterusnya. Sepertihalnya pantai Pantai Celengtibo. Jadi jangan terlalu berharap banyak saat mengunjunginya. Pastikan membawa bekal dan peralatan pribadi seperti tikar atau alas lainnya.

 

Jangan lupa untuk membawa setiap sampah yang Anda bawa. Jangan meninggalkan apapun di lokasi dan jangan berharap ada yang akan membersihkan setiap kotoran yang ditinggalkan. Karena keindahan pantai tersebut perlu dijaga bersama bukan? Jika berminat untuk menginap atau camping mungkin bisa bertanya pada warga setempat. Bisa jadi saat Anda berkunjung ke pantai tersebut, sudah banyak tempat penginapan atau homestay.

 

Pantai ini juga sering digunakan untuk memancing. Jadi jangan heran ketika berada di sini kemudian banyak orang yang tengah sibuk dengan alat pancingnya masing-masing. Jika Anda suka memancing mengapa tidak membawa peralatan pancing kesayangan. Apalagi jika Anda datang beramai-ramai tentu suasana semakin meriah. Suasana di pantai ini tentu berbeda dengan Pantai Ngunggah. Berbeda pula dengan Pantai Grigak. Namun keberadaan pantai-pantai tersebut semakin membuktikan bahwa Indonesia kaya dengan potensi alamnya. Sayangnya belum dimaksimalkan dan dijaga dengan baik serta belum didukung infrastruktur yang memadai.

Jalan Menuju Pantai

Jangan tunda untuk mengunjungi pantai ini. Apalagi ada banyak spot menarik untuk fotografi. Jika Anda menyewa kendaraan untuk menjejalah wisata di Jogja maka jalan sampai tidak mengunjungi pantai ini. Lokasinya pun cukup mudah dicari. Anda bisa memanfaatkan map atau bertanya. Bisa dipastikan tempat dimana Anda menyewa kendaran pasti mengetahui lokasi tersebut.

 

Karena sebenarnya untuk menuju pantai tersebut Anda bisa melalui jalur dari Pantai Wediombo ke arah barat. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar satu jam. Bisa juga TPR Pantai Wediombo kemudian belok kanan. Anda akan melalui ladang milik warga hingga ujung jalan. Setelah itu Anda harus jalan kaki menuruni buki menuju Pantai Watu Lumbung.

Alamat: Area Hutan, Balong, Girisubo, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55883