Serunya Naik Gondola di Pantai Timang Gunungkidul

Keindahan sebuah pantai bisa dipancarkan melalui warna laut yang kontras dengan pemandangan alam di sekelilingnya termasuk langit, pasir, maupun pohon-pohon di sekitarnya. Didukung dengan merdunya musik alam yaitu desir angin, ombak menderu dan mungkin suara burung. Liburan dikatatakan berhasil ketika mampu melepaskan sejenak beban yang ada di hati maupun pikiran. Kemudian berhasil memberikan rasa senang dan semangat untuk menjalani aktifitas selanjutnya. Biasanya perasaan ini akan diperoleh ketika memutuskan untuk menghabiskan liburan dengan wisata alam salah satunya di pantai. Apalagi jika di pantai tersebut bisa menikmati serunya permainan yang menantang. Pantai Timang Gunungkidul Yogyakarta menawarkan permainan gondola yang akan memberikan tantangan tersendiri bagi anda.

 

Mengenal Pantai Timang

 

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang ada di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki  pasir pantai yang putih bersih seperti pantai Baron atau Kukup. Kemudian di seputar pantai terdapat tanaman pandan yang tumbuh subur. Keberadaan tanaman pandan inii menambah asri pemandangan yang ada. Selain itu keberadaan pandan ini membantu menghalau angin yang terlalu kencang sehingga pengunjung bisa berlindung di baliknya saat angin terlalu kencang.

 

Pandan ini juga membantu menjaga kelembaban tanah di sekitar pantai. Tidak semua pantai terdapat tanaman pandan. Tidak jarang ada yang memangkas tumbuhan tersebut padahal sangat baik untuk menjaga keseimbangan ekosistem hewan maupun tumbuhan yang ada di sekitarnya. Beruntung di pantai ini, pandan masih tumbuh dengan subur. Tanaman pandan yang ada di pantai manukan jumlahnya pun berbeda dengan yang ada di pantai ini.

 

Pulau Timang dan Serunya Naik Gondola

 

Saat Anda mengunjungi tempat wisata ini, akan dihadapkan dua pilihan tempat yang bisa dikunjungi. Bagian pertama berada di sebelah timur merupakan pantai dengan pasir putihnya. Sedangkan pada bagian kedua yang berada di sebelah barat merupakan perbukitan dengan batu terjal dan berbatasan langsung dengan laut lepas.

 

Nah, di bukit berbatu tersebut terdapat batu besar yang dikenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang dan Pulau Timang. Pulau Timang ini cukup besar dan curam. Namun saat berada di atasnya, Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Untuk mencapai pulau ini Anda harus menggunakan gantole tradisional atau gondola. Pengalaman ini tentu tidak akan diperoleh saat berada di pantai Nglegundi maupun pantai lain.

 

Untuk menggunakan kereta yang dibuat dari kayu dan bambu ini Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang. Perlu diketahui harga naik gondola pantai timang sebesar Rp 150.000,- setidaknya ini harga saat artikel ini dituliskan sehingga jangan kaget jika sewaktu-waktu berubah. Jarak luncur gondola tersebut sekitar 50 hingga 100 meter.

 

Memang membutuhkan keberanian apalagi jika takut ketinggian. Namun mampu memberikan pengalaman berharga dan memacu adrenalin Anda. Setidaknya Anda akan berada di ketinggian 9 hingga 11 meter di atas laut. Pemandangan yang dilihat ditambah sensasi yang ada sudah pasti tidak akan terlupakan.

 

Tarif Masuk Terjangkau

 

Setelah mengetahui tarif naik gondola mungkin Anda akan mengira bahwa tarif pantai timang cukup mahal. Padahal tidak karena Anda hanya dikenai tiket sebesar Rp 5000,- saja. Tarif mahal hanya dikenakan ketika Anda naik gondola atau menyeberangi jembatan pantai timang menuju gardu pandang.

 

Tarif yang dikenakan untuk jembatan gantung ini sebesar Rp 100.000. Jika Anda merasa  keberatan tentu tidak perlu menggunakannya. Namun jika Anda penasaran bagaimana pengalaman yang diberikan termasuk sensasi yang dirasakan apalagi penggemar petualangan maka jangan sampai melewatkannya. Tiket wisata ini biasanya sudah di masukan dalam paket wisata di Jogja oleh biro atau agen wisata.

 

Lobster sebagai Mata Pencaharian

 

Selama berada di pantai pesewan Anda tidak akan merasakan pengalaman menggunakan kereta maupun jembatan gantung. Karena pengalaman ini hanya akan dirasakan selama berada di Pulau Timang. Perlu diketahui pula bahwa jembatan maupun kereta gantung ini dimanfaatkan nelayan atau penduduk setempat untuk mengangkut hasil laut khususnya lobster.

 

Lobster ini memiliki nilai jual yang tinggi sehingga masyarakat pun rela bersusah payah menempuh medan berat demi kelangsungan hidupnya sehari-hari. Anda pun tidak hanya merasakan pengalaman menantang, menikmati pemandangan alam, tetapi juga bisa menyaksikan kehidupan masyarakat sekitar. Jadi, tidak perlu ragu memasukkan Pantai Timang Gunungkidul sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya.

 
Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881