Keindahan Pantai Siung yang Memukau

Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap rasanya bila tidak sekaligus menjelajah wilayah Gunungkidul. Kabupaten yang sedang menggalakkan pariwisatanya ini terus menggali potensi wilayahnya. Letaknya yang berada di tepi Samudra Hindia membuat wilayah ini sangat diuntungkan dengan banyaknya garis pantai yang indah. Beberapa pantai sudah dibuka untuk pariwisata sejak lama, semakin kesini pemerintah maupun warga lokal membuka pantai- pantai baru yang dulunya masih tersembunyi dengan membenahi akses jalan menuju pantai beserta fasilitasnya. Kini pilihan objek wisata pantai di Gunungkidul bertambah banyak seperti Pantai Sadeng, Pantai Baronan, Pantai Jogan, dan Pantai Siung.

 

Mengenal Pantai Siung

 

Menurut sejarah penamaannya Pantai Siung berasal dari bentuk atau kontur bebatuan karang raksasa yang berada di tebing- tebing yang mengelilingi bibir pantai dari arah timur hingga barat. Jika dilihat dari citra GPS gambar Pantai Siung seperti cekungan dengan garis pantai ke dalam dengan pinggiran perbukitan disekelilingnya. Bentuk karang yang tajam dan runcing seperti siung atau taring kera yang sering terlihat turun dari tebing tersebut membuat pantai ini dinamai Pantai Siung.

 

Pantai Siung terletak satu kawasan dengan Pantai Jogan dengan melewati counter retribusi yang sama. Pantai Jogya ini sudah dimanfaatkan oleh warga sekitar yang bermata pencahariaan sebagai nelayan. Terlihat dari adanya keramba untuk budidaya ikan dan tempat pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan di lokasi menuju pantai. Hasil ikan sangat beragam dan pastinya segar.

 

Karakeristik Pantai Siung adalah pantai dengan pasir putih dengan ombak yang besar dari Samudra Hindia. Banyak terdapat kapal- kapal nelayan yang parkir di sekitar pantai ketika siang hari. 

 

Lokasi Pantai Siung

 

Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bila pengunjung berangkat dari Yogyakarta lokasinya berjarak 77km dari pusat kota dapat ditempuh selama  kurang lebih 2 jam melewati jalur Ring Road menuju Wonosari kemudian ke arah Tepus lanjut ke Purwodadi.

 

Kondisi jalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Siung sudah beraspal bagus dan berkelok. Sayangnya belum belum ada kendaraan umum yang menjangkau wilayah hingga pantai, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

 

Keunggulan Pantai Siung

 

Panti Siung memiliki sejuta pesona keindahan yang tak diragukan lagi. Hamparan pasir putih yang melengkung di bibir pantai dengan pinggiran batuan karang yang menjulang tinggi menghiasi pemandangan.

 

Panjangnya hamparan dinding tebing membuat Pantai Siung terkenal dengan lokasi aktivitas panjang tebing. Bahkan pemerintah provinsi menobatkan tebing ini sebagai lokasi panjat tebing di tahun 2005. Tebing ini memiliki 250 jalur panjat dengan level kesulitan yang beragam. Ketenarannya terkenal hingga manca negara dan menjadi lokasi Asean Climbing Gathering.

 

Selain menikmati pantai dengan pasir putihnya pengunjung dapat menikmati pemandangan laut dari atas ketinggian di sisi timur pantai. Untuk menuju ke tempat tersebut pengunjung harus menyusuri jalan hingga sampai di atas bukit. Di tempat tersebut terdapat area untuk camping dan rumah panggung sebagai base camp.

 

Hawa perbukitan yang sejuk dengan semilir angin membuat penunjung betah berada di sini. Pengunjung boleh mendirikan tenda sebagai penginapan Pantai Siungbila menginginkan suasana berpetualang dengan syarat harus tetap menjaga kebersihan dan habitat di sekitar lingkungan.

 

Pengunjung dapat pula mengeksplor bagian barat pantai dengan mendaki tebing karst untuk melihat dari pantai dari atas bagian barat. Di sisi ini terdapat juga area yang datar untuk camping. Spot- spot di Pantai Siung sangat indah untuk diabadikan, namun perlu diwaspadai bila berfoto di bukit atau tebing karena medan yang licin rawan untuk terpeleset.

 

Fasilitas Pantai Siung

 

Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Tersedia fasilitas umum seperti mushola, toilet, area parkiran yang luas, warung makan dan pendopo.

 

Di lokasi pantai terdapat tempat pelelangan ikan yang biasanya wisatawan pun dapat membeli ikan hasil tangkapan nelayan yang masih sangat segar untuk dibawa pulang sebagai oleh- oleh.

 

Harga tiket masuk pantai ini adalah Rp 10.000 berlaku untuk tiga kawasan yaitu Pantai Siung, Pantai Jogan, dan Pantai Nglambor. Harga yang sangat murah untuk menikmati banyak objek wisata bukan?