Yuk! Wisata ke Pantai Sembung Gunungkidul

Liburan mengunjungi tempat-tempat wisata seakan sudah menjadi kebutuhan. Tekanan dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sosial seringkali membuat orang merasa tidak bersemangat. Bekerja pun tidak maksimal karena kurang konsentrasi. Belum lagi padatnya lalu lintas jalanan perkotaan semakin menambah daftar panjang penyebab pikiran tertekan. Memperoleh kesempatan berlibur menjadi hiburan tersendiri dan memberikan kebahagiaan yang akhirnya mempengaruhi semangat untuk bekerja maupun menikmati kehidupan yang dimiliki. Pantai salah satu tempat wisata yang disukai. Pantai Sembung di Gunungkidul merupakan salah satu yang terbaik di Jogja.

 

Mengenal Pantai Sembung

Pantai Sembung merupakan salah satu pantai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Sebelumnya tidak banyak orang berkunjung ke Gunungkidul. Namun beberapa tahun belakangan pengunjung yang memasuki Kabupaten ini sangat banyak terutama yang berkunjung ke tempat-tempat wisata yang ada. Diantara sekian banyak pantai baru gunungkidul tersebut, pantai sembung ini termasuk cukup diminati.

 

Pemandangan laut lepas, garis pantai bertemu dengan hamparan pasir menjadi kombinasi yang menyejukkan mata. Menjadi tempat yang pas untuk melepas penat dan memberikan ruang untuk rileks sejenak. Ditambah suara ombak yang menderu bertemu dengan batu karang menjadi musik untuk relaksasi.

 

Ada banyak tempat wisata yang Ada namun pantai selalu memiliki tempat di hati. Semilir angin di pantai pun selalu mampu memberikan sensasi tersendiri. Ditambah biota laut yang Ada menambah kesenangan. Berinteraksi dengan warga lokal maupun pengunjung lainnya bisa menambah kehangatan dalam hati. Pun pemandangan seperti ini bisa ditemukan di pantai glambor timang namun masing-masing tempat didukung ciri khas atau keunikan sendiri. Keunikan yang mampu mewarnai keindahan panorama pantai. Tak banyak sampah menjadi keunggulan. Namun harus selalu diperhatikan karena semakin tinggi pengunjung biasanya kontrol untuk menjaga lingkungan juga justru menurun.

 

Bagaimana Cara ke Pantai Sembung

 

Untuk bisa mengunjungi pantai Sembung seperti halnya saat akan mengunjungi pantai Nglambor yaitu mencari lokasi atau setidaknya perkiraan dimana lokasi pantai tersebut. Bisa memanfaatkan teknologi bisa juga dengan cara konvensional atau kombinasi keduanya. Memanfaatkan teknologi yang dimaksud adalah penggunaan aplikasi peta online seperti Google map dan Waze.

 

Toh, saat ini arah yang ditunjukkan semakin tepat dan akurat. Kelemahannya adalah ketika jaringan internet kurang lancar. Dan ini mungkin akan terjadi ketika berada di Gunungkidul yang didominasi area pegunungan. Bisa juga memanfaatkan jaringan pertemanan dengan komunitas traveler yang biasanya saling berbagi informasi. Tidak jarang bisa memperoleh informasi menarik. Tidak perlu ragu juga untuk bertanya kepada warga yang ditemui di jalan. Biasanya mereka akan membantu dengan senang hati. Bahkan memberikan petunjuk arah.

 

Transportasi yang Digunakan

 

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta kota menuju Gunungkidul setidaknya memerlukan waktu sekitar dua jam. Bisa menggunakan mobil atau motor. Jika Anda mencari kendaraan umum mungkin hanya bisa sampai di jalan utama Gunungkidul namun untuk menuju pantai – pantai tertentu seperti pantai Banyunibo kemungkinan besar akan kesulitan. Sehingga mau tidak mau harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa.

 

Jika perjalanan rombongan jelas lebih nyaman menyewa Mobil sekaligus sopir sehingga Anda pun bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Apalagi kanan kiri jalan menuju Gunungkidul penuh dengan pemandangan alamnya. Jadi jangan sampai dilewatkan. Untuk mencegah kelaparan selama di perjalanan atau selama berada di pantai, ada baiknya membawa perbekalan makanan dan minuman secukupnya. Jangan mengandalkan akan ada warung makanan atau minuman di lokasi. Karena bisa jadi, apa yang Anda harapkan tidak ditemukan. 

 

Harga Tiket Terjangkau

 

Wisata alam di Gunungkidul memang beragam. Mulai dari wisata sungai, gua di dalam sungai, gunung, dan pantai. Semua memiliki keindahan yang tidak perlu diragukan lagi. itulah mengapa tidak ada alasan untuk tidak mengunjunginya. Alasan lain mengapa memilih wisata ke Gunungkidul yaitu karena harga tiket masuk pantai-pantai cukup Terjangkau.

 

Umumnya Rp. 10.000,- untuk beberapa pantai sekaligus karena lokasinya yang berdekatan, hanya dengan berjalan kaki pun sudah bisa mengunjungi pantai lainnya. Bahkan Ada pula yang hanya membayar uang parkir saja karena pantai tersebut masih sepi, belum dikelola secara professional dan masih sepi pengunjung. Jadi tidak perlu ragu membuat rencana menjelajahi pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul. Termasuk mengunjungi Pantai Sembung. Untuk kemudahan mengunjungi pantai ini, anda bisa memilih paket tour Jogja yang ditawarkan oleh berbagai biro perjalanan wisata.