5 Kelebihan Pantai Samas Bantul Yogyakarta

Bila menyebut wisata Yogyakarta pastinya wisata pantai tak bisa dipisahkan dari daerah istimewa ini.wilayah yang dimilikinya membuat kota ini kaya akan garis pantai yang indah dan sangat bervariasi karakteristiknya. Beberapa nama pantai yang dapat dijumpai di Yogya antara lain Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Goa Cemara, Pantai Patehan, Pantai Pandansimo, dan Pantai Sama. Pantai-pantai ini memiliki perbedaan karakteristik pasirnya, pantai yang berada di selatan Yogya biasanya berwarna hitam, namun beralih ke Gunungkidul pantainya berpasir krem hingga putih bersih.

 

Pantai Samas adalah salah satu pantai di Yogya yang dekat dengan pusat kota, hanya berjarak sekitar 35 km, dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam. Akses jalanan menuju ke lokasi pantai sudah sangat bagus dapat ditempuh degan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

 

Karena jaraknya yang dekat dengan kota, maka pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan baik masyarakat setempat maupun luar kota terlebih bila hanya mempunyai waktu libur yang singkat seperti akhir pekan. Meskipun terdapat larangan untuk bermain air atau mandi di laut karena ombaknya yang besar namun masih banyak ativitas yang dapat dilakukan di Samas. Beberapa kelebihan yang dapat ditemui di Pantai Samas antara lain:

 

  1. Konservasi Penyu

Pantai Samas merupakan habitat penyu untuk bertelur. Jenis-jenis penyu langka ditemukan di pantai ini antara lainpenyu sisik, penyu hijau, dan penyu lekang. Pengunjung dapat melihat kegiatan para relawan di forum konservasi seperti pemeliharaan telur hingga penetasan telurkemudian melepaskan anakan penyu di laut. 

 

Sebagai tempat hidup penyu, terkadang banyak ditemukan telur di pasir sekitar pantai. Namun hendaknya para pengunjung tidak membawa telur penyu tersebut karena penyu merupakan salah satu hewan yang dilindungi.

 

  1. Kebun Bunga Matahari

Lokasi kebun bunga matahari tak jauh dari Pantai Samas. Di kebun ini pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,00 saja. Pada saat bermekaran tentunya kebun ini menjadi spot foto yang paling dicari oleh pengunjung. Bagaimana tidak? Background foto dengan keindahan bunga matahari yang mekar dengan ukuran yang besar- besar sangat cocok untuk mengisi feed Instagram atau facebook.

 

  1. Pengklik Samas

Tempat ini merupakan wahana yang agak baru di Pantai Samas. Pengklik adalah semcam laguna yang merupakan lokasi bertemunya dua sungai. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di area ini antara lain memancing, menaiki perahu keliling pengklik, bermain anak- anak, gardu pandang, dan tambak udang.

 

Yang terbaru di pengklik adalah adanya jembatan bambu yang menjorok ke laut sepanjang 210 meter. Pengunjung dapat menyeberang dan berujung ke gundukan pasir seperti pulau kecil di laut. Tentunya jembatan ini juga merupakan spot foto yang sangat instagramable.

 

  1. Mercusuar Patehan

Ingin melihat keindahan pantai dan komplek sekitarnya dari ketinggian? Maka pengunjung bisa mendatangi Mercusuar Patehan. Sebagaimana namanya bangunan ini memang difungsikan untuk memantau kondisi dan keadaan pantai dan sekitarnya.

 

  1. Perengan Park

Wahana ini masih sangat gress, baru dibuka awal Mei 2018 yaitu berupa spot foto yang diberi nama Perengan Park. Penampakannya berupa jembatan bambu yang dipasang di sawah dengan dilengkapi gapura dan background unik untuk berfoto. Nah bagi pecinta fotografi maupun selfie tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hobi. 

 

Pantai Samas dikelola oleh masyarakat lokal yang tersistem dalam BUMDes dan Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata). Fasilitas yang ada di pantai ini terus dikembangkan dengan dilengkapinya sarana untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Kelengkapan sarana yang ada di pantai antara lain toilet, mushola, warung makan, dan area parkir yang luas. Tak hanya itu saja namun fasilitas besar seperti warung apung, gedung pertemuan, dan perahu wisata pun telat disediakan oleh pengelola.

 

Berwisata ke Pantai Samas, selain bisa mendapatkan banyak pengalaman dan hiburan, pengunjung juga turut meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Dengan hanya membayar sebesar Rp 5.000,00 untuk masuk ke pantai pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Samas. Bila ingin mencoba wahana, tentu harus membayar lagi dengan harga yang sangat terjangkau pula.