Pantai Pesewan Surganya Para Penggemar Memancing

Saat liburan tiba biasanya orang memutuskan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Ada pula yang lebih memilih untuk menjalankan hobi mereka yang tertunda akibat padatnya aktifitas. Tempat-tempat wisata yang dikunjungi pun beragam. Mulai dari wisata belanja, kuliner maupun alam. Sedangkan hobi yang banyak dilakukan saat liburan biasanya memasak, membaca dan ada pula memancing. Memancing termasuk hobi yang disukai karena tidak hanya  menangkap ikan saja tetapi juga bisa menikmati pemandangan alam ketika memancing di alam terbuka. Salah satunya di pantai Pesewan Yogja.

 

Memancing di Pantai Pesewan

 

Pantai Pesewan bisa ditemukan di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini letaknya cukup tersembunyi karena berada diantara dua tebing di kawasan salah satu pantai yang sudah cukup populer yaitu Wediombo. Tidak banyak orang mengenal atau mendengar nama pantai ini. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Bahkan dalam tour Jogja murah dari biro wisata, pantai ini mungkin belum dimasukan dalam destinasi wisata mereka.

 

Bisa jadi karena kalah populer dibandingkan Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung. Perlu diketahui bahwa Pantai Pesewan Gunungkidul ada di bagian sebelah timur kawasan dari Watu Lumbung dan diapit dua tebing tinggi. Kedua tebing tersebut menghadap langsung ke arah laut dalam. Bagaimana? Cukup menantang bukan? Selain kalah populer, sebab lainnya pantai ini dinilai kurang memiliki daya tarik. Selain itu juga kebersihan pantai yang kurang terjaga. Itulah mengapa pantai ini seringkali tidak masuk daftar rekomendasi pantai yang perlu dikunjungi.

 

Padahal justru inilah yang menjadi daya tarik pantai ini. Pantai yang sepi sangat cocok bagi orang-orang yang ingin mencari tempat yang tenang untuk menyepi. Adakalanya saat suasana sepi lebih dibutuhkan dibandingkan pemandangan yang dilihat. Selain itu pantai yang sepi justru sangat cocok bagi penggemar memancing. Memancing membutuhkan suasana yang tenang sehingga ikan pun tidak ragu meraih umpan.

 

Keberadaan pantai yang diapit dua tebing tinggi ini membuat rute Pantai Pesewan hanya bisa  ditempuh dengan berjalan kaki. Tepatnya setelah sampai di area parkir Pantai Watu Lumbung dengan melewati jalan setapak yang ada. Kondisi tebing yang menjorok ke laut inilah yang membuatnya tidak memungkingkan untuk menyusuri tepi pantai saat menuju lokasi.

 

Dulunya Tempat Upacara Adat

 

Meskipun pantai ini tidak banyak pengunjung namun dulunya sempat menjadi tempat pelaksanaan upacara adat. Sebelum dilaksanakan di Pantai Wediombo, Tradisi Ngalangi dilaksanakan di pantai ini. Hal ini dikarenakan pantai ini relatif lebih sempit sehingga tidak mampu menampung banyak orang.

 

Baik warga sekitar yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan tradisi tersebut maupun pengunjung yang penasaran dan ingin menyaksikan tradisi tersebut. Padahal jika bisa digunakan pula sebagai tempat untuk mendukung acara tersebut bukan tidak mungkin banyak pula pengunjung di pantai ini. Setidaknya pantai ini bisa dijadikan alternatif tujuan untuk menyepi selain Pantai Sinden maupun pantai sepi lainnya.

 

Ramai  Para Pemancing

 

Meskipun tidak seramai Pantai Sedahan dan pantai lain namun masih ada kalangan yang mengunjungi tempat ini. Terutama para penggemar memancing maupun mencari ikan menggunakan semacam perangkap. Perangkap tersebut dipasang saat sore hari kemudian akan dilihat dan dipanen pada hari berikutnya.

 

Biasanya pada pagi hari. Selain para pemancing ini tidak banyak aktifitas yang  ada di pantai ini. Pengunjung lain pantai ini biasanya orang-orang yang  penasaran dan ingin tahu bagaimana kondisi pantai. Pengunjung lain biasanya para penggemar wisata petualangan. Karena untuk menuju lokasi ini harus melewati akses yang tidak mudah.

 

Potensi untuk Wisata

 

Keindahan yang ditawarkan tidak seperti Pantai Dadapan dan pantai-pantai lain. Karakteristik pantai ini landai dengan sedikit pasir putih, batuan berukuran kecil dan sedang banyak ditemukan di tepi pantai. Sementara tebing karang yang ada di sekitar pantai hampir sama dengan yang ada di sekitar kawasan Wediombo dimana tebing karang tersebut terbentuk dari letusan gunung api purba.

 

Pantai ini sebenarnya juga muara sungai kecil namun hanya dialiri hujan ketika hujan saja. Muara sungai ini tidak langsung ke laut tetapi membentuk sebuah kubangan berukuran kecil di tempi pantai. Nah, banyaknya sampah yang terbawa air dari atas bukit inilah yang membuat pantai terlihat kotor. Jika Anda penasaran bagaimana penampakan Pantai Pasewan Wediombo Gunungkidul ini, tidak ada salahnya singgah barang sejenak.

 
Alamat: Area Hutan, Balong, Girisubo, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55883