Alasan Mengapa Harus ke Pantai Ngunggah Gunung Kidul

Pantai-pantai di Gunung Kidul seperti tidak ada habisnya. Setelah mengetahui dan mengunjungi beberapa pantai yang ada seperti Drini, Indrayanti, dan lainnya biasanya membuat orang cukup bangga. Tetapi tahukah bahwa masih banyak pantai-pantai lain di Gunung Kidul? Pantai-pantai yang lokasinya memang jauh dari jalan utama dan memerlukan waktu untuk menemukannya. Pantai-pantai yang memang tidak banyak orang yang mengetahui nama maupun lokasinya. Saat ini semakin banyak tempat sewa mobil yang memberikan layanan tersebut. Membantu mencari pantai-pantai tersebut bagi para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Ngunggah.

Tentang Pantai Ngunggah

Salah satu pantai di Gunung Kidul yang belakangan mencuri perhatian yaitu Pantai Ngunggah. Berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul bagian barat tepatnya di Giriwungu, Panggang, Gunung Kidul. Hal yang menjadi daya tarik pantai ngunggah gunungkidul regency adalah tempatnya yang asyik untuk memancing dan mencari rumput laut. Perlu diketahui di dasar karang pantai ini ada banyak rumput laut yang bisa ditemui.

 

Pantai ini sebenarnya berbentuk tebing dan tidak terlalu tinggi. Kemudian di salah satu sisinya terdapat sisi pantai yang lebih landai dengan pasir putihnya. Pemandangan sangatt menarik dan mampu mencuri perhatian karena berbeda dari pantai lainnya. Kebanyakan orang-orang yang ke pantai ini memang mencari ikan atau rumput laut. Sedangkan yang memang berkunjung untuk wisata masih sangat jarang. Sehingga sangat nyaman untuk menyepi dan mencari inspirasi.

Pantai yang Bersih

Pantai ini masih sangat bersih. Nyaris tidak ada sampah berserakan layaknya pantai-pantai lain yang lebih ramai pengunjung. Ketika Anda berjalan-jalan sepanjang pantai, Anda akan menemukan bongkahan atau pecahan batu karang yang berserakan di bawah tebing. Ombak selalu datang silih berganti, kadang besar kadang kecil. Pada saat ombak pasang, gelombang air laut yang datang akan membasahi ujung tepi pantai dengan pasir putihnya.

 

Kemudian ketika ombak surut, akan terlihat hamparan dasar karang yang memanjang hingga ke tengah laut sepanjang 100 meter. Beberapa orang menyebut kondisi dasar karang mirip dengan kondisi yang ada di pantai nguyahan saat surut. Untuk mengetahui benarkah sangat mirip? Anda harus mengunjungi kedua pantai tersebut.

Pemandangan Indah dengan Aktifitas Warga Sekitar

Hal menarik dari pantai yang belum banyak dikunjungi orang adalah selain karena harga tiket masuk pantai ngunggah yang belum ditentukan juga melihat pemandangan dengan nyaman. Pemandangan alam yang menakjubkan dengan aktifitas warga sekitar. Pantai ini kaya dengan ikan dan rumput lautnya.

 

Sehingga banyak warga yang mencari ikan maupun rumput laut. Ada yang menggunakan jaring, ada pula yang menggunakan pancing. Ada yang sendirian, ada pula yang bergerombol saat mencari rumput laut. Ikan-ikan hasil tangkapan maupun rumput laut tersebut ada yang memang dijual tetapi tidak sedikit yang hanya untuk konsumsi sehari-hari.

 

Saat bertemu dengan warga yang sedang memancing atau mencari rumput laut tidak perlu ragu untuk menyapa. Jangan malu untuk berinteraksi dengan mereka. Kapan lagi mencari rumput laut sambil bercakap dengan warga sekitar. Mungkin malah bisa bertanya bagaimana cara mengolahnya dan seterusnya.

 

Terkadang ada banyak kejutan menunggu ketika kita tidak segan beramah tamah. Toh, saat mengunjungi sebuah tempat wisata kita adalah tamu yang harus menghormati tuan rumah, benar bukan? Termasuk dalam hal menjaga kebersihan maupun sopan santun. Hal ini pasti berlaku pula saat mengunjungi pantai lain seperti pantai pringjono atau pantai ngobaran maupun pantai-pantai lain.

Rute Pantai Nggungah

Rute paling dekat menuju pantai ini dari pusat Kota Jogja bisa melalui Jalan Imogiri Timur terus saja hingga simpang Jalan Siluk. Lalu ambil jalan ke Panggang, Gunung Kidul. Sampai di pertigaan jalan pusat Panggang lalu ke kiri hingga perempatan JLS. Ambil arah barat hingga ketemu SD Pejanten yang ada di kiri jalan. Selanjutnya ambil jalan yang ada di samping SD yang berupa jalan cor semen.

 

Terus saja hingga ketemu jalan tanah dan berbatu. Terus saja hhingga akhirnya sampai di gubug kecil yang merupakan area parkir Pantai Ngunggah. Oh, jangan lupa membawa perbekalan secukupnya karena memang fasilitas pantai ngunggah belum terlalu lengkap termasuk keberadaan warung makan yang terbatas. Tetapi jangan biarkan keterbatan menghadang Anda untuk mengunjungi Pantai Ngunggah.

Alamat:  Klepu, Giriwungu, Panggang, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55872