Menjelajahi Pantai Ngreslangu

Setiap perjalanan baru memberikan pengalaman baru. Begitu juga saat berkunjung ke tempat baru. Yogyakarta merupakan tempat dengan banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi. Tersebar di 5 Kabupaten dan 1 Kota. Salah satu kabupaten yang kental dengan wisata alamnya terutama pantai adalah Kabupaten Gunungkidul. Ada banyak pantai yang ditawarkan. Pantai-pantai yang sudah dikenal sebelumnya maupun yang belum banyak dikenali. Pantai-pantai dengan pasir putih dan hitam maupun pantai dengan tebingnya. Bisa digunakan untuk menikmati matahari terbenam, camping maupun memancing. Salah satu pantai dengan pemandangan yang mengagumkan adalah Pantai Ngreslangu.

 

Mengenal Pantai Ngreslangu

 

Siapa diantara Anda yang sudah berkunjung ke Pantai Ngreslangu? Sebuah pantai di Yogja yang bisa Anda cari di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini semakin melengkapi pantai-pantai yang ada di Jogja khususnya di Gunung Kidul. Memberikan lebih banyak altenatif bagi para pengunjung. Pantai dengan keindahalan alami yang sayang jika dilewati.

 

Saat ini memang banyak jasa penyewaan mobil maupun agen wisata yang membuka peluang untuk mengunjungi pantai-pantai yang belum terkenal. Wisata petualangan dengan mendatangi pantai ngreslangu jogja dan berinteraksi dengan warga lokal. Pantai baru ini masih terlihat sangat alami. Nyaris tanpa pengunjung dan bisa memilih spot untuk duduk-duduk, berenang maupun selfie sesuka hati. Birunya air laut bertemu birunya langit memberikan ketentraman diiringi dengan deburan ombak dan desiran angin.

 

Apa yang Bisa Dilakukan di Ngreslangu?

 

Saat berlibur di pantai pasir putih jogja memberikan kenyamanan selama berlibur. Pantai memang bisa memberikan perasaan senang hanya dengan melihat ombak yang datang menyapu hamparan pasir menghapus jejak-jejak yang ada sebelumnya. Merasakan ombak yang datang kemudian berlarian ketika ombak semakin besar.

 

Tertawa riang  memberikan perasaan gembira selama perjalanan wisata di pantai baru sekalipun termasuk ketika berada di Ngreslangu. Beruntungnya ketika berada di pantai yang tidak seramai pengunjung di pantai baron adalah bisa duduk-duduk dimanapun bahkan tiduran di pantai tanpa merasa canggung. Bisa membakar ikan, makan sepuasnya, tertawa sepuasnya dan mengabadikan setiap momen.

 

Hal yang Perlu Dipersiapkan

 

Ketika Anda mengunjungi Pantai Kukup berbagai fasilitas pendukung sudah tersedia. Mulai dari kamar mandi yang jumlahnya mencukupi, musholla, warung-warung makanan maupun minuman. Namun hal ini belum ada di Ngreslangu. Artinya Anda harus membawa perlengkapan yang diperlukan. Air minum dan makanan. Termasuk kantong plastik besar untuk membawa sampah-sampah yang  ada.

 

Karena pantai ini masih alami maka berbagai fasilitas belum lengkap termasuk tempat sampah. Selain itu Anda pun perlu menjaga sikap selama di lokasi. Meskipun serasa seperi di pantai sendiri bukan berarti bisa bersikap seenaknya. Perhatikan pula bagaimana adat istiadat maupun budaya di daerah tersebut.

 

Bagaimana Menuju Ngreslangu

 

Seperti halnya pantai parang rancuk yang belum banyak banyak diketahui. Begitu pula dengan Ngreslangu. Anda bisa menyewa mobil sekaligus sopir yang sudah mengenal daerah di Gunung Kidul. Dari arah Yogyakarta kota Anda menuju arah Gunung Kidul. Selanjutnya Anda bisa memanfaatka aplikasi peta online dan jangan malu bertanya kepada warga sekitar. Pantai-pantai baru belum banyak petunjuk arah yang diberikan.

 

Biasanya jauh dari jalan utama sehingga Anda harus mengenakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin saat dikenakan. Bisa jadi Anda harus berjalanan ratusan meter melewati semak belukar. Hal itu yang perlu Anda tanamankan sebelum mencari dan menjelajahi pantai-pantai baru dan belum terkenal. Persiapan terbaik untuk mengantisipasi segala hal yang bisa terjadi.

 

Selain itu agar lebih mudah mencari rute bisa juga bertanya kepada komunitas backpacker maupun komunitas memancing. Mengapa? Komunitas backapacker terdiri dari orang-orang yang tidak segan untuk menjelajah tempat-tempat wisata yang terkenal maupun belum terkenal. Mudah akses transportasi maupun susah. Tidak jarang memberikan informasi detail bagaimana menuju lokasi.

 

Sedangkan komunitas memancing biasanya ada yang suka memancing di pantai-pantai yang tempatnya terpencil atau susah dicapai. Ada tantangan tersendiri bagi mereka. Nah, jika Anda tertarik untuk menjelajahi pantai-pantai baru jangan khawatir karena semua pasti mungkin dilakukan. Lakukan persiapan sematang mungkin sebelum menuju Pantai Ngreslangu.

 

Alamat:  Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY