Snorkeling di Pantai Nglambor

Ketika ingin merasakan pengalaman snorkeling biasanya disarankan untuk mengunjungi pantai-pantai yang berada di sisi utara Jawa yang memang ombaknya lebih ramah. Pantai-pantai selatan terkenal dengan ombaknya yang lebih garang. Namun bukan berarti pengalaman snorkeling tidak bisa dirasakan meskipun  Anda lebih dekat dengan pantai-pantai selatan. Beberapa pantai di Gunungkidul memberikan pengalaman snorkeling di pantai selatan. Misalnya di Pantai Sadranan saat air laut surut  dan laguna tenang. Selain itu Anda juga bisa merasakan snorkeling di Pantai Nglambor Yogyakarta.

 

Tentang Pantai Nglambor

 

Pantai Nglambor seperti akuarium semesta dengan sejuta pesona. Hal ini tidak lain karena pemandangan bawah laut yang bisa dinikmati keindahannya saat snorkeling. Ikan-ikan  berwarna-warni yang menari-nari dengan panorama bawah laut yang keindahannya begitu memesona. Anda tidak akan menyesal dengan harga snorkeling pantai nglambor yang ditawarkan karena sebanding dengan panorama yang bisa disaksikan. Diantaranya ragam terumbu karang, berbagai jenis ikan seperti sergeant major, jambrong dan ikan-ikan lainnya.

 

Pengalaman berada di bawah laut berenang bersama ikan-ikan dan melihat secara langsung bagaimana pemandangan di dalamnya. Hal ini tentu hanya bisa dirasakan pada saat ombak tidak terlalu besar. Jadi, selalu perhatikan kondisi cuaca termasuk mencari spot snorkeling terbaik. Anda bisa bertanya kepada pemandu dimana Anda menyewa peralatan snorkeling yang digunakan. Karena biasanya mereka yang paling mengetahui medan bawah air.

 

Upacara Ngalangi

 

Jika Anda mencari penginapan pantai Nglambor  dan memutuskan untuk mengeksplore pantai maka hal ini menjadi keputusan tepat. Apalagi jika Anda memilih waktu pada saat masyarakat setempat melakukan upacara adat. Masyarakat setempat  memegang tradisi sedekah laut yang disebut Ngalangi. Ngalangi sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti menghalangi.

 

Tradisi ini dimaksudkkan bahwa masyarakat sekitar pantai Nglambor menghalangi siapa saja yang akan menangkap ikan di pantai ini. Penangkapan ikan diperbolehkan ketika musim pemijahan ikan setahun sekali. Selain itu proses penangkapan ikan pun hanya diperbolehkan menggunakan gawar. Gawar adalah semacam jaring yang terbuat dari akar pohon wawar. Dimana jaring ini dipancangkan dan dihalau masyarakat setempat secara bersama-sama ke laut.

 

Dua Karang Kura-kura Raksasa

 

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa bisa snorkeling di Nglambor? Hal ini tidak lain karena keberadaan dua batu karang raksasa yang berbentuk seperti kura-kura. Dua batu ini menghalau ombak-ombak besar sehingga tidak terlalu keras mengenai pantai. Selain itu keberadaan batu karang ini pun mampu menjaga terumbu karang dari kerusakan karena gelombang sehingga aman untuk melakukan snorkeling.

 

Meskipun terdapat dua batu karang raksasa yang membantu mencegah kerusakan terumbu karang dari gelombang besar namun ekosistem bawah laut tersebut tetap perlu membutuhkan perhatian dan penjagaan dari setiap orang baik pengunjung maupun warga sekitar. Jika sampai terumbu karang mengalami kerusakan maka bisa menganggu ekosistem yang ada. Jadi saat snorkeling pun Anda juga perlu berhati-hati jangan sampai menginjak terumbu karang yang ada. Karena pengalaman snorkeling di pantai selatan belum tentu bisa dirasakan ketika berada di pantai lain misalnya pantai Timang.

 

Kerusakan terumbu karang sendiri bisa terjadi karena tingginya gelombang, penangkapan ikan berlebih, pemutihan terumbu karang dan sebagainya. Padahal keindahan yang bisa dilihat di dasar laut membutukan proses lama untuk membentuknya. Jangan sampai semata-mata karena gengsi dan mencari sensasi kemudian melakukan hal-hal yang justru merusak ekosistem bawah laut. Panorama bawah laut ini merupakan keunikan yang ditawarkan Nglambor dan tidak bisa diperoleh saat mengunjungi pantai Banyunibo.

 

Perjalanan Menuju Nglambor

 

Mencari lokasi pantai Nglegundi maupun Nglambor tentu harus mengetahui bagaimana rute pantai nglambor yang perlu dilalui. Beruntung di zaman modern ini perkembangan teknologi begitu pesat. Bahkan bisa memanfaatkan peta secara online. Tidak hanya menunjukkan dimana lokasi tetapi juga rute yang harus dilewati. Misalnya untuk menuju Nglambor ini jika dari arah Yogyakarta kota maka Anda harus menuju Gunungkidul terlebih dahulu. Setidaknya memerlukan total tiga jam perjalanan. Sebenarnya anda tidak perlu bingung. Biro paket wisata Yogyakarta banyak juga yang menawarkan destinasi wisata ini.

 

Jika Google map Anda tidak bekerja karena jaringan internet yang kurang lancar maka Anda bisa bertanya kepada warga sekitar. Apalagi untuk snorkeling, Anda perlu menyewa peralatannya. Nah, peralatan ini biasanya disewakan kelompok pemuda atau masyarakat sekitar. Anda memang perlu berjalan kaki hingga sampai di Pantai Nglambor yang keindahannya akan  membayar lunas kelelahan yang dirasakan.

 

Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta