Yuk Intip Pesona Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakarta

Suasana damai dan menentramkan merupakan sebuah sensasi yang diharapkan saat liburan tiba. Wisata alam seringkali menjadi pilihan untuk memperoleh pengalaman tersebut. Misalnya dengan mengunjungi sebuah pantai dan menikmati segala pesona yang ditawarkan. Keindahan yang terpancar secara alami merupakan keunggulan dari wisata alam. Itulah alasan mengapa pantai-pantai yang jauh dari hingar bingar keramaian belakangan semakin diminati. Salah satunya adalah Pantai Ngetun Gunungkidul Yogyakarta.

 

Tentang Pantai Ngetun

 

Pantai Ngetun bisa ditemui dengan mengunjungi Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini diapit dua buah semenanjung yang keduanya menjorok ke laut. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik pantai dengan pasir putih tersebut. Dikenal juga dengan nama Pantai Ngitun dan jarang diketahui orang-orang di luar Gunungkidul.

 

Lokasi pantai ini  tidak jauh dari Pantai Pok Tunggal, Siung dan Timang. Tepatnya berada di sebelah timurnya Pantai Pok  Tunggal, baratnya Pantai Siung dan Timang. Pantai ini memiliki pemandangan indah di sekelilingnya dengan pohon rindangnya. Pasir pantainya berwarna putih dan tampak kontras dengan birunya air laut.

 

Terasa lembut saat kaki menapak di pasir sehingga nyaman untuk sekedar berjalan-jalan di sepanjang pantai sambil menikmati panorama yang ada. Tebing karang berada di kedua sisinya. Apalagi ada banyak tanaman yang tumbuh lebat di pantai sehingga menambah asri suasana.

 

Pemandangan Terlihat Alami

 

Selama berada di Ngetun, suasana dan pemandangan yang ada begitu alami. Tidak banyak jejak kaki yang terlihat di pasir pantai. Kemudian pemandangan saat air mulai surut begitu menakjubkan. Anda akan melihat batu karang yang bercampur pasir yang sebelumnya tidak terlihat.

 

Ditambah dengan hijaunya ganggang laut yang bersinar terpapar matahari. Belum lagi saat menelusuri batu karang maupun ganggang laut tersebut, Anda bisa saja menemukan ikan-ikan kecil maupun kerang yang  terjebak dalam karang. Anda pun bisa dengan nyaman menikmati setiap sisi pantai.  Meskipun sama-sama pantai namun pemandangan yang ada di Pantai Banyunibo akan berbeda dengan di Ngetun ini.

 

Camping di Ngetun

 

Alaminya pemandangan pantai ini akan semakin terasa ketika memutuskan untuk Camping Pantai Ngetun. Mengapa? Karena Anda bisa semakin puas mengeksplore setiap sisinya. Spot mana yang paling menarik. Biota laut apa saja yang bisa ditemukan.

 

Apalagi kelembaban yang ada akan mempengaruhi hewan maupun tumbuhan yang bisa hidup sehingga bisa saja apa yang Anda temukan akan berbeda dengan biota laut yang ada di pantai lain. Anda pun berkesempatan bisa menikmati hembusan angin laut di malam hari, menyaksikan terbenamnya matahari, merasakan segarnya lari pagi di pinggir pantai dan seterusnya. Kenikmatan ini sudah pasti hanya bisa dirasakan ketika Anda camping di sekitar pantai karena lebih leluasa dalam menentukan waktu untuk bermain-main di pantai.

 

Cocok Bagi Penggemar Petualangan

 

Perjalanan menuju Pantai Widodaren tentu berbeda saat menuju Pantai Ngetun. Medan jalanan menuju pantai ini lebih cocok bagi para penggemar petualangan. Persiapan harus dilakukan sejak awal. Mulai dari persiapan fisik, kendaraan dan tentu perbekalan. Fisik diperlukan karena perjalanan panjang diperlukan sejak dari arah Yogyakarta kota.

 

Setidaknya selama dua jam perjalanan diperlukan. Terlebih kondisi jalan yang naik turun dan tikungan tentu berbeda saat mengendarai kendaraan di jalanan yang lurus. Artinya kendaraan yang dibawa pun harus optimal. Setelah masuk bagian Gunungkidul, perjuangan masih dilanjutkaan dengan menempuh jalan yang kondisinya tidak terlalu bagus.

 

Secara sekilas, jalan menuju pantai ini melalui jalus yang menghubungkan Pantai Tepus dan Pantai Siung. Anda nantinya akan melihat SD Tepus 4 Gunungkidul di tepi jalan. Ambil jalan yang berada di samping sekolah dan ikuti papan petunjuk yang tersedia.

 

Anda akan menemui beberapa persimpangan. Jika khawatir akan tersesat, tidak ada salahnya bertanya pada warga sekitar yang ditemui. Itulah mengapa ketika akan memulai perjalanan menjelajahi pantai ini maupun Pantai Manguntur Anda perlu membawa perbekalan yang cukup sehingga tidak akan kelaparan selama perjalanan. Lelahnya perjalanan yang ditempuh akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi. Suara burung berkicau menyambut perjalanan menuju pantai. Berada di Pantai Ngetun memberikan kedamaian saat liburan terutama jika anda memilih tour Jogja murah.