Seafood Lezat di Pantai Krokoh Gunungkidul

Hobi main di pantai? Bila suka dengan wisata pantai, maka berkunjung ke Gunungkidul lah jawabannya. Kabupaten yang terletak di pesisir Laut Selatan ini memiliki seratus lebih pantai. Untuk mendatangi semua pantai tersebut pastinya bisa memakan waktu yang tidak singkat, namun bila memiliki jatah cuti yang lama sangat memungkinkan untuk menjelajah semua pantai di Gunungkidul. Bagaimana dengan yang hanya memiliki liburan terbatas? Tak perlu khawatir dengan hal itu karena pengunjung bisa mendatangi beberapa pantai ini di liburan akhir pekan. Salah satunya adalah pantai Krokoh Gunungkidul.

 

Mengenal Pantai Krokoh Gunungkidul

 

Bila menyebutkan nama pantai, nama apakah yang terlintas di benak para pengunjung? Pernahkah mendengar  Pantai Mengetan, Pantai Bungusan, Pantai Gander, Pantai Krokoh Gunungkidul? Beberapa nama pantai tersebut memang terdengar belum familiar di telinga wisatawan.  Keberadaan Pantai Krokoh Gunungkidul memang belum lama dibuka untuk umum. Pantai ini berada di bagian timur wilayah Gunungkidul berbatasan dengan Wonogiri. Awalnya pantai ini hanya dimanfaatkan sebagai lahan untuk mencari ikan atau lobster oleh penduduk sekitar.

 

Lokasi Pantai Krokoh

 

Lokasi Pantai Krokoh berada di desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.  Jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 100km dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam.  Rute yang dapat dilalui menuju Pantai Krokoh adalah dari pusat Yogyakarata ke jalan utama arah Wonosari – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading – Wonosari – Semanu – Cuwelo – Giripanggung – Balong – Girisubo – Sadeng – pantai Krokoh.  Terdapat pula jalur alternative yaitu Yogyakarta – Wonosari – Semanu – Ngeposari – Manukan – Ngrancah – Girisubo – Sadeng – Pantai Krokoh.

 

Jalur yang dilalui dari Yogyakarta hingga Sadeng sudah sangat bagus, namun begitu memasuki wilayah menuju pantai, medan yang dilalui masih buruk.  Perjalanan disarankan ditempuh dengan kendaraan pribadi, karena belum ada kendaraan umum menjangkau hingga wilayah pantai kecuali dengan ojek atau menyewa kendaraan dari Wonosari.

 

Kelebihan Pantai Krokoh

 

Untuk menuju Pantai Krokoh, perjalanan dari arah kota terasa jauh dan lama dengan pemadangan kanan kiri hanyalah sawah atau ladang yang terasa panas dan gersang.  Namun begitu sampai di pantai semua kelelahan terbayar ketika menyaksikan pesona keindahan pantai Gunungkidul yang masih sepi pengunjung ini. Belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini sehingga rasanya seperti pantai privat.

 

Daya tarik dari Pantai Krokoh adalah keindahan pantai dengan butiran pasir yang halus dan bersih. Bibir pantai ini tidak terlalu lebar dengan dihiasi bukit dan tebing yang tinggi di kanan kirinya yang menjorok ke arah laut. Permukaan pantai landai dengan penampakan batu karang pada perairan lautnya yang ditumbuhi oleh rumput laut jenis coklat dan ganggang laut terlihat jelas apabila air laut sedang surut.

 

Pengunjung dapat menikmati suasana santai sembari merasakan semilir angin dengan bermain air di laut ataupun hanya duduk- duduk di tepi pantai bermain pasir. Tebing di kanan kiri pantai sangat tinggi sehingga tidak dapat didaki untuk melihat pemandangan pantai dari atas bukit. Yang terdapat hanyalah lubang- lubang goa untuk tempat hidup kelelawar atau walet.

 

Bila pengunjung datang di sore hari maka akan menemui beberapa nelayan yang datang untuk mencari lobster dan gurita.  Karakteristik pantai yang berbatu karang sangat bagus untuk habitat lobster.

 

Fasilitas Pantai Krokoh

 

Kelengkapan fasilitas sangat penting untuk menunjang kenyamanan wisatawan selama berada di objek wisata. Hal itu sangat diperlukan seperti toilet misalnya, sangat penting untuk memfasilitasi wisatawan untuk membersihkan diri selepas bermain di pantai.

 

Di Pantai Krokoh belum terdapat fasilitas yang cukup memadai. Area parkir masih terbatas, toilet, dan belum banyak warung. Pengunjung disarankan untuk membawa bekal yang cukup agar tidak kesusahan mencari warung bila lapar atau haus.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila mengunjungi pantai terutama di Gunungkidul adalah ombaknya besar maka ketika berenang pengunjung harus tetap waspada untuk tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Kemudian yang terpenting  adalah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di pantai.