Menikmati Sensasi Pantai Pribadi di Pantai Jogan

Pantai adalah salah satu objek wisata andalan Yogyakarta khususnya bila berkunjung ke Gunungkidul. Kabupaten yang terletak di pesisir laut ini memiliki banyak sekali memiliki garis pantai yang indah. Bahkan di dalam satu kawasan wisatawan bisa mengunjungi dua hingga tiga pantai berdekatan dengan karakteristik yang berbeda. Pada jaman dulu sudah terkenal dengan trio pantai andalan Gunungkidul yang letaknya berdekatan sebut saja Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Panti Kukup. Namun sekarang banyak pantai- pantai yang dibuka dan menjadi tren wisata baru kekinian seperti Pantai Dadapan, Pantai Greweng, Pantai Siung, dan Pantai Jogan.

 

Mengenal Pantai Jogan

 

Penduduk sekitar pantai beserta pemerintah daerah patut diberi apresiasi atas kesadaran mereka terhadap pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam. Bagaimana tidak, beberapa pantai yang letaknya masih tersembunyi dan untuk menjangkaunya pun memerlukan usaha ekstra kini banyak yang sudah terkenal dan menjadi daya tarik turis lokal maupun asing. Meskipun belum sempurna namun mereka memperkenalkan keberadaan pantai dengan cara pengemasan yang bagus.

 

Sebagai contoh Pantai Jogan, karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Siung maka pengunjung secara tidak langsung diarahkan untuk mendatangi pantai ini dengan tiket masuk Panti Jogan yang menjadi satu dengan retribusi Pantai Siung hanya seharga Rp 10.000 untuk menikmati tiga pantai. Dengan begitu kebedaraan pantai ini akan lebih cepat dikenal.

 

Lokasi Pantai Jogan

 

Pantai Jogan hanya berjarak kurang lebih 200 meter dari Pantai Siung. Tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Bila pengunjung berangkat dari Yogyakarta lokasinya berjarak 77km dari pusat kota dapat ditempuh selama  kurang lebih 2 jam melewati jalur Ring Road menuju Wonosari kemudian ke arah Tepus lanjut ke Purwodadi.

 

Jalan menuju Pantai Jogan bila ditempuh dari pusat kota Yogyakarta umumnya sudah beraspal bagus. Namun begitu mendekati arah pantai medannya banyak berliku dan berkelok dengan pemandangan bukit karst. Tentu saja merupakan sensasi yang seru bagi penyuka petualang. Sayangnya belum belum ada kendaraan umum yang menjangkau wilayah hingga pantai, sehingga harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

 

Kelebihan Pantai Jogan

 

Pantai Jogan mungkin belum seterkenal tetangganya yaitu Pantai Siung yang sudah menjadi ikon lokasi panjat tebing yang mendunia, pantai ini memang baru dibuka kurang lebih 6 tahunan. Namun demikian keindahan yang ada pada pantai ini tak bisa diremehkan.

 

Pantai Jogan memiliki karakteristik yang unik dibandingkan pantai lain. Di lokasi pantai terdapat air terjun setinggi kurang lebih 12 meter yang airnya mengalir dari sungai dari atas tebing langsung ke bibir laut. Pesona yang digambarkan adalah pemandangan pantai dengan hiasan air terjun yang jatuh di batu- batuan karang yang tinggi pada sisinya.

 

Untuk mencapai pantai dan merasakan sensai air terjunnya pengunjung harus turun ke bawah dengan canyoning atau berjalan kaki melewati jalanan yang sudah disediakan. Sayangnya jalanan untuk turun ke bawah masih sangat sederhana, licin dan curam. Sehingga untuk turun harus lebih lebih waspada dan berhati-hati. Sesampainya di bawah pengunjung perlu waspada lagi dengan banyaknya koloni kepiting transparan penghuni batu karang.

 

Perjuangan untuk mencapai pantai sangat terbayar dengan pesona keindahan pemandangan perpaduan batu karang pantai yang tergenang air laut, suara gemericik air terjun, dan lebih lengkap lagi bila datang di sore hari disempurnakan dengan suasana guratan senja. Pastinya tak ketinggalan bagi para pengunjung untuk mengabadikan momen dan ambil gambar Pantai Jogan Jogya.

 

Fasilitas Pantai Jogan

 

Bila dibandingkan dengan Pantai Siung yang sudah lengkap dengan fasilitasnya, maka tidak begitu dengan Pantai Jogan. Seolah hanya sebagai objek wisata pelengkap saja bagi para pengunjung yang datang ke Pantai Siung, Pantai Jogan belum memiliki fasilitas yang cukup bagus.

 

Namun begitu pengunjung tidak perlu khawatir karena untuk kerluan yang standar seperti parkir, toilet, dan kamar mandi untuk ganti selepas berenang sudah tersedia. Pun demikian bila pengunjung kelaparan sudah tersedia warung dengan jenis jajanan yang sederhana. Nah, bagi pecinta pantai tentu Pantai Jogan tak boleh dilewatkan.