Cobain Ikan-Ikan di Pantai Gesing Yuk!

Saat berada di pantai, kesempatan paling menyenangkan tentu saja ketika bisa membakar ikan segar di pantai. Ikan-ikan yang berasal dari pantai. Namun sayangnya tidak semua pantai memiliki ikan-ikan besar dan banyak. Sehingga untuk memancingnya pun memerlukan waktu. Ketika berhasil memperolehnya Anda bisa merasakan kesegaran ikan tersebut. Hanya dibakar, tanpa menggunakan bumbu, hanya ikan yang dibakar dan bisa menikmati gurihnya ikan-ikan tersebut. Pernahkah Anda mencobanya? Anda bisa mencobanya di Pantai Gesing Yogja .

 

Sekilas tentang Pantai Gesing

 

Pantai Gesing termasuk bagian dari deretan pantai tersembunyi yang ada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai ini memiliki spot favorit khususnya bagi penggemar swafoto yaitu di atas tebing pantai. Ada pula spot jembatan cinta. Biasanya diserbu para remaja dengan pasangannya. Jembatan tersebut terbuat dari kayu. Jangan khawatir karena jembatan ini tidak di atas air. Jembatan ini bisa Anda temuka di atas perbukitan bebatuan ditumbuhi dengan semak belukar.

 

Spot favorit untuk selfie maupun wefie memang berada di jembatan cinta pantai gesing. Ada pula yang berada di jembatan tersebut untuk menikmati panorama alam dan mengambil foto dari angle yang berbeda. Kombinasi birunya laut, tebing-tebing yang ditumbuhi rerumputan, semilir angin dan suara debur ombak memberikan suasana menyenangkan untuk liburan Anda. Tempat ini bisa menjadi alternatif untuk liburan keluarga besar. Apalagi suasana pantai juga cukup sepi seperti berada di private beach.

 

Banyak Ikan

 

Selain bisa menghabiskan waktu untuk berenang atau bermain air dan pasir sepuasnya, Anda juga bisa menikmati ikan di sana. Ikan-ikan di pantai gesing bantul dikenal besar-besar. Bukan hal yang mengejutkan ketika bertemu warga sekitar yang memancing di pantai tersebut. Anda pun juga bisa memancing. Atau jika tidak mau repot  memancing bisa juga membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Anda akan melihat banyak perahu nelayan di bagian sudut pantai. Anda bisa bercengkerama atau mengabadikannya dengan kamera Anda. Sesungguhnya keberadaan perahu-perahu nelayan di tepi pantai memberikan pemandangan yang epik.

 

Dengan harga tiket yang terjangkau Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam yang indah saja. Hingga artikel ini dituliskan, setiap pengunjung dikenakan harga tiket masuk pantai gesing sebesar Rp 5000,- per pengunjung. Tentu saja di luar tiket parkir. Anda tidak akan menyesal. Panorama alam yang menakjubkan. Selain itu Anda juga bisa menikmati ikan laut segar.

 

Anda bisa memancing sendiri atau membeli untuk oleh-oleh atau dinikmati langsung. Misalnya mengadakan pesta bakar ikan di pantai? Namun sebelumnya Anda perlu bertanya kepada pengelola boleh tidaknya membakar ikan di pantai. Apalagi di sekitar pantai juga ada banyak warung maka yang menyediakan berbagai menu ikan laut.

 

Rute Menuju Pantai

 

Mencari lokasi pantai Gesing memang tidak semudah mencari lokasi pantai sadranan maupun pantai sundak yang memang lebih dikenal luas. Sehingga ada banyak petunjuk arah yang diikuti. Tidak demikian dengan Pantai Gesing. Namun bukan berarti tidak bisa dicari. Dari arah Yogyakarta kota, Anda bisa melalui Ring Road Selatan mengambil Jalan Imogiri Timur. Kemudian melewati Kebon Agung lalu Selopamioro selanjutnya ke Panggang. Ketemu pertigaan Panggang silakkan belok ke kiri dan ikuti terus jalan tersebut.

 

Hingga nantinya ketemu dua pertigaan namun Anda lurus saja terus. Hingga ketemu hamparan tanah yang luas di bagian kiri jalan. Sedangkan di bagian kanan terdapat pohon beringin besar. Selanjutnya belok kanan. Lurus saja ketemu  pasar di tanjakan. Ada pertigaan di depannya ambil kanan terus saja. Ketemu pertigaan di bagian tengahnya terdapat pohon beringin besar sedangkan di bagian kiri ada SD. Terus saja masuk kampunng hingga ketemu pertigaann belok kiri. Jika bingung, silakan bertanya kepada warga sekitar.

 

Air Dangkal dan Ombak Kecil

 

Tidak seperti pantai somandeng ketika Anda sudah berada di Gesing Anda bisa melihat bahwa pantai tersebut memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Air di pantai tersebut juga dikenal lebih dangkal dibandingkan pantai lainnya. Namun Anda tetap harus berhati-hati. Berada di Pantai Gesing bisa menjadikan liburan Anda menjadi pengalaman yang menyenangkan dan melupakan kepenatan pikiran walau sejenak.

 

Alamat:  Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul