Butuh Liburan? Ke Pantai Butuh Dong!

Berada di antara pemandangan alam yang mempesona memberikan ketentraman dan betah berlama-lama. Apalagi jika dalam kehidupan sehari-hari selalu bergelut dengan padatnya pekerjaan maupun lalu lintas kota. Melarikan diri sejenak, menjauh dari keramaian dan menikmati waktu sendiri memberikan waktu bagi diri sendiri untuk beristirahat. Beruntung ada banyak tempat wisata yang memberikan kesempatan bagi Anda yang selalu sibuk dengan aktifitas. Salah satunya adalah pantai di Yogja ini. Pantai ini bisa memberikan pemandangan alam maupun debur ombak yang mampu memberikan sensasi relaksasi. Anda perlu mencoba Pantai Butuh dan nikmati keindahannya.

 

Tentang Pantai Butuh

 

Pantai Butuh merupakan bagian dari Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu dari sekian banyak pantai sepi di gunungkidul yang belakangan banyak dicari. Pantai yang sepi belakangan banyak diminati karena sudah padatnya pantai-pantai yang ada. Saking padatnya membuat liburan jadi tidak terlalu nyaman.

 

Bahkan untuk sekedar berlarian bermain ombak pun harus bergantian. Inilah mengapa pantai-pantai yang sepi yang bahkan lokasinya jauh dari keramaian justru banyak dicari. Apalagi setiap pantai tersebut memiliki hal-hal unik yang membedakannya dari pantai lainnya. Hal-hal yang tidak bisa ditemukan di satu sama lain. Termasuk keistimewaan lingkungan di sekitarnya, keramahan warga setempat bahkan budaya setempat semakin menambah kekhasan masing-masing pantai.

 

Bagaimana dengan Pantai Butuh? Pantai ini diapit pegunungan karst. Dimana pohon-pohon di sekitarnya terlihat rimbun dan hijau. Pemandangan ini semakin menawan dengan kombinasi birunya air laut, awan putih diantaranya langit biru dan tentu saja suara debur ombak yang menghantam batu karang. Ditambah pengunjung  pantai yang tidak terlalu banyak membuat liburan di pantai ini semakin menyenangkan. Apalagi harga tiket pantai butuh pun relatif terjangkau. Karena dengan Rp 10.000,- Anda tidak hanya bisa menjelajahi pantai ini saja. Anda juga bisa mengunjungi Pantai Ngedan yang lokasinya tidak jauh dari pantai tersebut. Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan bersenang-senang di pantai.

 

Belum Banyak Fasilitas Umum

 

Belum banyaknya jumlah maupun frekuensi pengunjung di pantai ini membuat fasilitas pantai butuh untuk umum pun tidak banyak. Tetapi Anda masih bisa menemukan kamar mandi, warung makan dan tempat parkir. Namun jangan mencari penginapan mewah. Bahkan penginapan pun nyaris tidak ada. Biasanya pengunjung yang ingin menghabiskan malam di pantai ini memilih untuk camping atau mendirikan tenda.

 

Berbeda jika selama Anda liburan juga mengunjungi pantai lain seperti pantai indrayanti yang memang sudah lebih terkenal. Sehingga ada banyak penginapan di sana. Jadi salah satu cara yang bisa dilakukan adalah Anda menginap sekitar pantai yang sudah banyak pengunjung kemudian bisa memasukkan pantai-pantai sepi di Gunungkidul bagian dari liburan. Anda tinggal menyewa kendaraan yang akan mengantarkan Anda ke pantai-pantai tersebut.

 

Rute ke Pantai Butuh

 

Pernahkah Anda mengunjungi pantai pok tunggal tentu mencari rute pantai tersebut  jauh lebih mudah. Nah, untuk menuju pantai butuh Anda memerlukan waktu dan fisik yang kuat. Pertama perjalanan dimulai dari Kota Jogja menuju Imogiri ke Panggang. Selanjutnya ke Giriwungu sampai perempatan Legundi Girimulyo ke kiri hingga sampai Saptosari terus ke MTS Yappi Jetis ketemu pertigaan setelah Masjid Nurul Huda ambil ke kanan.

 

Sampai di Lapangan Ngloro ketemu pertigaan pertama lalu ke kanan hingga pertigaan Ngejaman Ngondel ke kiri terus saja sampai ketemu SMPN Saptosari dan SDN Negeri Bibis. Ketemu pertigaan ke kanan ada papan petunjuk. Ikuti papan petunjuk tersebut dan Anda sampai di Pantai Butuh. Banyak yang menyarankan untuk menuju pantai ini dengan melakukan tracking dari Pantai Ngeden. Manapun pilihan yang Anda pilih pada akhirnya bisa membuat Anda menikmati keindahan pantai dengan nyaman. 

 

Persiapan yang Dilakukan

 

Saat  akan mengunjungi sebuah pantai baru tidak ada salahnya melakukan persiapan terlebih dahulu. Misalnya ke pantai trenggole atau pantai lain yang jarang dikunjungi wisatawan. Membawa makanan atau minuman sebagai bekal sangat diperlukan. Pemandangan indah tetapi perut lapar atau haus tentu akan merusak mood liburan. Selain itu bawa kantong kresek untuk membawa setiap sampah yang dihasilkan.

 

Rasanya kesel bukan kalau saat mengunjungi tempat wisata kemudian banyak sampah bertebaran. Nah, jangan sampai kita melakukan hal yang sama. Tidak ada salahnya membawa tikar atau semacam alas yang bisa digunakan untuk duduk-duduk selama di Pantai Butuh.

 

Alamat:  Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta