Nikmati Liburan Pribadi di Pantai Bungusan

Gunungkidul memang pantas disebut kabupaten dengan sejuta pesona. Beragam jenis wisata ditawarkan di wilayah ini. Wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukasi adalah beberpa contoh jenis wisata yang sudah dikembangkan sejauh ini. Wisata alam pun masih terbagi menjadi berbagai jenis seperti wisata pantai, wisata goa, wisata sungai bawah tanah, dan wisata sungai. Tujuan terbanyak dari jenis wisata alam memang wisata pantainya karena potensi pantai yang ada di Gunungkidul mencapai ratusan. Banyaknya titik pantai tersebut dikarenakan wilayah Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Salah satunya adalah pantai Bungusan.

 

Mengenal Pantai Bungusan

 

Panjang garis pantai di Gunungkidul membentang sejauh 65km tersebar dari Kecamatan Girisubo hingga Kecamatan Purwodadi. Sejauh itu pula banyak terdapat bibir pantai hingga berjumlah 112 titik lokasi. Sayangnya belum semua pantai memiliki akses yang bagus untuk menuju kesana. Melihat potensi tersebut pemkab ataupun masyarakat setempat terus berusaha meningkatkan perbaikan fasilitas umum di pantai- pantai tersebut pun membuka dan mempromosikan pantai baru yang belum banyak dikunjungi wisatawan.

 

Pantai Bungusan adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang belum booming menjadi objek wisata. Pantai ini masih sedikit diketahui keberadaannya bagi orang awam. Kontur pantai yang merupakan tebing langsung ke pinggiran laut mungkin dirasa cukup berbahaya bagi pengunjung. Padahal keindahan pantai ini patut dinikmati terutama bagi penyuka petualangan dan pecinta alam yang ingin mengeskplorasi tempat- tempat baru untuk ditaklukkan.

 

Pantai Bungusan sering juga disebut Pantai Bongosan oleh warga sekitar.  Adapun cerita yang melatarbelakangi pemberian nama Bongosan adalah suara angin bersama ombak yang besar menghantam dinding tebing hingga menimbulkan bunyi ‘wuoss’ yang sangat nyaring.  Oleh karena itu penduduk setempat menyebut pantai ini Bungusan atau Bongosan.

 

Lokasi Pantai Bungusan

 

Pantai Bungusan terletak di ujung timur Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Sadeng. Rute yang dapat dilalui menuju pantai adalah dengan melewati jalur utama Yogya- Imogiri menuju Kecamatan Girisubo. Kondisi jalanan utama menuju pantai sudah memadai namun perlu diperhatikan kondisi kendaraan yang digunakan haruslah baik.

 

Kelebihan Pantai Bungusan

 

Pesona Pantai Bungusan tidak seperti pantai pada umumnya yang mempunyai garis pantai pasir yang landai. Pantai ini memiliki karakteristik berupa tebing- tebing karang yang langsung berbatasan dengan laut yang disebut dengan Tebing Bungusan sesuai dengan nama pantainya. Namun begitu pengunjung tetap dapat menikmati keindahan laut dengan menyusuri tebing yang landai. Jika pengunjung datang pada sore hari maka akan mendapati suasana senja hingga terbenamnya matahari dengan duduk- duduk di batuan karang pinggir laut.

 

Penduduk setempat sudah membangun jalan cor dan anak tangga untuk menuju tebing kemudian menuruninya menuju bibir laut. Pantai ini merupakan spot yang bagus untuk mancing atau disebut rock fishing.  Banyak club mancing yang datang ke pantai untuk menyalurkan hobi mereka memancing di laut dari ketinggian tebing sekitar 30-50 meter. Di lokasi bahkan terdapat semacam pondokan yang menurut cerita dibangun oleh salah club mancing untuk tempat berteduh maupun sebagai tempat melepas lelah.

 

Keunikan yang paling khas yang dapat dinikmati adalah seringnya terdengar suara nyaring dari ombak yang besar dan hempasan angin membentur dinding tebing. Suara tersebut yang menjadi alasan pantai ini disebut Bungusan. Sebuah fenomena yang jarang ditemui jika pengunjung mendatangi pantai- pantai lain yang landau dan berpasir.

 

Fasilitas Pantai Bungusan

 

Kelengkapan fasilitas umum di suatu tempat wisata tentunya sangat diperlukan untuk menjamin kenyamanan para pengunjung.  Fasilitas di pantai ini terbatas pada jalanan menuju pantai yang sudah di cord an terdapat pondokan untuk beristirahat.  Ke depan diharapkan fasilitasnya dapat lebih ditingkatkan.

 

Hendaknya bila berwisata menuju pantai yang masih sepi pengunjung perlu mempersiapkan segala perbekalan yang sekiranya dibutuhkan seperti makanan, minuman, peralatan pribadi, dll. Hal itu sangat penting untuk mempersiapkan diri dari fasilitas yang belum lengkap.  Selain perbekalan pengunjung juga harus memperhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan menuju lokasi wisata. Masih penasaran dengan pantai yang tersembunyi? Maka perlu menjelajah ke Pantai KrokohPantai Pesewan, dan Pantai Nampu.