Keunikan Pantai Brumbun

Gunungkidul terus mengembangkan potensi alam yang dimilikinya untuk dimaksimalkan menjadi destinasi wisata baru.  Banyaknya pilihan destinasi wisata tentunya merupakan nilai positif yang membuat para pengunjung akan datang ke wilayah tersebut tidak cukup hanya dengan satu atau dua kali kunjungan.  Keunikan topografi dengan memiliki garis pantai yang sangat panjang serta merupakan wilayah yang dilewati rangkaian perbukitan karst Gunung Sewu membuat kabupaten ini kaya akan jenis wisata pantai, goa, sungai bawah tanah, dll. Salah satunya adalah Pantai Brumbun.

 

Mengenal Pantai Brumbun

 

Tak heran pantai adalah merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Gunungkidul. Bagaimana tidak, wilayah ini memiliki panjang garis pantai hingga 65km karena berbatasan langsung dengan Laut Selatan. Jumlah pantai yang terdapat di kabupaten ini mencapai 110 titik. Sungguh potensial bila semuanya dikelola dengan baik dan bisa dimaksimalkan menjadi daya tarik wisatawan.

 

Banyak pantai yang sudah terkenal di telinga wisatawan seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, Pantai Nglambor, Pantai Sadeng, dll. Namun banyak pula yang masih belum banyak dikenal. Beberapa yang belum banyak dikunjungi oleh para pengunjung antara lain Pantai Ngusalan, Pantai Gander, Pantai Brumbun, dll. Pantai- pantai tersebut belum banyak dikunjungi wisatawan karena belum banyak review mengenai pantai tersebut ataupun belum memiliki fasilitas yang lengkap.

 

Pantai Brumbun merupakan salah satu pantai yang berada di dekat kawasan Pantai Sadeng. Jarak dari pantai Sadeng ke Pantai Brumbun hanya sekitar 3,5km. Namun begitu akses menuju pantai masih berupa jalan seadanya. Dari lokasi parkir terdekat pengunjung harus berjalan kaki melewati ladang, batuan karang, dan ilalang untuk menuju lokasi pantai.

 

Lokasi Pantai Brumbun

 

Pantai Brumbun berada di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidu. Rute Pantai Brumbun dapat ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta menuju Wonosari melalui Ringroad selatan melewati Imogiri.  Waktu yang ditempuh untuk menuju ke lokasi pantai dari pusat kota Yogyakarta sekitar 2,5 jam perjalanan. Pantai ini dekat dengan Pantai Sadeng. Akses jalan utama menuju Pantai Sadeng sudah bagus, namun menuju Pantai Mbrumbun jalanan masih seadanya dan memerlukan tenaga ekstra.

 

Kelebihan Pantai Brumbun

 

Pesona yang ditawarkan Pantai Brumbun Gunungkidul adalah keindahan suasana pantai yang masih sepi pengunjung. Pantai ini memiliki karakteristik pasir yang putih dan bersih dan landai. Hamparan pasir putih yang mungkin hanya sepanjang satu kilometer dikelilingi oleh tebing dengan batuan putih berukuran raksasa dan pohon rindang sungguh suatu pemandangan yang sangat memanjakan mata.  Pengunjung dapat berenang ataupun bermain pasir di pantai ditemani suara deburan ombak pantai Selatan yang serasa milik pribadi.

 

Selain puas berenang di laut pengunjung dapat menyusuri pantai yang dilandasi cekungan batuan karang kemudian terisi air laut dan ikan- ikan kecil di dalamnya. Kemudian berjalan lagi menyusuri pantai dan melihat semacam terowongan di tebing pinggi pantainya. Batuan karang yang besar- besar merupakan pemandangan di sekiling pantai ini. Terdapat pula satu batu karang besar yang terletak agak menjorok di tengah laut.

 

Setelah puas menikmati pantai pengunjung dapat menikmati suasana senja yang sangat indah dengan kesunyian pantai yang hanya ditemani suara burung- burung yang bertempat tinggal di tebing sekitar pantai. Bagi penyuka petualangan dan berjiwa pecinta alam, tentunya pantai ini sangat cocok untuk menambah pengalaman dalam menjelajah pantai- pantai tersembunyi.

 

Fasilitas Pantai Brumbun

 

Kelengkapan fasilitas penunjang di suatu objek wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan para pengunjung.  Fasilitas umum yang terdapat di lokasi Pantai Brumbun belum cukup memadai.

 

Hendaknya bila berwisata menuju pantai yang masih sepi pengunjung perlu mempersiapkan segala perbekalan yang sekiranya dibutuhkan seperti makanan, minuman, peralatan pribadi, dll. Hal itu sangat penting untuk mempersiapkan diri dari fasilitas yang belum lengkap.

 

Selain perbekalan pengunjung juga harus memperhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan menuju lokasi wisata.  Sebaiknya menggunakan armada yang fit dan dipersiapkan peralatan emergency seperti dongkrak atau ban serep untuk menghadapi kendala yang bisa saja menghalangi perjalanan akibat jalanan yang masih buruk menuju objek wisata yang baru. Siap ke berlibur ke pantai Brumbun?