Pantai Baronan Tawarkan Pesona Pantai Pribadi

Wisata pantai menjadi ikon andalan tujuan pariwisata Gunungkidul. Bagaimana tidak, kabupaten ini memiliki lebih dari 100 lokasi pantai yang membentang dari barat berbatasan dengan Bantul hingga timur berbatasan dengan Wonogiri. Dari kesekian pantai tersebut beberapa sudah dikenal menjadi tempat wisata sejak dulu seperti Pantai Baron, Pantai Krakal, dan Pantai Kukup. Setelahnya pemerintah dan warga lokal mulai membuka pantai lainuntuk objek wisata seperti Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor, dll. Hingga kini masih banyak pantai yang belum ramai dikunjungi karena terbilang paling baru dibukanya seperti Pantai Mbrumbun, Pantai Bungusan, Pantai Sadeng, Pantai Baronan Gunungkidul.

Mengenal Pantai Baronan

Gunungkidul sangat diuntungkan dengan bentuk topografinya yang berada di pesisir pantai selatan. Hal itu membuat daerah ini memiliki banyak garis pantai yang landai dengan bermacam-macam perbedaan warna pasir dan karakteristik bibir pantai. Banyaknya lokasi pantai yang masih tersembunyi tersebut terus dieksplor keberadaannya untuk dibuka akses jalan menuju pantai, pengelolaannya pun masih banyak yang dilakukan oleh warga sekitar. Salah satunya adalah Pantai Baronan.

 

Pantai Baronan adalah sebuah pantai yang berbentuk cekungan sempit diapit tebing di kanan kirinya. Pasir pantai baronan berwarna kekuningan dengan terdapat dua karang besar di bibir pantai. Pantai ini merupakan tempat untuk para nelayan menyandarkan perahunya setelah pulang dari melaut untuk mencari ikan. Biasanya pinggir pantai dipenuhi oleh perahu nelayan yang parkir bila siang hari.

Lokasi Pantai Baronan

Pantai Baronan tidaklah sama dengan pantai Baron. Lokasi Pantai Baronan berada di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.Rute Pantai Baronan dapat ditempuh dari Yogyakarta melalui jalan utama menuju Wonosari kemudian menuju desa Songbanyu di Girisubo.Waktu yang diperlukan untuk menuju pantai dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih memakan waktu 2 jam 30 menit.

 

Wisatawan dapat mengandalkan Google Maps untuk memudahkan perjalanan. Akses menuju ke pantai bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi motor atau mobil. Bila menggunakan kendaraan umum maka pengunjung harus menuju ke terminal Wonosari kemudian menyambung dengan ojek atau sewa kendaraan menuju desa Songbanyu.

Kelebihan Pantai Baronan

Hal yang menjadi daya tarik sebuah pantai adalah biasanya pesona keindahan lanskap nya yang merupakan kesatu-paduan dari luasnya hamparan pasir, warna pasir, ketenangan ombak, danpemandangan sekililing pantai.Demikian pula dengan Pantai Baronan.Panorama pantai yang diapit oleh dua tebing yang hijau menawarkan pemandangan bak oase ditengah bukit. Tidak mengherankan bila pantai ini ditawarkan dalam paket liburan Jogja oleh para agen wisata.

 

Pantai Baronan masih tergolong sepi pengunjung, namun justru kesunyian itulah hal yang sangat berharga.Pengunjung dapat melihat pemandangan pantai dari ketinggian dengan mendaki dari sisi tebing dengan leluasa serasa pantai pribadi. Di sekitar pantai terdapat karang- karang dengan bentuk lumayan besar dan ada yang terkenal dengan nama Watu Centingan.

 

Di pantai pengunjung dapat melalukan aktifitas berenang, main air, jalan- jalan di sekitar pantai, maupun hanya duduk- duduk untuk menikmati semilir angin dan bermain pasir. Setelah puas bermain air pengunjung dapat beristirahat sambil menikmati makanan seafood segar yang disediakan oleh warung- warung di sekitarnya. Hasil lautnya sangat segar karena merupakan hasil tangkapan nelayan yang berada di wilayah tersebut. Bila pengunjung ingin membawa pulang ikan segar dapat membelinya di Tempat Pelalangan Ikan di lokasi pantai.

Fasilitas Pantai Baronan

Kelengkapan sarana penunjang di suatu lokasi wisata sangat mendukung keberlangsungan objek wisata itu sendiri. Bila fasilitas lengkap maka pengunjung akan merasa nyaman dan betah selama berwisata. Pantai Baronan sudah memiliki kelengkapan fasilitas yang cukup meskipun masih sepi pengunjung.Pantai ini sudah menyediakan areal parkir yang luas, mushola, toilet, tempat istrahat, warung makan, bahkan penginapan.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan bila mengunjungi pantai terutama di Gunungkidul adalah ketika berenang pengunjung harus tetap waspada untuk tidak terlalu jauh dari bibir pantai, mengingat ombak pantai selatan yang besar.Kemudian para pengunjung harus menaati peraturan yang ada di wilayah objek wisata seperti tidak merusak fasilitas umum, tidak merusak properti alam seperti mencoret bebatuan, yang terakhir adalah menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di pantai.