Uniknya Air Terjun di Pantai Banyunibo Gunungkidul

Wisata alam seperti pantai dan air terjun selalu memberikan sensasi liburan yang menyenangkan. Interaksi dengan air ketika kulit bertemu dengan air memberikan perasaan bahagia. Tidak heran kedua wisata alam tersebut selalu ramai pengunjung. Lalu bagaimana jika dua wisata alam tersebut bergabung menjadi satu? Air terjun yang ada di pantai? Tentu akan menarik rasa penasaran setiap pengunjung. Nah, Anda bisa mengunjungi Pantai Banyunibo dalam paket liburan Jogja anda jika penasaran bagaimana penampakannya.

 

Tentang Pantai Banyunibo

 

Pantai Banyunibo bisa ditemui di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini tidak jarang disamakan dengan Pantai Banyutibo yang berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kedua pantai ini memiliki nama yang hampir sama hanya berbeda antara nibo dan tibo saja. Selain itu panorama yang ditawarkan pun sama yaitu air terjun dan pantai. Namun tentu saja keduanya memiliki keunikan masing-masing yang menjadi ciri khas dan keunggulannya.

 

Jadi jangan sampai salah. Jika ingin mengunjungi Banyunibo di Gunungkidul sedangkan Banyutibo di Pacitan. Nibo sendiri berarti jatuh dan bisa dipahami sebagai air yang jatuh atau air terjun. Pantai ini memang belum terlalu populer dan belum terlalu banyak orang yang mengunjunginya karena memang belum mengetahui dimana lokasinya. Apalagi lokasinya memang jauh dari jalan utama. Meskipun demikian ada banyak wisatawan yang penasaran dengan keindahan air terjun Banyunibo di Jogja ini.

 

Perjalanan Menantang ke Banyunibo

 

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi pantai Banyunibo Gunungkidul perlu diketahui terlebih dahulu bahwasanya medan menuju pantai ini lumayan berat. Tidak seperti pantai-pantai populer Gunungkidul yang jaraknya tidak terlalu jauh dari jalan utama namun pantai ini benar-benar membutuhkan fisik yang kuat.

 

Tentu saja pertama harus mengandalkan kendaraan yang digunakan. Dari arah Yogyakarta sekitar 80 km sehingga membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam perjalanan. Untuk menemukan lokasinya, Anda tinggal mengukuti rute menuju Pantai Siung. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Siung. Setidaknya satu jalur dengan pantai yang lebih dikenal masyarakat luas ini.

 

Ada dua rute yang bisa dipilih. Rute pertama dari arah Yogyakarta menuju Piyungan ke Patuk dan Gading. Selanjutnya Anda menuju Wonosari ke Semanu dan Girisubo lalu ke Winangun sampai di Pantai Siung. Sedangkan rute kedua setelah sampai di Wonosari Anda bisa menuju Jalan Baron ke Tepus lalu Purwodadi ke Winangun dan sampai Pantai Siung.

 

Perjuangan menantang menanti setelah Anda berada di Siung. Anda harus berjalan kaki setidaknya dua km perjalanan melewati medan berbukit dan cukup melelahkan. Jika Anda tidak terlalu banyak beristirahat mungkin dalam setengah jam bisa sampai di lokasi.

 

Jadi pastikan alas kaki yang digunakan bersahabat dengan medan jalanan yang sulit. Rute yang dilalui memang berbeda saat menuju pantai Widodaren namun rasa puas akan diperole ketika berhasil menaklukkan medan jalanan tersebut.

 

Menggunakan Tangga untuk Turun ke Bawah

 

Berbeda dengan pantai Manguntur dimana medan jalanan yang dilalui tidaklah terlalu berat. Ketika sampai di tujuan pun Anda akan bertemu dengan sebuah tangga untuk turun ke pantai. Pantainya sendiri cukup kecil namun keunikannya terletak pada air terjun dimana airnya mengalir ke pantai yang berada di bawah. Saat menuruni tangga maupun batu yang Anda, sebaiknya Anda berhati-hati karena cukup licin. Jika sedang banyak pengunjung sebaiknya sabar menunggu giliran dan jangan sampai berebutan.

 

Ingat Perbekalan

 

Menuju pantai-pantai yang belum populer seperti pantai Manukan maupun Banyunibo ini memiliki tantangan sendiri. Tantangan menaklukkan rasa malas dan takut mencoba hal baru. Jika ternyata medan yang dilalui cukup berat tentu saja tantangan untuk menaklukkan medan tersebut. Jadi persiapa mental dan fisik diperlukan. Selain itu tentu saja perbekalan makanan dan minuman.

 

Lokasi yang berat sudah pasti membutuhkan energi yang tepat. Karena di lokasi, Anda tidak akan menemukan warung makan dan minuman yang menyediakan banyak makanan pilihan. Keuntungan mengunjungi wisata alam yang menantang adalah tidak hanya menikmati pemandangan alam saja tetapi juga melakukan aktifitas fisik yang baik untuk kesehatan. Sehingga mengunjungi Pantai Banyunibo bisa menjadi liburan alternatif yang memberikan pengalaman baru.