Spot Terbaik untuk Memancing di Tebing Laut Bekah

Tempat wisata yang unik dan menarik biasanya mampu mencuri perhatian. Apalagi keunikannya tersebut jarang ditemui di tempat lain. Keunikan yang memberikan spot atau angle menarik untuk fotografi. Ataupun spot menarik untuk bisa memperoleh pemandangan laut dari berbagai angle menarik. Pantai termasuk tempat yang disukai untuk dikunjungi. Meskipun tempanya susah dijangkau pun tetap saja banyak dicari. Gunung Kidul tempat banyak pantai tersebut ditemukan. Melalui berbagai keunikannya membuat pantai-pantai tersebut langsung mencuri perhatian. Salah satunya yaitu Tebing Laut Bekah. 

Sekilas Tentang Tebing Laut Bekah

Tebing laut bekah berada di perbatasan Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul. Tepatnya berada di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari. Tidak jauh dari jalur lintas selatan yang berada di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Tebing ini memang  belum terlalu banyak dikenal. Jadi jangan terlalu heran ketika bertanya kepada beberapa orang kemudian mereka bingung dimana letak tempat wisata yang memiliki keunikan dengan tebing dan perbukitannya.

 

Tempat terbaik untuk merenung dan mencari inspirasi dengan pemandangan laut lepas dan suara debur ombak. Jika Anda penggemar wisata pantai dan suka bermain-main air di sekitarnya maka pantai bekah gunungkidul ini tidak cocok bagi Anda. Pasalnya perbukitan dan tebing yang curam mendominasi Laut Bekah ini. Bahkan kecuraman laut ini hingga 180 derajat. Tetapi bisa menjadi tempat untuk menyepi dan mencari foto-foto dengan angle terbaik.

Banyak Hewan Laut Terlihat

Keunggulan lain yang dimiliki laut bekah wonosari adalah keberadaan hewan-hewan laut yang jarang terlihat di pantai lain. Bisa jadi karena lokasinya yang berbeda dengan pantai lain di Gunung Kidul sehingga banyak hewan laut yang terlihat. Konon menurut warga sekitar adakalanya terlihat juga segerombolan paus atau hiu bahkan lumba-lumba di tempat tersebut. Hanya saja kesempatan ini memang tidak selalu bisa dialami setiap pengunjung. Menurut warga waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah saat pagi atau sore hari. Namun tentu saja tidak selalu bisa melihatnya jadi jangan terlalu berharap banyak saat berada di tempat ini.

Ikan, Kura-Kura dan Matahari Terbenam

Saat berada di pantai nglimun maupun pantai lainnya biasanya memiliki karakteristik yang membuatnya menarik. Misalnya kaya dengan ikan maupun pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Bisa juga banyak dikunjungi karena sering terlihat kura-kura. Kura-kura yang sedang mencari makan atau sedang berjalan kesana kesini di seputaran tebing karang seperti yang banyak terlihat di Tebing Laut Bekah. Selain itu ada banyak ikan di lokasi ini. Jadi jangan heran jika sering berpapasan dengan orang-orang yang memancing di sini. Apalagi di akhir pekan, para pengunjung yang memancing bisa berkali-kali lipat jumlahnya. Banyak spot memancing di lokasi ini.

 

Selain tempat favorit memancing, orang-orang yang mengunjungi pantai jugala maupun pantai lain biasanya akan penasaran bagaimana pemandangan matahari terbit maupun terbenam di lokasi tersebut. Ada beberapa tipe orang yang mencari pantai karena pemandangan tersebut. Bisa jadi memang penggemar sunset dan sunrise, bisa jadi karena penggemar fotografi sehingga selalu mencari angle terbaik.

 

Nah, Laut Bekah ini pun memiliki pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang sayang apabila dilewatkan. Ditambah dengan latar belakang laut lepas tentu memberikan angle menarik dan memukau setiap mata memandang. Apalagi ombak selalu datang dan pergi bergumuruh memecah keheningan setiap kali bertemu dengan tebing yang kokoh. Air laut pun membuncah, memecah dan memberikan pemandangan epik dengan gurat senja di langit.

Cara Menuju ke Tebing

Sebagaimana pantai ngeden yang memang belum banyak diketahui, membuat tebing ini pun banyak dicari. Lokasinya cukup tersembunyi ditambah dengan rute yang tidak mudah untuk dilewati. Bagi penggemar petualangan tempat ini bisa membuat penasaran. Karena setelah melalui rute panjang dengan jalan bergelombang dan menantang kemudian melihat tempat ini membuat semua lelah perjalanan pun terbayarkan.

 

Sekitar 60 km dari arah Kota Jogja, dengan jalan didominasi con blok dan tanah berbatu. Sangat licin saat musim penghujan. Cara terbaik menuju lokasi adalah banyak bertanya pada warga sekitar. Bisa juga mencari tahu di kalangan komunitas memancing karena Laut Bekah memilki spot terbaik untuk memancing.

Alamat:  Desa giripurwo, Purwosari, Gunungkidul