Landasan Pacu Pantai Depok Spot Foto Prewedding Unik

Suatu tempat menjadi cepat sekali tenar atau viral bila lokasi tersebut memiliki keunikan yang beda dengan tempat pada umumnya. Terlebih bila yang mengunggah foto tersebut adalah selebgram pastilah banyak pengikutnya yang kemudian beramai-ramai mengunjungi lokasi tersebut. Bahkan kini pengelola wisata pun berinisiatif dengan sengaja membuat background yang lucu-lucu untuk menarik pengunjung ke tempat tersebut. Salah satu daerah yang banyak sekali tempat foto kekinian itu adalah Yogya. Banyak tempat wisata baru bermunculan karena adanya spot-spot foto tersebut. Tak hanya demi kepentingan medsos namun banyak pula yang berkunjung untuk melakukan sesi foto prewedding. Salah satunya di Landasan Pacu Pantai Depok.

 

Mengenal Landasan Pacu Pantai Depok

 

Kawasan Pantai Depok merupakan salah satu pantai yang berada dekat dengan pusat Kota Yogya.Waktu yang singkat untuk menuju lokasi kawasan pantai membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan di hari biasa maupun libur. Selain bermain ke pantai biasanya pengunjung sekalian bereksplorasi untuk menjelajah tempat-tempat baru di kawasan Depok. Ternyata memang ada satu tempat yang sangat asyik untuk dikunjungi yaitu landasan pacu pantai Depok.

 

Sejarah Landasan Pacu Pantai Depok merupakan runaway yang digunakan untuk kegiatan Aeromodeling. Landasan ini memiliki panjang 800meter dan lebar 12 meter berupa jalanan lurus lengkap degan marka jalan dan berlokasi tepat di pinggi Pantai Depok.Tempat ini menjadi begitu istimewa karena tampilan landasan yang dihiasi dengan pohon cemara udang di sisi kanan kiri jalan. Rencananya air strip ini akan diperpanjang dan diperluas lagi hingga lebarnya 20 meter dan panjangnya 1.2 km.

 

Landasan Pacu Depok dengan panjang runway yang pendek maka sangat sedikit pesawat yang bisa latihan disini. Oleh sebab itu tempat ini jarang digunakan untuk latihan. Justru tempat ini tenar sebagai lokasi untuk hunting foto dan nongkrong di kalangan anak muda Jogja.

 

Lokasi Landasan Pacu Depok

 

Landasan Pacu ini berada di Jalan Pantai Depok, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogya dapat ditempuh selama sekitar 90 menit menggunakan kendaraan pribadi. Rute yang dapat diambil dari pusat kota Yogya adalah: kota-Jl. Parangtritis-jembatan Kreteg-Pantai Depok. Landasan ini berada di area Pantai Depok. Akses jalanan menuju ke lokasi sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Landasan Pacu Depok

 

Pesona yang ditawarkan di landasan pacu adalah menikmati suasana ala penerbangan namun dengan pemandangan pinggir pantai degan berhiaskan pohon cemara yang rindang. Lokasi ini sering dijadikan para pengunjung untuk bereksplorasi bagi yang memiliki hobi fotografi hingga yang memang bertujuan untuk foto pre- wedding. Tiket masuk landasan pacu Depok sangat murah, hanya dengan membayar Rp 5.000,00 pengunjung sudah bisa melihat runway ini.

 

Aktivitas yang bisa dilakukan di landasan pacu adalah duduk-duduk atau nongkrong sembari bercengkerama dengan sahabat atau keluarga dan menikmati suasana sore yang sejuk oleh semilir angina. Bila pengunjung datang di siang hari berada landasan ini akan terasa sangat panas dan terik.Landasan ini dibuka untuk umum karena memang jarang digunakan untuk latihan pesawat.

 

Sebenarnya ada agenda lain yang bisa dinikmati di landasan pacu Depok. Setiap tahun Lanud Adisucipto menyelenggarakan acara kedirgantaraan atau yang sering disebut dengan Jogja Air Show yang berlokasi di lokasi ini. Pada event tersebut banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan demo-demo penerbangan. Oleh sebab itu landasan ini merupakan infrastuktur yang patut dikembangkan untuk lebih menarik pengunjung agar datang ke tempat ini.

 

Fasilitas Landasan Pacu

 

Landasan Pacu Depok ini berada di kawasan Pantai Depok sehingga pengunjung dapat mendatangi area pantai untuk mengakses fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan yang terkenal adalah jejeran warung makan yang terkenal dengan beragam jenis seafood dan masih sangat fresh. Tak perlu khawatir dengan harga karena harganya masih sangat terjangkau.

 

Puas menjelajah Pantai Depok dan berfoto- foto di Landasan Pacu? Maka perlu dicoba untuk berselfie-selfie di tempat yang instagramable lainnya seperti Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan, dan Pantai Parang Kusumo.