Kunjungi Rumah Nyi Roro Kidul di Pasenggrahan Parang Kusumo

Berkunjung ke Yogya tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi pantai- pantainya. Kota yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia ini memang memiliki garis pantai yang panjang. Keindahan panorama pantainya memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Terlebih pantai- pantai tersebut merupakan pantai laut Selatan yang syarat dengan cerita yang sudah melegenda dengan kisah Nyai Roro Kidul. Seakan cerita mistis itulah yang menjadi magnet para wisatawan untuk datang keobjek wisata pantai selatan seperti Watu Cantheng, Batu Songkamal, dan Watu Gilang di Parang Kusumo.

 

Mengenal Pesanggrahan Parang Kusumo

 

Parang Kusumo adalah salah satu pantai di wilayah selatan Yogya terkenal dengan adanya Pasenggrahan Parang Kusumo yang dikeramatkan warga Yogya. Pasalnya di pantai ini dipercaya sebagai pintu masuk menuju kerajaan Laut Selatan yang dimiliki oleh Nyi Roro Kidul. Pasenggrahan itu sendiri sering disebut dengan makam Parang Kusumo meskipun sebenarnya yang berada di lokasi itu adalah batu yang merupakan tempat petilasan semedi Panembahan Senopati.

 

Diceritakan pada jaman dahulu Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya bersemedi di lokasi Pantai Parang Kusumo di atasWatu Gilang namun kemudian berpindah ke Watu Sengker yang berukuran lebih kecil. Pertapaan tersebut membuat kericuhan di wilayah laut dengan bergolaknya ombak da nisi laut yang menggemparkan kerjaan Laut Kidul. Karena itulah Nyi Roro Kidul menemui Panembahan Senopati di Watu Sengker untuk membuat perjanjian.

 

Kesepakatan antara Panembahan Senopati dan Nyi Roro Kidul adalah bahwa Nyi Roro Kidul mau membantu untuk menjadikan Panembahan Senopati sebagai Raja Mataram beserta keturunannya. Kini lokasi pertapaan tersebut dikenal dengan kawasan Cepuri yang dipagar beton keliling. Setiap tahun secara turun- temurun dilaksanakan ritual Parang Kusumo yang berawal dari Cepuri oleh Keraton Yogyakarta.

 

Lokasi Pesanggrahan Parang Kusumo

 

Pesanggrahan Parang Kusumo terletak di kawasan Pantai Parang Kusumo terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Dari pusat Kota Yogya berjarak 30km ke arah selatan. Untuk menuju lokasi pantai dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Akses jalanan menuju pantai sudah sangat bagus, pantai ini bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Bila pengunjung mengalami kesulitan menemukan lokasi maka bisa mengandalkan bantuan GoogleMaps.

 

Keunikan Pesanggrahan Parang Kusumo

 

Pesona yang dapat dilihat di Pesanggrahan adalah menyaksikan larungan Parang Kusumo yang diadakan tiap tahun oleh keluarga Keraton Yogya. Agenda ini biasanya diadakan pada saat awal bulan Ruwah kalender JawaUpacara ini sangat penting bagi keraton karena nilai historis yang membuat Keraton memiliki hubungan spiritual dengan Laut Selatan.

 

Pada prosesi Larungan ada rangkaian acara berupa mengubur benda pribadi miliki Sultan seperti rambut, potongan kuku, atau kain jarik di kawasan Cepuri. Larungan dimulai dengan pembacaan doa di kawasan Cepuri lengkap dengan pembawaan sesajen berupa hasil bumi dan beraneka jenis makanan untuk kemudian dilarung di laut. Para masyarakat biasanya berebut untuk mengambil benda- benda atau makanan setelah dilarung dengan kepercayaan mendapat berkahnya.

 

Selain menyaksikan ritual Labuhan, banyak para pengunjung yang datang ke Cepuri untuk berziarah dan berdoa kepada Tuhan. Kawasan ini semerbak bau wangi dupa dan bunga- bunga setaman untuk sesajen yang sering dibawa oleh pengunjung. Konon bila berdoa di kawasan tersebut segala hajat akan cepat dikabulkan. Untuk memasuki kawasan Cepuri pengunjung harus mematuhi peraturan yang ada. Pengunjung harus melepas alas kaki bila ziarah ke dalam Cepuri, kemudian tidak membuat gaduh di kawasan tersebut.

 

Selain berziarah, wisatawan juga dapat menikmati keindahan fisik pantai yang sangat spektakuler pada saat sunset. Untuk menyusuri pantai sudah tersedia kereta kuda yang siap mengantar pengunjung keliling pantai sembari melihat pemandangan atau menyeberang ke Pantai Parangtritis.

 

Fasilitas di Pantai Parang Kusumo

 

Fasilitas yang ada di kawasan Pesanggrahan Parang Kusumo sudah sangat lengkap. Beberapa diantaranya adalah toilet, mushola, warung makan, took souvenir, kereta kuda, dan penginapan. Biaya tiket masuk di Pantai Parang Kusumo sebesar Rp. 5000,00. Biaya untuk naik dokar keliling pantai sekitar Rp 20.000,00.