5 Aktivitas Seru Yang Bisa Kamu Lakukan di Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Ingin pergi kemanakah di akhir pekan ini? Ingin menikmati hawa segar yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan? Tentu saja bisa. Di Kulon Progo terdapat sebuah lokasi yang cocok untuk mengisi waktu libur dengan suasana yang masih segar dan alami.  Di sini pengunjung serasa lepas dari segala kepadatan kota, tempat itu adalah Kebun Teh Nglinggo.

 

Lokasi Kebun Teh Nglinggo

 

Wisata Kulon Progo ini berada di Dusun Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Dari pusat kota Jogja berada sejauh 36 km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan.  Rute yang dapat ditempuh untuk menuju lokasi adalah melalui Jalan Godean menuju arah Kulon Progo hingga melewati Jembatan Kali Progo.  Dari lampu merah setelah jembatan belok kanan hingga Dekso  kemudian ke kiri  sampai ke Pasar Plono.  Dari pasar tersebut akan ada petunjuk menuju kebun teh.

 

Akses jalanan menuju lokasi sudah bagus, namun pengunjung hanya dapat menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa.

 

Desa Wisata Nglinggo

 

Pengunjung terkadang salah mengira bahwa lokasi ini sama dengan kebun teh Bantul. Kebun teh di Kulon Progo ini dikenal juga dengan kebun teh Samigaluh karena berada di Kecamatan Samigaluh. Kebun ini dekat dengan kawasan Desa Wisata Nglinggo yang juga mengunggulkan panorama alamnya untuk dijadikan objek wisata, termasuk kunjungan ke kebun ini.

 

Kebun ini milik perusahaan perkebunan teh PT Pagilaran dan kebun ini merupakan kebun percontohan dan hanya ada satu ini di area Jogja. Keindahan alamnya yang indah membuat kebun ini banyak dikunjungi oleh wisatawan hingga luar kota hanya untuk menikmati segarnya udara pegunungan yang ada di sekitar kawasan ini.

 

Aktivitas di Kebun Nglinggo

 

Bila pengunjung di Taman Sungai Mudal bisa menikmati alam dengan aktivitas di kolam alaminya, bagaimana dengan di Kebun Teh Nglinggo? Apakah sama dengan di Puncak Soroloyo? Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di Kebun Teh Nglinggo antara lain:

 

Gardu Pandang dan Sunset

 

Spot yang harus didatangi ketika mengunjungi kebun ini adalah menaiki gardu pandang.  Kebun yang berada di ketinggian 800 mdpl ini tentu memiliki pemandangan yang masih hijau dan alami. Bila pengunjung menaiki gardu pandang maka akan terlihat pemandangan spektakuler dari sekitarnya berupa tanaman teh yang ditata berundak- undak rapi dan pegunungan Menoreh.

 

Bila waktu sore tiba, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam di antara pegunungann dan hijaunya perbukitan. Perpaduan cahaya jingga, biru, dan hijau sangat menyegarkan mata.

 

Trekking

 

Pengunjung diperbolehkan berkeliling di area perkebunan dengan menyusuri jalanan yang ada di sela- sela tanaman maupun jalur yang sudah tersedia. Selama trekking pengunjung harus menjaga kebersihan area kebun dengan tidak boleh membuang sampah di wilayah tersebut.

 

Wisata Kuliner

 

Lapar setelah berkeliling? Tak perlu khawatir karena di sana tersedia warung yang menyediakan jajanan yang siap disantap dengan teh hangat.  Ada yang istimewa di sini yaitu teh yang disajikan adalah teh hasil perkebunan ini. Pengunjung dapat menikmati aneka panganan sembari minum the sambil melihat hamparan luasnya perkebunan yang hijau. Terbayang bukan kesegaran dan keotentikan menikmati teh langsung dari kebunnya.

 

Foto Selfie

 

Agenda ini tak boleh ketinggalan. Mengabadikan momen ketika berada gardu pandang dan trekking di sekitar are kebun tentu sangat indah.  Foto dengan background terasering tanaman teh atau pemandangan pegunungan dari ketinggian tentu asik untuk mengisi feed Instagram.

 

Bermalam

 

Ingin menikmati suasana malam sunyi dan hening khas pedesaan?tentu bisa.  Di area ini tersedia penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin menikmati malam dengan suasana yang masih alami. Atau juga bisa pengunjung menginap di desa wisata Nglinggo berbaur dengan warga dan menikmati berbagai kegiatan di desa tersebut.

 

Tak perlu khawatir dengan biaya masuknya, untuk menikmati area wisata kebun teh, pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar RP 3. 000,00/ orang.  Sangat terjangkau bukan?

 

Oleh sebab itu, bila akhir pekan tiba, jangan lewatkan untuk datang berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo bersama keluarga tercinta.