5 Aktivitas Seru Asik dan Tak Terlupakan di Kebun Buah Mangunan

Banyak spot wisata baru yang bisa dieksplore di wilayah Yogyakarta bagian selatan tepatnya di Kabupaten Bantul.Bila pengunjung sudah sering berkunjung ke Pantai Parangtritis, maka kini saatnya untuk menjelajah wilayah Bantul lainnya.Tak hanya pesona pantai, objek wisata yang ada sangat beragam seperti wahana air, perbukitan, pegunungan, dll. Beberapa di antaranya seperti Curug Bayunibo, Pemandian Air Panas Parang Wedang, dan Kebun Buah Mangunan.

 

Mengenal Kebun Buah Mangunan

 

Kebun Buah Mangunan adalah salah satu dari 7 komplek Mangunan yang dikembangkan menjadi destinasi wisata oleh pengelola.Kebun buah ini memiliki area seluas sekitar 23ribu hektar yang mulai dibangun pada tahun 2003.Kebun ini berada di ketinggian 150- 200 meter diatas permukaan laut.

 

Di lokasi ini pengunjung tak hanya dapat menikmati pemandangan alam yang spektakuler, namun juga mendapatkan edukasi mengenai banyak varietas buah yang ditanam, belajar mengenai peternakan, dll.Kebuh Buah Mangunan ramai dikunjungi wisatawan terlebih pada hari libur.

 

Lokasi Kebun Buah Mangunan

 

Kebun Buah Mangunan berada di Mangunan, Kecamatan Dlingo , Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 35km dari Pusat Kota Yogya dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam.Rute Kebun Buah Mangunan dapat ditempuh melalui Jalan Imogiri Timur menuju Mangunan.Lokasinya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.Akses jalanan menuju Kebun Buah sudah sangat bagus.

 

Keunikan Kebun Buah Mangunan

 

Dengan wilayah yang sangat luas, kebun ini sangat menarik untuk dijelajahi. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Kebun Buah Mangunan antara lain:

 

a. Mendaki Puncak di Atas Awan

 

Pengunjung dapat menapaki tangga- tangga yang telah disediakan oleh pengelola hingga menuju puncak.Sesampainya di puncak tersedia gazebo untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan.trekkingnya cukup banyak anak tangga yang harus didaki, pastikan memakai alas kaki yang tepat. Pemandangan yang tersaji begitu sampai di puncak adalah hijaunya hutan di sekeliling puncak, dan terlihat aliran Kali Oya di kejauhan dihiasi dengan langit yang berawan berderak putih.Dengan ketinggian mencapai 200 meter pengunjung serasa berada berdiri di atas awan.

 

b. Berburu Sunrise dan Sunset

 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi bukit Kebun Buah Mangunan adalah waktu pagi dan sore hari.Di saat itulah pengunjung dapat melihat momen sunrise Kebun Buah Mangunan yaitu terbitnya matahari yang dengan cahaya kuning keemasan menerpa bukit. Bila pengunjung datang pada pagi hari akan melihat hamparan awan di sekitar bukit. Bila pengunjung datang di sore hari, maka pemandangan matahati tenggelam adalah moment yang sangat istimewa.Menikmati suasana senja di ketinggian sungguh menyegarkan mata.

 

c. Melihat Kebun Buah

 

Pengunjung dapat berkeliling di area perkebunan buah.Tanaman buah yang ada di kebun ini antara lain jeruk, durian, jambu air, dan mangga.Jumlah pohonnya mencapai 3.000 pohon.Kalau sedang berbuah pengunjung boleh memetik dan membeli buahnya untuk dibawa pulang.Sensasi memanen buah dengan tangan sendiri tentunya merupakan pengalaman yang tak bisa dilupakan.

 

d. Melihat Ternak Sapi

 

Pengunjung dapat melihat perternakan sapi yang berada di kawasan kebun buah.Di perternakan tersebut pengunjung dapat belajar mengenai pembibitan sapi, perawatan dan pemeliharaan, hingga pengolahan pupuknya untuk digunakan sebagai pupuk kandang yang digunakan untuk pohon- pohon di kebun buah.

 

e. Bermalam di Kebun Buah

 

Bila pengunjung ingin merasakan suasana malam yang hening dan damai maka bisa mendirikan tenda di area camping ground. Namun bila tak ingin repot ber-camping pengunjung tetap dapat menginap di home stay yang telah disediakan oleh pengelola dengan harga yang terjangkau.

 

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

 

Kelengkapan sarana umum yang terdapat di Kebun Buah Mangunan sangat lengkap.Fasilitasnya meliputi outbond, flying fox, jembatan goyang, kolam renang anak, camping ground, ruang pertemuan yang bisa menapung hingga 300 orang. tiket masuk kebun buah mangunan sebesar Rp 5.000 per orang. Liburan ke Kebun Buah Mangunan tak perlu biaya yang mahal bukan?

 

Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan sangat cocok dilakukan bersama keluarga.Sembari piknik anak pun dapat bertambah wawasannya.