Pengin Kejar Sunrise atau Sunset? Ke Jogja Sunset Park, Yuk

Pengembangan pariwisata di Gunungkidul memang dilakukan menyeluruh dan merata. Daerah bagian pesisir barat kabupaten ini tak luput dari perhatian untuk dijadikan wisata baru yang kekinian. Kebutuhan manuasia untuk eksis di media sosial jaman sekarang membuat mereka termotivasi untuk mencari hal- hal baru. Kemudian mereka merasa tak ketinggalan tren bila sudah mendatangi, berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Hal itulah yang mendorong masyarakat sekitar sadar bila daerah mereka memiliki potensi wisata, mereka kembangkan menjadi suatu objek yang dapat menarik para pengunjung untuk datang. Salah satunya adalah Jogja Sunset Park.

 

Mengenal Jogja Sunset Park

Beberapa wisata kekinian yang tidak jauh dari kota Yogyakarta ke arah Bantul antara lain Gunung Api Purba Nglanggeran, Green Village Gedangsari, dan Jogja Sunset Park. Sunset park ini sendiri sebenarnya sudah maulai dikenal sejak 2016. Jogja Sunset Park merupakan sebuah tempat yang dbangun di ketinggian untuk melihat sunrise maupun sunset.

 

Perjalanan menuju ke lokasi Sunset Park masih berupa jalanan kecil dan dengan medan yang masih curam dengan ketinggian yang memerlukan kewaspadaan ekstra bila melaluinya. Meskipun medan yang dilalui tidak begitu bagus namun hal itu tidak menurunkan animo pengunjung untuk mendatangi tempat ini. Terbukti dengan banyaknya wisatawan yang datang pada setiap harinya, bahkan tak hanya wisatawan lokal namun juga banyak turis asing.s

 

Lokasi Jogja Sunset Park

Secara peta lokasi Jogja Sunset Park terletak di Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Namun banyak pula menyebut lokasinya berada di bagian timur kota Bantul. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 40km. Rute yang dilalui bisa melewati jalan utama menuju Pantai Parangtritis atau melalui jalur menuju Purwosari. Pengunjung tidak perlu merasa kesulitan karena sangat mudah dijangkau dengan bantuan GPS. Tempat ini merupakan salah satu pilihan paket wisata di Jogja yang banyak di minati.

 

Setibanya di lokasi, Sunset Park ini terletak satu kawasan dengan Bukit Paralayang dan Pantai Parangtritis.Dengan kondisi jalanan yang masih belum sempurna perlu memperhatikan kondisi kendaraan.

 

Kelebihan Jogja Sunset Park

Bagi pecinta momen sunrise atau sunset, mengunjungi Jogja Sunset Park tentunya memberikan pengalaman yang sangat berharga. Pengunjung dapat datang ke tempat ini pagi atau sore hari untuk mendapatkan suasana yang berbeda. Bila sudah sampai di atas ketinggian taman ini banyak disediakan tempat duduk untuk menikmati pemandangan. Tak hanya keindahan perpindahan waktu senja saja namun pengunjung juga dapat melihat hamparan pantai Parangtritis.

 

Dengan mengunjungi tempat ini pengunjung dapat sekaligus mendapatkan tiga lokasi wisata yaitu Bukit Paralayang, Pantai Parangtritis, dan Sunset park itu sendiri. Area wisata ini biasanya mulai ramai oleh pengunjung pada sore hari sekitar pukul 17.00 kemudian berlangsung hingga setelah magrib.

 

Untuk menikmati suasana diatas pengunjung dapat duduk- duduk di tempat yang sudah terdapat di area pandang, dilengkapi dengan banyaknya spot instgramable untuk berfoto ria. Untuk menambah kesempurnaan menikmati pemandangan tersebut pengunjung dapat menikmati berbagai jajanan hangat yang banyak tersedia di tempat tersebut.

 

Fasilitas Jogja Sunset Park

Suatu objek wisata dapat secara kontinyu didatangai oleh para pengunjung jika memiliki fasilitas yang memadai. Kelengkapan fasilitas sangat menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di suatu tempat wisata tersebut. Jogja Sunset Park dinilai sudah memiliki kelengkapan sarana bagi para pengunjung.

 

Pada tahun 2016 tempat wisata ini bahkan tidak dipungut retribusi untuk memasuki area wisatanya. Pengunjung cukup membayar biaya parkir untuk kendaraan. Area parkir pun terdapat di beberapa titik. Di lokasi taman pandang terdapat mushola, sangat berguna bagi para pengunjung yang akan melalukan sholat magrib setelah melihat sunset namun masih ingin menikmati suasana malam setelah senja tenggelam.

 

Di lokasi taman tersebut sudah disediakan toilet dan banyak warung yang menjajakan aneka penganan dan minuman hangat yang sangat cocok untuk menemani pengunjung sembari menikmati suasana syahdu. Pada awal- awal dibukanya tempat ini, harga jajanan masih sangat terjangkau, namun seiring dengan ramainya pengunjung yang datang harga jajanan sudah mulai mengalami kenaikan.

 

Bila ingin sejenak melepas kepenatan kota, maka melipir sebentar ke Jogja Sunset Park merupakan pilihan yang tepat.