Gunung Api Purba Nglanggeran

Sebelum menentukan tujuan, jaman sekarang banyak para wisatawan melakukan survey terlebih dahulu melalui mesin pencarian.Ketika mengetik keyword ‘Yogyakarta’ atau ‘Wisata Gunungkidul’ pasti muncul banyak hasil rekomendasi tempat- tempat wisata yang kekinian. Pilihannya pun bermacam- macam mulai dari wisata belanja, wisata pantai, wisata adventure, wisata pegunungan, dll. Wisata pegunungan antara lain Kaliurang dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung Api Purba Nglanggeran termasuk objek wisata baru yang naik daun beberapa tahun terakhir ini hingga beberapa kali diliput oleh media televisi.

 

Mengenal Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan pesona alam berupa pegunungan dengan suasana pemukiman penduduk yang masih sangat alami. Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran adalah gunung api yang aktif pada 60-70 juta tahun lalu, namun sekarang statusnya sudah tidak aktif lagi. Bentang pegunungannya berupa penampakan batu andesit yang sangat besar mencapai panjang 800 meter. Untuk mencapai puncak terdapat beberapa pos pemberhentian, bisa dijangkau dengan trekking dengan ketinggian total mencapai 300 meter dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

 

Setelah mendaki hingga puncak terdapat joglo untuk beristirahat dan  gardu pandang untuk melihat keindahan gunung lain diantaranya Gunung Kelir, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Blencong, dan Gunung Buchu. Di kawasan initerdapat penduduk yang konon mendapat tugas menjaga kawasan gunung.Julmah penduduk tersebut hanya berjumlah 7 Kepala Keluarga yang terletak di Tlogo Mardhido.

 

Kawasan Gunung Api Purba bisa disebut sebagai ekowisata  karena lengkapnya jenis paket wisata yang ditawarkan dalam satu kawasan yang mencakup konservasi alam, pengetahuan, pemberdayaan sosial budaya seta meningkatkan perekonomian warga lokal. Keindahan tempat wisata ini dapat dinikmati sepanjang hari mulai dari pagi hari untuk mengejar sunrise atau sore hari dengan melihat sunset.

 

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.Dari Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan Bukit Bintang Patuk menuju Desa Ngoro-Oro kemudian ke Desa Nglanggeran. Sayangnya objek wisata ini belum dapat dijangkau oleh kendaraan umum.

 

Keunggulan Gunung Api Purba Nglanggeran

Mengunjungi tempat wisata ini memiliki banyak keuntungan karena terdapat banyak sekali objek wisata lain di kawasan Gunung Api Purba yang bisa dinikmati. Sebut saja Desa Wisata Nglanggeran, Embung Nglanggeran, Puncak Gunung Air Purba Nglanggeran, dan Kebuh Buah Nglanggeran.

 

Pada puncak gunung terdapat mata air abadi yang dipercaya memiliki khasiat awet muda jika digunakan untuk membasuh muka yang bernama Mata Air Comberan.Terdapat arca tanpa kepala yang berada di sekitar Goa Putri.Terdapat pula pertapaan Tapak Syahadatain bagi pengunjung yang ingin melakukannya. Di lereng gunung terdapat tumbuhan Termas yang getahnya berkhasiat sebagai obat untuk penyembuhan beberapa penyakit seperti batu ginjal dan ambeien. Uniknya getah tersebut hanya bisa diambil oleh sang Juru kunci Gunung Api tersebut.

 

Selain menikmati keindahan puncak gunung, wisatawan dapat menuju ke lokasi Embung Nglanggeran yang merupakan tampungan air untuk irigasi kebun buah di sebelahnya. Kemudian wisatawan dapat berkunjung ke desa wisata yang menawarkan berbagai aktivitas seperti layaknya penduduk setempat seperti bercocok tanam, berkebun, dan bermain dengan ikan. Setelahnya pengunjung dapat menikmati berbagai kesenian tradisional seperti reog, jathilan, gejogg lesung, dan calung.

 

Fasilitas Gunung Api Purba Nglanggeran

Kawasan wisata Gunung Api Purba sudah dilengkapi sarana yang lengkap untuk memudahkan pengunjung. Kelengkapan fasilitasnya antara lain terdapat pusat informasi, mushola, toilet, dan tempat jajanan.

 

Fasilitas pendukung lain untuk menunjang para pecinta alam antara lain terdapat area climbing, jalur pendakian, dan camping ground di beberapa titik ketinggian. Bila pengunjung ingin menginap sudah tersedia home stay dengan kapasitas 80 penginapan.s

 

Tiket masuk Gunung Api Purba masih sangat terjangkau dengan harga berkisar Rp 7.000,00- Rp 9.000,00. Terdapat paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola kawasan.

 

Berwisata ke Gunung Api Purba Nglanggeran adalah salah satu agenda wajib bila berkunjung ke Yogyakarta. Selain dapat mengenal lebih dalam budaya daerah wisatwan dapat menambah wawasan mengenai pengetahuan dan pengelolaan potensi yang  ada. Lokasi ini merupakan salah satu tujuan wisata yang di tawarkan dalam paket tour Jogja.