Goa Sinden yang Mistis dan Seru untuk Dijelajahi

Bila berkunjung ke Gunungkidul, pastilah sudah umum bagi banyak wisatawan untuk mendatangi pantai- pantai yang tersebar di wilayah kabupaten ini. Namun wisata pantai sudah sangat mainstream. Banyak alternative objek wisata yarng seru untuk dikunjungi. Tentunya wisata anti mainstream yang menawarkan pengalaman berbeda dari hanya sekedar duduk- duduk atau berenang di pantai. Beberapa objek wisata yang asik untuk didatangi antara lain desa wisata, air terjun, dan susur goa. Tak ada salahnya mencoba pengalaman baru ke tempat- tempat tersebut setelah mengunjungi pantai.

 

Mengenal Goa Sinden

 

Goa Sinden adalah salah satu dari rangkaian goa yang terdapat di Desa Wisata Mojo, sekitar 10km sebelah timur dari Kota Wonosari. Di desa wisata tersebut terdapat tiga goa yang saling berdekatan yaitu Goa Sinden, Goa Jlamprong, Dan Goa Gesing. Ketiganya merupakan bagian dari wisata desa Mojo yang dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) penduduk setempat.

 

Goa Sinden dan dua goa lain tersebut merupakan goa yang berada di rangkaian perbukitan karst Gunung Sewu yang membentang dari wilayah timur hingga barat Kabupaten Gunungkidul. Dalam sejarahnya nama Goa Sinden berasal dari terdapatnya aliran sungai bawah tanah yang berada di bawah goa ini yang memiliki sumber air hangat. Tempat itulah dahulu digunakan sebagai tempat untuk bersemedi para calon sinden. Kemudian goa ini disebut sebagai Goa Sinden.

 

Lokasi Goa Sinden

 

Goa Sinden terletak di satu lokasi dengan Goa Jlamprong dan Goa Gesing yaitu di Desa Wisata Mojo, Ngeposari, Kabupaten Gunungkidul. Dari arah Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama Wonosari menuju ke arah timur. Lokasi goa berada kurang lebih sejauh 10km dari pusat Kota Wonosari.

 

Untuk mencapai goa dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila sulit menemukan lokasi maka pengunjung dapat mengandalkan GPS dari smartphone. Bila menggunakan kendaraan umum maka berhenti di terminal Wonosari kemudian sambung dengan ojek ke Kecamatan Semanu. Jalan untuk menuju desa wisata sudah bagus.

 

Kelebihan Goa Sinden

 

Goa Sinden menawarkan paket wisata susur goa. Goa Sinden terletak di paling akhir dari perjalanan menyusuri tiga goa.Sebelum aktivitas caving dimulai para peserta susur goa akan diberikan pengarahan oleh pemandu goa mengenai sejarah goa, karakteristik goa, dan perelengkapan yang harus dipakai selama menyusuri goa.

 

Setelah memakai peralatan caving yang lengkap, peserta mulai menyusuri goa dimulai dari Goa Gesing menuju Goa Jlamprong sejauh 200an meter kemudian dilanjut dari Goa jlamprong ke Goa Sinden sejauh 572 meter. Total perjalanan tiga goa ini bisa mencapai 1 km dengan durasi hingga 3 jam. Selama perjalanan akan banyak ditemui stalaktit dan stalagmite menghiasi dinding goa. Stalaktit tersebut ada yang masih hidup ditandai dengan masih adanya tetesan air dari atas. Konon bila meminum airnya dipercaya bisa awet muda.

 

Karateristik dalam goa pengap, lembab, berair dan gelap. Untuk itu pentingnya memakai peralatan yang sesuai dengan standar keamanan demi keselamatan diri. Selama melewati goa peserta dapat melihat spesies kelelawar penghuni goa. Goa Sinden adalah goa terakhir yang dilalui, di tempat itulah terdapat sungai bawah tanah yang airnya hangat. Peserta dapat membersihkan diri di sungai tersebut sembari melepas lelah pasca caving.

 

Fasilitas Goa Sinden

 

Kelengkapan fasilitas di tempat wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di objek wisata. Fasilitas yang terdapat di sekitar goa sudah lengkap, karena berada di kawasan desa wisata. Kelengkapannya antara lain areal parkir, toilet, mushola, tempat istirahat, dan warung makan.

 

Harga paket wisata untuk menjelajah goa pun sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp 25.000,00 pengunjung sudah mendapatkan fasilitas sewa perlengkapan dan pemandu. Perlengkapan yang didapat untuk caving antara lain lampu senter, perlengkapan dengan International Standart, serta free minum air kelapa. Minum air kelapa sunggguh sangat menyegarkan untuk mengembalikan tenaga yang hilang sehabis beraktivitas di goa. Dengan harga itu pula pengunjung sudah dapat menikmati keindahan 3 Goa, Goa Gesing, Goa Jlamprong, dan Goa Sinden. Ingin menjelajah goa lain? Temukan pengalaman yang berbeda di Goa Cokro dan Goa Lowo.