Goa Rancang Kencono – Goa Karst Unik di Jogja

Keberadaan perbukitan karst yang meliputi hampir sebagian besar wilayah Gunungkidul ternyata menyimpan banyak potensi. Selain batuan karst yang bisa dimanfaatkan menjadi barang kerajinan seperti patung atau ubin, perbukitan yang terkenal tandus inipun dapat menyimpan air bawah tanah yang terletak di bawah goa-goa nya. Banyak goa yang terdapat di sisi bukit yang tinggi ternyata memiliki sejarah dan fungsi yang berbeda pula. Salah satunya adalah goa Rancang Kencono yang ada di lokasi berdekatan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Goa ini pun tak luput menjadi salah satu wisata Gunungkidul.

 

Mengenal Goa Rancang Kencono

 

Bila mendengar Rancang Kencono banyak yang terlintas di benaknya adalah seperti sebuah namabambu Rancang Kencono. Namun yang terdapat di Gunungkidul ini adalah nama sebuah goa. Goa Rancang Kencono pada sejarahnya adalah tempat persembunyian Laskar Mataram yang melarikan diri dari kekuasaan kerajaan Belanda (buku Lengenda& Budaya Desa Bleberan). Ada pula yang menyebut goa ini adalah tempat persinggahan Sunan Kalijogo dalam syiar Islamnya di Gunungkidul. Serta ada pula yang menyebut goa Rancang Kencono pernah dijadikan tempat persembunyian oleh Pangeran Diponegoro dan Sentot Pawiro Dirjo.

 

Jika menilik lebih jauh lagi, Goa Rancang Kencono disinyalir pernah ditinggali oleh manusia pada zaman purba, dilihat dari terdapatnya situs Bleberan yang berada di dekat dengan goa yang berisi benda-benda peninggalan Megalitikum.

 

Kini goa ini ramai dikunjungi oleh pengunjung yang penasaran akancerita dan peninggalan sejarah tersebut. Goa ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) desa setempat.

 

Lokasi Goa Rancang Kencono

 

Goa Rancang Kencono berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Dari Yogyakarta dapat ditempuh melalui rute utama Yogya-Wonosari menuju Air Terjun Sri gethuk. Lokasi Goa berada satu kawasan dengan Air Terjun Sri Gethuk. Akses jalanan menuju ke goa sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Goa Rancang Kencono

 

Goa Rancang Kencono terkenal dengan background sejarahnya dan misteri Goa Rancang Kencono. Untuk memasuki goa pengunjung harus menuruni anak tangga ke bawah seperti semacam lobang yang ditumbuhi pohon raksasa di tengahnya. Pohon besar berusia ratusan tahun ini menjulang dari dasar tempat mulut goa hingga ke atas, yang bernama pohon Klumpit.

 

Goa ini memiliki tiga ruangan utama yang pertama adalah mulut goa. Mulut goa ini landau namun banyak stlaktit. Menurut penduduk setempat di tempat inilah ditemukan artefak batu dan tulang belulang manusia yang usianya ribuan tahun yang kemudian disimpan di Situs Bleberan. Hal ini sangat masuk akal bila melihat terdapat kehidupan jaman dulu di dalam goa dengan posisinya yang dekat dengan sungai Oyo.

 

Menuju ruangan yang kedua yaitu berukuran yang lebih lega daripada mulut goa. Serta terdapat semacam meja dari batu. Konon disinilah tempat persembunyian prajurit Mataram dan tempat untuk melakukan pertapaan.

 

Ruangan yang ketiga adalah ruangan yang menyempit terdapat prasasti Prasetya Bhinekaku dengan tulisan menempel di dinding dengan symbol merah putih di tengahnya. Prasasti ini merupakan janji prajurit untuk setia kepada NKRI dan Presiden Soekarno pada era G30SPKI. Kemudian terdapat ornament kecil berbentuk kunci yang dipercaya sebagai kunci gaib yang bisa menghubungkan Goa ini dengan Gunung Merapi.

 

Fasilitas Goa Rancang Kencono

 

Sebagai objek wisata yang sudah dikembangkan oleh penduduk dengan dukungan pemerintah daerah, Goa Rancang Kencono sudah memiliki fasilitas yang lengkap yang dibutuhkan para pengunjung. Akses jalan menuju lokasi goa pun sudah diperbaiki dan dibangun tangga cor sehingga nyaman untuk dilalui. Pus sudah terdapat fasilitas pendukung lain seperti toilet, mushola, dan area parkir yang luas. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, hanya dengan Rp 35.000,00 sudah bisa masuk ke Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono.

 

Bagi penggemar wisata sejarah, tentu berkunjung ke Goa Rancang Kencono adalah salah satu tempat yang berguna untuk menambah wawasan. Tak ada salahnya pula setelah berkunjung ke goa ini pengunjung dapat menjelajah goa lain seperti Goa Bribin, Goa Langse, dan mencoba keseruan di Cave Tubing Kalisuci.