Goa Nogobumi yang Menyimpan Kisah Kerajaan Mataram

Wisata goa di Bantul seakan tidada habisnya. Banyak sekali jumlah goa yang tersebar di area ini hingga rasanya masih ada saja goa baru yang belum pernah dijelajah oleh wisatawan. Bila libur tiba, tak ada salahnya untuk menelusur goa- goa yang belum pernah didatangi, yang tentunya akan menambah koleksi pengalaman menyusur goa. Seperti di Goa Nogobumi berikut ini.

 

Lokasi Goa Nogobumi

 

Goa ini tepatnya terletak di Dusun Selopamioro, Imogiri, Bantul, Jogja. Lokasi goa berada sejauh 25km dari pusat Kota Jogja, dan dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 50 menit perjalanan. Rute yang ditempuh bisa melalui Jalan Parangtritis menuju pasar Pundong kemudian ke Jalan Kretek Siluk menuju Jalan Goa Jepang, hingga menemukan papan petunjuk menuju Goa Nogobumi.

 

Akses menuju goa sudah baik, jalanan sudah beraspal namun sayangnya lokasi ini hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Angkutan umum belum menjangkau wilayah goa ini, namun tersedia ojek bila tidak ada kendaraan pribadi.

 

Keunikan Goa

 

Setiap goa memiliki karakteristik dan ceritanya masing-masing. Hal itulah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk membuktikan rasa penasaran mereka. Seperti halnya Goa Lawa yang menjadi habitat ribuan kelelawar sejak ribuan tahun silam, atau Goa Cerme yang terkenal sebagai tempat semedi. Demikian pula dengan Goa Naga Bumi dengan keunikan karakteristiknya.

 

Goa ini memiliki karakteristik berupa adanya stalagtit dan stalagmite di dalamnya. Kedalamannya  sekitar 75 meter dengan bentuk mulut goa yang terpasang pintu dari kayu jati kokoh. Pemandangan sekitar goa sangat indah karena terletak di ketinggian, sehingga hawanya sejuk dan berangin segar.

 

Lokasi goa pun berada di kawasan Pantai Parangtritis, sehingga dari goa ini terdapat jalan tembus langsung ke Pantai Parangtritis. Bila sudah berada di area ini pengunjung bisa langsung menuju ke Pantai Parangtritis ataupun Bukit Parang Endog/Bukit Paralayang.

 

Kisah tentang Goa

 

Terkadang goa memiliki cerita yang berhubungan dengan masa lalu baik mengenai kisah kerajaan hingga perjuangan Indonesia sebelum kemerdekaan. Seperti Goa Payaman yang ternyata memiliki nilai sejarah, Goa Nogobumi erat kaitannya dengan kisah pada jaman kerajaan Mataram.

 

Menurut sumber, tersebutlah putra dari Panembahan Senopati dengan Nyai Roro Kidul bernama Raden Ronggo yang terkenal dengan kesaktian luar biasa tak terkalahkan. Sayangnya perangainya sangat kejam. Sang Raja tidak suka dengan tingkah laku putranya hingga meminta Ratu Kidul untuk membawa putra tersebut kembali.

 

Ratu Kidul memerintahkan naga yang sakti pula untuk membawa pulang Raden Rangga dengan mengamuk di pemukiman warga. Raden Rangga berkelahi untuk membantu warga di dalam goa melawan sang naga. Suara mereka bertempur sangat keras hingga bumi bergetar dan pada akhirnya tidak ada lagi suara yang terdengar. Keduanya bertempur sengit hingga keduanya meninggal di dalam goa. Sejak itulah goa tersebut dikenal dengan nama Nogobumi.

 

Tempat Ziarah

 

Selain kisah tentang Raden Ronggo ada lagi kisah mengenai goa ini. menurut sang juru kunci goa ini adalah tempat kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk laku prihatin sehingga tempat ini termasuk dianggap keramat. Disinyalir banyak hal tentang peristiwa di Jogja yang didapat oleh raja dengan bertapa di tempat ini. Di tempat itu digunakan untuk menyimpan kekayaan keraton Yogyakarta namun tak bisa dilihat oleh manusia biasa.

 

Banyak yang berkunjung ke tempat ini selain untuk melihat keindahan goa dan pemandangan sekitar juga melakukan ziarah. Terbukti dengan adanya tempat ziarah yang sengaja disediakan di area goa ini. Tak heran tiap harinya ada saja pengunjung yang datang ke Goa Nogobumi.

 

Fasilitas Goa

 

Di area sekitar goa sudah terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang ada antara lain tempat ziarah, warung makan, toilet, tempat isitrahat, camping ground, dll.

 

Tiket masuk goa Nogobumi masih sangat terjangkau seperti tempat wisata alam lain di Bantul yang memang terkenal dengan wisata ramah kantong. Dengan biaya yang murah, buktikan sendiri keunikan Goa Nogobumi di Bantul.