Goa Lowo yang Memukau dan Misterius  

Bentarng karst Gunung Sewu yang berada di Gunungkidul merupakan sebuah potensi alam yang patut disyukuri. Kondisi tersebut yang dulunya dianggap daerah tandus tak menghasilkna namun sebenarnya pegunangan karst menyimpan banyak manfaat. Sekarang ini kawasan Gunung Sewu merupakan daerah yang yang harus dilindungi dan dilestarikan karena merupakan salah satu keunikan geologi. Selain merupakan keunikan geologi pegunungan karst mempunyai fungsi sebagai pengatur tata air dan bernilai ilmiah yang dapat digunakan sebagai pusat penelitian tentang karst. Sedangkan potensi eksokarst dan endokarstnya pun dapat dimanfaatkan sebagai tujuan wisata edukatif. Salah satunya adalah goa Lowo.

 

Mengenal Goa Lowo

 

Pemanfaatan bentuk keunikan karst sebagai tujuan wisata edukatif ataupun wisata minat khusus contohnya adalah wisata sungai bawah tanah dan wisata goa Gunungkidul.  Jumlah keberadaan goa di Gunungkidul mencapai 60 titik diantaranya yang bisa dijadikan objek wisata seperti Goa Paesan, Goa Cokakan, Goa Gesing, dan Goa Lowo Gunungkidul.

 

Goa Lowo adalah salah satu goa terpanjang di Jawa dengan lorong mencapai hingga wilayah jawa Timur.  Dari namanya jelas asal mula goa ini adalah merupakan tempat tinggal ribuan spesies kelelawar yang mendiami goa tersebut.  Lowo itu sendiri adalah bahasa Jawa yang artinya adalah kelelawar. Banyak warga lokal yang bekerja menjadi penambang hasil fosfat dari Goa lowo.  Goa ini kini menjadi salah satu objek wisata yang dapat sekaligus dijadikan tempat penelitian dalam bidang pengamatan spesies kelelawar.

 

Lokasi Goa Lowo

 

Goa Lowo berada di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.  Dari arah Yogyakarta dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi melalui jalur utama menuju Gunungkidul kemudian menuju ke Wonosari lanjut ke Kecamatan Ponjong.  Bila pengunjung kesulitan menemukan lokasi maka dapat mengandalkan penggunaan GPS untuk memudahkan perjalanan menuju ke Goa Lowo.

 

Kelebihan Goa Lowo

 

Pesona wisata yang ditawarkan di Goa Lowo adalah menyusuri lorong goa yang sangat besar.  Karakteristik goa adalah kering, tidak lempab, sejuk, dan terang.  Bentuk rongga goa yang lebar dan beratap tinggi serta terdapat dua lubang besar di atapnya sehingga sirkulasi udara dan cahaya ketika berada di goa sangat bagus.  Pengunjung bisa berkeliling ke dalam goa dengan melihat keindahan stalagtit dan stalagmite yang menghiasi dinding goa.

 

Pengunjung yang datang ke goa dapat menikmati suasana goa sembari melihat para penduduk lokal yang bekerja sebagai penambang fospat.  Konon karena banyaknya kelelawar yang mendiami goa ini sejak ribuan tahun maka guano dan fospat yang ada di goa ini adalah merupakan jenis fosfat yang berkualitas tinggi.  Bahkan fosfat ini sudah ditambang sejak 20 tahun yang lalu.  Fosfat dan guano sangat berguna untuk pembuatan pupuk organik.

 

Bila pengunjung datang di siang hari, maka akan menyaksikan pemandangan banyak kelelawar yang sedang tidur menggantung di atap goa.  Kemudian bila sore hari mereka akan terbang keluar goa karena kelelawar merupakan hewan nokturnal yang hidup di malam hari.  Pengunjung tak perlu merasa khawatir akan bau kotoran bila berada di goa, sirkulasi udara dan cahaya dalam goa sangat bagus.

 

Fasilitas Goa lowo

 

Kelengkapan sarana dan fasilitas seuatu tempat wisata tentu sangat menunjang kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjungnya.  Beberapa fasilitas sudah tersedia di objek wisata Goa Lowo sepreti area parkir kendaraan, toilet, tempat istirahat, dan warung makan.

 

Goa Lowo belum dikelola secara resmi sehingga biaya masuknya pun masih gratis.  Namun begitu pengunjung tetap harus mematuhi peraturan yang berlaku seperti tidak boleh mengganggu kelelawar, membuang sampah sembarangan maupun mencorat- coret dinding goa.  Sebaiknya para pengunjung memang tetap berperilaku baik dalam mengunjungi suatu objek wisata agar keindahan dan kelestariannya tetap terpelihara.

 

Berwisata ke goa sangat menarik bagi para pecinta wisata petualangan, namun tak hanya itu, bagi keluarga yang hendak mengajak anak berwisata sekaligus menambah wawasan tentu wisata goa dapat dijadikan pilihan sebagai wisata edukatif.  Namun perlu diperhatikan bila membawa anak untuk diperhatikan lebih tentang kondisi anak dengan kondisi goa apakah aman untuk anak atau tidak.  Meskipun piknik tapi keamanan tetap yang utama bukan?