Pesona dan Keunikan Goa Kalisuci

Pegunungan karst yang melingkupi sebagian besar wilayah Gunungkidul dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah setempat. Sebelumnya kawasan ini dikenal dengan daerah yang tandus dan gersang sehingga sulit untuk mendapatkan air dikala musim kemarau. Namun hal tersebut terbantahkan setelah ditemukannya banyak sumber air yang tersimpan di bawah kaki perbukitan karst ini. Setelah dilakukan penelitian dan pemetaan banyak goa yang dibawahnya mengalir sungai bawah tanah degan air tawar yang mampu mengalirkan debit air yang besar. Salah satunya adalah goa Kalisuci.

 

Mengenal Goa Kalisuci

 

Goa-goa yang tersebar di Gunungkidul pada saat ini justru dapat dimanfaatkan sebagai sumber air bagi para warga sekitar. Terlebih lagi dengan dibentuknya pengelolaan konservasi berbasis kearifan lokal maka goa bisa ditingkatkan fungsinya menjadi objek wisata. Sebagai contoh adalah Goa Kalisuci. 

 

Goa Kalisuci adalah salah satu objek wisata yang pengelolaannya dibawah Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata). Sumber air yang jernih berada di bawah goa Kalisuci dimanfaatkan untuk objek pariwisata desa setempat sebagai wahana untuk cave tubing. Bahkan cave tubing ini disinyalir adalah yang pertama bila dibanding cave tubing kalisuci vs goa pindul.

 

Bagi pecinta adventure, menyusur Goa Kalisuci dengan cave tubing adalah hal yang harus dilakukan. Dengan tingkat kesulitan yang sangat rendah pastinya akan memberikan pengalaman yang seru dan mengasyikkan.

 

Lokasi Goa Kalisuci

 

Goa Kalisuci berada di desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari pusat Yogyakarta menuju lokasi goa ini sekitar 60km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Rute yang ditempuh bisa melalui jalan utama Yogya-Wonosari kemudian menuju Kecamatan Semanu. Bila masih bingung dapat mengandalkan GPS untuk menjangkaunya.

 

Dari Yogyakarta pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan medan perjalanan yang sudah sangat bagus. Bagi pengunjung yang ingin datang dengan kendaraan umum maka bisa dicapai dengan mengendarai bus hingga terminal Wonosari kemudian sambung dengan ojek ke Semanu.

 

Kelebihan Goa Kalisuci

 

Goa Kalisuci pemanfaatannya sudah dilakukan lebih dahulu dari pada Goa Pindul, sehingga paket wisata Kalisuci yang ditawarkan memang sudah berjalan dengan baik. Aktifitas andalan yang dapat dilakukan di Goa Kalisuci adalah cave tubing yaitu menyusuri sungai bawah tanah di dalam goa dengan menggunakan ban.

 

Pengunjung akan memperoleh arahan dari pemandu dalam melakukan cave tubing. Dimulai dari perjalanan menuruni anak tangga menuju mulut goa selama 10 menit. Sesampainya di mulut goa, peserta cave tubing menggunakan perlatan yang telah disediakan pemandu. Perlengkapannya meliputi helm, pelampung, headlamp, dan ban. Setelah lengkap peralatan yang dikenakan barulah peserta melakukan penyusuran goa sembari mendengarkan cerita dari sang pemandu.

 

Susur goa ini dilakukan sejauh 500meter dengan kedalaman air yang berbeda mulai dari 1-3 meter. Selama perjalanan peserta menikmati keindahan goa dengan karakteristik hiasan stalagtit dan stalagmite sepanjang goa. Belum lagi dapat melihat beberapa spesies penghuni goa seperti kelelawar. Kemudian peserta akan melewati beberapa nama goa yang berbeda mulai dari Goa Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan terakhir Goa Mburi Omah. Tak terasa waktu yang dihabiskan untuk menikmati semua pemandangan ini adalah 1,5-2 jam.

 

Jangan lupa membawa kamera untuk momen kebersamaan ini.Berfoto dengan background pemandangan goad an sungai bawah tanah tentu sebuah hal yang harus diabadikan.

 

Fasilitas Goa Kalisuci

 

Sebagai wilayah sadar wisata, Goa Kalisuci sudah sangat memperhatikan kebutuhan para pengunjung.Fasilitas yang dibuat sudah lengkap sehingga pengunjung merasa nyaman selama berwisata.Fasilitasnya antara lain areal parkir, toilet, warung makan, mushola, dan paket wisata.

 

Biaya cave tubing Kalisuci sudah masuk dalam paket wisata yang diadakan oleh pengelola.Harga retribusi sebesar Rp 5.000,00 dan biaya cave tubing sebesar Rp 70.000,00.Biaya itu suda termasuk jasa pemandu dan sewa peralatan seperti helm, pelampung, headlamp, dan ban untuk tubing.

 

Untuk berkunjung menyusur goa, hendaknya diperhatikan untuk membawa keperluan pribadi seperti pakaian ganti.Karena cave tubing adalah olahraga dengan aktivitas berada di air.Bagi pengunjung yang masih penasaran dengan goa di Gunungkidul ada baiknya juga menjelajah Goa Bribing, Goa Langse, Goa Rancang Kencono.