Goa Jlamprong dan Beragam Pesonanya

Potensi perbukitan karst di Gunungkidul semakin hari semakin dikembangkan. Tak hanya sekedar pemanfaatan dari bahan material berupa batuan gamping yang dapat digunakan menjadi sumber mata pencaharian, namun juga memaksimalkan potensi karst dan bagian yang di dalamnya menjadi sebuah objek wisata. Pegunungan karst banyak terdapat goa-goa dengan karakteristik, potensi, dan sejarah yang berbeda. Goa inilah yang kemudian dikembangkan menjadi salah satu wisata andalan oleh penduduk setempat. Sebut saja Goa Cokakan, Goa Gesing, Goa Sinden, dan Goa Jlamporong Semanu.

 

Mengenal Goa Jlamprong

 

Goa Jlamprong adalah salah satu bentuk dari keanekaragaman bentuk topografi yang terdapat di pegunungan karst Gunungkidul. Goa Jlamprong Gunungkidul masuk dalam kawasan Desa Wisata Mojo. Pengelolaan tempat wisata ini dilakukan oleh Pokdarwis ( Kelompok Masyarakat Sadar Wisata) penduduk setempat.

 

Sejarah mengenai goa ini diceritakan oleh penduduk setempat secara turun- menurun yang kemudian menjadi penamaan goa tersebut. Dikisahkan bahwa Jlamprong adalah nama seekor harimau yang menjaga goa tersebut. Jlamprong adalah harimau yang hidup berdampingan dengan baik dengan manusia.

 

Pada suatu ketika seorang warga bernama Mbah Bodho masuk ke goa mendengar suara rintihan yang ternyata berasal dari Si Jlamprong yang sedang terluka. Rahangnya tertusuk tulang hingga tak bisa mengatup. Mbah Bodho mencoba menolongnya namun dengan persyaratan bahwa Jlamprong dan keturunannya tidak boleh saling mengganggu dengan Mbah Bodho dan keturunannya. Demikian pula Jlamprong meminta agar manusia tidak merusak goa. Mereka sepakat kemudian Mbah Bodho mencabut tulang dari rahang Jlamprong. Hingga kini kealamian dan keasrian goa masih terpelihara degan baik oleh warga sekitar.

 

Lokasi Goa Jlamprong

 

Wisata Goa Jlamprongterletakdi Desa Wisata Mojo, Ngeposari, Kabupaten Gunungkidul. Dari arah Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama Wonosari menuju ke arah timur. Lokasi goa berada kurang lebih sejauh 7km dari pusat Kota Wonosari.

 

Untuk mencapai goa dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila menggunakan kendaraan umum maka berhenti di terminal Wonosari kemudian sambung dengan ojek ke Kecamatan Semanu. Jalan untuk menuju desa wisata sudah bagus.

 

Kelebihan Goa Jlamprong

 

Pesona yang ditawarkan oleh Goa Jlamprong adalah wisata caving dengan track horizontal dengan kesulitan rendah. Pengunjung yang datang untuk menyusur goa nantinya akan dipandu dan dibekali perlengkapan caving yang dapat disewa yang sudah masuk dalam harga paket wisata. Sebelum memulai aktivitas susur goa pemandu akan memberikan pejelasan singkat mengenai peraturan dan memasang perlengkapan yang akan digunakan.

 

Peserta caving akan menyusur goa sejauh 572 meter dengan start Goa Jlamprong enuju ke Goa Gesing. Kegiatan susur goa ini memakan waktu sekitar 1,5 jam. Selama menyusur goa peserta akan menyaksikan keindahan goa berupa banyaknya stalaktit dan stalagmite yang berkilau menghiasi ruangan goa. Beberapa stalaktit itu masih aktif karena masih meneteskan air ke bawah, konon apabila meminum air tetesan tersebut dipercaya bisa menjadi awet muda dan dapat menyembuhkan penyakit.

 

Karakteristik goa berlumpur dan becek. Namun setelahnya peserta dapat membersihkan diri di sungai bawah tanah yang terdapat di goa yang berair hangat. Sungguh sangat nikmat untuk melepas penat setelah menyusur goa yang panjang.

 

Fasilitas Goa Jlamprong

 

Kelengkapan fasilitas di tempat wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di objek wisata. Fasilitas yang terdapat di sekitar goa sudah lengkap, karena berada di kawasan desa wisata. Kelengkapannya antara lain areal parkir, toilet, mushola, tempat istirahat, dan warung makan.

 

Harga paket wisata untuk menjelajah goa pun sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp. 25.000,00 pengunjung sudah mendapatkan fasilitas sewa perlengkapan dan pemandu. Perlengkapan yang didapat untuk caving antara lain lampu senter, perlengkapan dengan International Standart, serta free minum air kelapa. Minum air kelapa sunggguh sangat menyegarkan untuk mengembalikan tenaga yang hilang sehabis beraktivitas di goa.

 

Bagi pecinta wisata petualangan menyusur goa adalah salah satu agenda wajib yang harus dicoba. Keseruan menelusuri macam- macam goa dengan karakteristik yang berbeda tentu sebuah pengalaman yang berharga.