Tantang Adrenalin dengan Menyusuri Goa Gesing

Potensi wisata Gunungkidul terus dikembangkan hingga sekarang, seperti goa Gesing. Pemerintah daerah bersama warga lokal memberdayakan sumber daya alam perbukitan karst yang membentang di sebagian besar wilayah kabupaten ini. Stigma daerah perbukitan karst yang tandus dan gersang kini bisa diatasi dengan penemuan banyaknya sumber mata air yang tersimpan di sungai bawah tanah dibalik bukit karst tersebut. Selain dimanfaatkan untuk perairan warga setempat, beberapa sumber daya ini justru dijadikan objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keberadaan banyak goa yang merupakan pintu masuk menuju sungai bawah tanah tersebut diberdayakan dengan cara membuat paket-paket wisata seperti caving atau tubing.

 

Mengenal Goa Gesing

 

Menurut data terdapat sekitar 60 an goa yang tersebar di seluruh wilayah Gunungkidul. Banyak dari goa tersebut yang sudah dimanfaatkan untuk objek wisata seperti Goa Jlamporong, Goa Cokro, Goa Paesan, dan Goa Gesing. Goa Gesing merupakan salah satu goa yang berada di bagian timur kota Wonosari. Karena letaknya berdekatan, Goa Jlamprong, Goa Sinden, dan Goa Gesing sering disebut dengan trio goa. Paket wisata yang ditawarkan pun sekaligus menjangkau tiga goa tersebut.

 

Goa Gesing dalam pengelolaannya dilakukan oleh Pokdarwis (Kelompok Masyarakat Sadar Wisata). Kelompok ini dibentuk sebagai upaya konservasi alam dengan basis kearifan lokal yang dikelola oleh penduduk setempat untuk peningkatan sosial ekonomi masyarakat.Pengelolaan wisata goa ini masuk dalam kesatuan wilayah Desa Wisata Mojo dimana lokai ketiga goa ini berada.

 

Lokasi Goa Gesing

 

Wisata Goa Jlamprong terletakdi Desa Wisata Mojo, Ngeposari, Kabupaten Gunungkidul. Dari arah Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama Wonosari menuju ke arah timur. Lokasi goa berada kurang lebih sejauh 7km dari pusat Kota Wonosari.

 

Untuk mencapai goa dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila sulit menemukan lokasi maka pengunjung dapat mengandalkan GPS dari smartphone. Bila menggunakan kendaraan umum maka berhenti di terminal Wonosari kemudian sambung dengan ojek ke Kecamatan Semanu. Jalan untuk menuju desa wisata sudah bagus.

 

Kelebihan Goa Gesing

 

Wisata yang ditawarkan Goa Gesing adalah menyusuri goa atau caving. Caving pada goa ini memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Peserta caving akan mendapatkan arahan dan penjelasan dari pemandu mengenai karakteristik goa, hal yang boleh dilakukan dan tidak, serta cara pemakaian perlatan untuk menyusuri goa. Kemudian peserta wajib mengenakan perlengkapan seperti helm, pelampung, dan septum khusus untuk trekking dalam goa.

 

Goa Gesing memiliki panjang sekitar 203 meter menuju Goa Jlamprong. Untuk menempuhnya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Namun bila peserta ingin melakukan penjelajahan goa hingga tiga goa habis, maka dibutuhkan waktu sekitar 3 jam, dengan tambahan panjang dari Goa Jlamprong ke Goa Sinden sekitar 570 an meter.

 

Selama perjalanan di dalam goa, pemandu akan menjelaskan mengenai karakteristik goa. Goa Gesing memiliki pemandangan stalagtit dan stalagmite di lorong goa. Dengan kondisi goa yang lembab, berair, dan berlumpur semakin membuat penerangan dalam goa terbatas. Sesekali peserta akan melihat spesies kelelawar yang menjadi penghuni goa.

 

Di akhir penelusuran di Goa Sinden terdapat sungai bawah tanah yang memiliki aliran air yang hangat. Peserta dapat membersihkan badan sembari relaksasi di sungai hangat ini setelah lelah menyusur goa.

 

Fasilitas Goa Gesing

 

Kelengkapan fasilitas di tempat wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di objek wisata. Fasilitas yang terdapat di sekitar goa sudah lengkap, karena berada di kawasan desa wisata. Kelengkapannya antara lain areal parkir, toilet, mushola, tempat istirahat, dan warung makan.

 

Harga paket wisata untuk menjelajah goa pun sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp. 25.000,00 pengunjung sudah mendapatkan fasilitas sewa perlengkapan dan pemandu. Perlengkapan yang didapat untuk caving antara lain lampu senter, perlengkapan dengan International Standart, serta free minum air kelapa. Minum air kelapa sunggguh sangat menyegarkan untuk mengembalikan tenaga yang hilang sehabis beraktivitas di goa. Dengan harga itu pula pengunjung sudah dapat menikmati keindahan 3 Goa, Goa Gesing, Goa Jlamprong, dan Goa Sinden.