Pesona Goa Bribin di Gunungkidul

Bila diminta menyebutkan nama goa di Gunungkidul, apa saja yang bisa disebutkan? Pastilah banyak yang langsung menyebut Goa Pindul yang ada di benak para wisatawan. Padahal ada 50 lebih goa yang tersebar di wilayah Gunungkidul. Namun masih banyak diantaranya yang belum familiar di telinga wisatawan karena memang belum dibuka untuk umum ataupun masih baru saja dibuka pengelolaannya. Sebagai contoh beberapa nama goa yang jarang diekspos antara lain Goa Langse, Goa Lowo, Goa Gesing, dan Goa Bribin Semanu. Goa-goa tersebut mempunyai keunikan dan manfaat masing-masing.

 

Mengenal Goa Bribin

 

Bentang alam karst yang membentang di sebagian besar wilayah Gunungkidul membuat kabupaten ini banyak terdapat goa di ketinggian. Permukaan perbukitan karst yang tandus justru menyimpan potensi yang besar seperti menyimpan debit air yang besar yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat sekitar.

 

Goa yang banyak dibuka di perbukitan karst ini adalah merupakan akses menuju tempat sumber air berada yaitu dengan ditemukannya sungai bawah tanah. Salah satunya adalah Goa Bribin. Goa yang memiliki potensi sungai bawah tanah dengan debit air yang besar dikembangkan untuk pemenuhan kebutuhan air bila kemarau tiba.

 

Lokasi Goa Bribin

 

Goa Bribin berada di kawasan dekat Goa Seropan.Tepatnya berada di Desa Dadap Ayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Bila pengunjung dari Yogyakarta dapat ditempuh melalui jalan utama Yogyakarta menuju Wonosari.Kemudian menuju Kecamatan Semanu.

 

Medan jalan yang dilalui sudah aspal yang bagus. Pengunjung dapat menjangkaunya dengan kendaraan pribadi.Bila kesulitan menemukan arah, bisa mendandalkan GPS sebagai penunjuk jalan. Bila pengunjung datang menggunakan kendaraan umum maka rute yang ditempuh dari Yogya adalah menuju terminal Wonosari kemudian sambung dengan ojek menuju desa Dadap Ayu.

 

Kelebihan Goa Bribin

 

Goa Bribin menawarkan pesona wisata baru berupa bendungan buatan bawah tanah. Goa ini memiliki kedalaman 100 meter. Karaketristik goa memiliki rongga langit yang rendah dengan penuh stalagtit dan stalagmit sehingga untuk menyusurnya harus dengan merunduk. Pada akhir muara ruangan goa lebih besar dan terdapat aliran sungai dengan debit air yang besar.  Sebuah sensasi tersendiri bagi penyuka petualang untuk menyusuri lorong goa dengan tantangan tertentu. Potensi sungai bawah tanah Bribin yang berada di bawah goa inilah yang dibendung untuk digunakan sebagai pembangkit listsrik tenaga air.

 

Proyek pembangunan bendungan dimulai pada tahun 2004 dengan program hibah dari pemerintah Jerman dalam bentuk teknologi, peralatan bor, turbin dan pompa. Bendungan dibangun setelah beberapa kali dilakukan penelitian oleh ahli dari luar negeri mengenai manfaat yang bisa didapatkan bila dibangun bendungan.

 

Dengan adanya bendungan bawah tanah yang konon merupakan yang pertama di dunia maka Goa Bribin menjadi objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat teknologi yang langka ini. Bagi warga sendiri manfaatnya sangat terasa yaitu merasakan pemenuhan kebutuhan air yang kontinyu bahkan di musim kemarau.

 

Failitas Goa Bribin

 

Kelengkapan sarana yang terdapat area wisata Goa Bribin sudah cukup lengkap. Ketersediaan fasilitas dasar bagi para pengunjung yang datang ke goa sudah ada seperti toilet, tempat istirahat, warung makan, dan areal parkir yang luas.

 

Sebelum mengunjungi lokasi wisata hendaknya membawa perlengkapan pribadi yang dibutuhkan. Bila ingin menyusur Goa Bribin tentunya harus membawa pakaian ganti untuk berjaga-jaga bila baju yang dikenakan basah ketika berada di lorong goa.