Desa Wisata Nglanggeran Berusia Purba

Perkembangan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul sangat bagus. Kabupaten ini tak henti- hentinya menggali potensi wilayah, budaya, dan masyarakatnya untuk diberdayakan menjadi lebih bernilai dan mempopulerkannya sebagai objek wisata baru. Trend wisatawan jaman sekarang yang selalu update dengan segala informasi semakin menguntungkan bagi industry pariwisata.  Objek wissata dengan tagline kekinian pasti dicari untuk didatangi karena penasaran dengan unggahan pengunjung yang sudah datang kesana. Gunungkidul adalah salah satu wilayah yang banyak mempunyai objek wisata kekinian tersebut.

 

Mengenal Desa Wisata Nglanggeran

 

Wisata Gunungkidul yang kekinian tak hanya perbukitan, pantai- pantai baru, dan goa. Pemberdayaan masyarakat pedesaan yang masih menjaga kearifan lokal dan budaya serta didukung oleh keindahan alam desa yang masih asri dan alami membuat desa itu layak dijadikan desa wisata. Banyak desa yang sudah dikembangkan oleh pemkab dan dikelola oleh penduduk lokal yang menjadi desa wisata mandiri. Bahkan desa- desa tersebut pernah menjuarai beberapa kategori untuk perlombaan nasional dan internasional.

 

Salah satu desa wisata yang berprestasi adalah Desa Wisata Nglanggeran. Desa yang terletak di kawasan geo site dan geo parkkawasan karst Gunung Sewu ini berhasil menjuarai Desa Wisata Terbaik I serta mendapatkan penghargaan dari ASEAN Community Based Tourism (CBT Award) di tahun 2017.  Suatu pencapaian yang luar biasa sebuah desa  yang masyarakatnya berhasil mengelola potensi daerah dan budayanya sebaga tujuan pariwisata dan dinilai baik hingga level internasional.

 

Indikator sebuah desa wisata untuk mencapai nilai tertinggi mencakup beberapa sector. Desa tersebut harus melibatkan peran masyarakat dalam pengelolaannya, dapat meningkatkan kesejateraan sosial, menjaga dan meningkatkan kualitas, baik atau tidaknya hubungan sosial antara pengunjung dan penduduk desa, pelayanan dan fasilitas (makanan, minuman, penginapan, jasa memandu) kepada pengunjung yang berkualitas. Tentunya hal itu bisa terwujud berkat kekompakan dan kesadaran penduduk.

 

Lokasi Desa Wisata Nglanggeran

 

Desa Wisata Nglanggeran terletak di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.  Lokasinya barada di kawasan geo park Gunung Api Purba Nglanggeran.  Dari arah Yogyakarta berjarak kurang lebih 25km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit perjalanan. Kondisi jalan menuju ke desa Nglanggeran sudah bagus.

 

Kelebihan Desa Wisata Nglanggeran

 

Suatu desa pasti memiliki keunikan untuk dapat dijadikan desa wisata. Sejarah Desa Wisata Nglanggeran pada awalnya objek wisata Gunung Gedhe yang dikelola oleh karang taruna setempat belumlah memiliki fasilitas yang memadai. Kemudian dibentuklah Badan Pengelola Desa Wisata Nglanggeran untuk mengambil alih pengelolaan wisata dengan dibangunnya berbagai fasilitas pendukung dan memberdayakan potensi desa.

 

Desa wisata ini menawarkan banyak sekali paket wisata yang dapat dinikmati dan dilakukan oleh pengunjung. Baik itu wisata alam maupun wisata budaya. Wisata alam yang ditawarkan di desa ini yaitu mengunjungi Gunung Api Purba Nglanggeran, Embung Nglanggeran, Air Terjun Kedung Kandang.  Untuk wisata budaya, pengunjung dapat belajar mengenai etika kesopanan, memainkan alat music karawitan, dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional seperti jathilan atau kuda lumping.

 

Tak ketinggalan ada banyak lagi aktivias workshop yang bisa dilakukan oleh pengunjung terlebih lagi bila sekaligus bermalam di homestay yang telah disediakan di desa tersebut. Kegiatannya adalah workshop membatik topeng, menanam padi, berburu ikan di sungai, dan membuat aneka makanan khas desa setempat. Sebagai contoh pengunjung dapat mengolah hasil kebun coklat yang dapat diolah menjadi aneka penganan seperti brownies, dodol, dan minuman coklat.

 

Bila dirasa kurang menantang maka tersedia pula arena untuk memacu adrenalin seperti tersedianya climbing, trekking, dan flying fox.

 

Fasilitas Desa Wisata Nglanggeran

 

Sebagai desa sadar wisata tentunya Desa Nglanggeran sudah memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari tersedianya area parki, mushola toilet, pusat souvenir, dll. Bahkan di desa tersebut sudah disediakan homestay hingga 100 lebih untuk memfasilitasi para wisatawan.

 

Beberapa paket wisata juga ditawarkan, biasanya paket tersebut termasuk dengan biaya menginap beserta jenis kegiatan yang dapat dilakukan selama berada di desa wisata.

 

Ketagihan dengan pengalaman berlibur di desa wisata?Maka berkunjung ke Desa Wisata Bejiharjo dan Desa Wisata Jelok dapat dijadikan pilihan selanjutnya.