Ini Lho yang Bisa Dilakukan Selama di Desa Wisata Malangan

Polusi udara selama di kota, belum lagi kemacetan dan padatnya pekerjaan. Hingga pada suatu titik membuat orang pun merasa jenuh. Liburan adalah solusi yang paling tepat. Memilih lokasi yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Desa  wisata bisa menjadi jawaban. Apalagi saat ini semakin banyak pilihan. Yogyakarta termasuk provinsi dengan banyak desa wisata yang menawarkan keunggulan masing-masing. Salah satu keunggulan utama yang ditawarkan tentu saja pemandangan alam yang asri, suasana yang sepi dan segarnya udara pagi. Sudahkah Anda mengunjungi salah satu desa wisata di Jogja yaitu desa wisata Malangan?

 

Sekilas Desa Wisata Malangan

 

Desa Wisata Malangan mungkin belum terlalu dikenal namanya. Meskipun sebenarnya desa wisata yang terletak di Desa Sumberarum, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman ini sudah mulai dirintis sejak 1998 oleh penduduk setempat. Hanya saja karena keterbatasan SDM yang ada terutama untuk mengelolanya membuat desa wisata ini mati suri. Hingga akhirnya mulai berjalan kembali sejak awal 2017 lalu.

 

Kembalinya desa wisata Malangan Sleman aktif dan dikelola kembali tentu semakin menambah daftar desa wisata yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Semakin memberikan banyak pilihan kepada para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Selain itu juga bisa mendorong kreatifitas masing-masing desa untuk meningkatkan pelayanan maupun fasilitas yang diberikan. Apalagi desa wisata ini dalam lomba desa wisata se-Kabupaten Sleman sempat memperoleh predikat sebagai desa yang paling menonjol.

 

Bersepeda Keliling

 

Pada saat Anda berada di Desa Wisata Kinahrejo untuk mengelilingi spot-spot yang dikunjungi, Anda harus menggunakan jeep karena sulitnya medan yang ditempuh. Berbeda ketika berada di Desa Wisata Malangan. Anda bisa mengelilingi desa menggunakan sepeda. Menikmati suasana desa sambil bersepeda, menyapa warga setempat tanpa khawatir klakson dari berbagai kendaraan lalu lalang sepertihalnya di kota.

 

Anda bersepeda melewati sawah yang hijau, menyapa petani yang hendak ke sawah, bersepeda melihat matahari terbit atau terbenam dan seterusnya. Belum lagi mengabadikan momen selama bersepeda berkeliling. Pasti ada banyak spot maupun angle menarik yang bisa diambil. Ini merupakan kegiatan pertama yang bisa dilakukan ketika berada di desa wisata ini. 

 

Belajar Membudidayakan Ikan Air Tawar

 

Jika berbicara desa wisata budidaya ikan tentu tidak bisa lepas dari Desa Wisata Bokesan. Namun bukan berarti hanya desa tersebut saja yang menyediakan keistimewaan tersebut. Karena Malangan pun dikenal juga sebagai pusatnya ikan air tawar terutama ikan gurame, nila dan lele. Jika Anda berkeliling desa ini hampir setiap kepala keluarga memiliki kolam untuk budidaya ikan air tawar.

 

Jadi jangan terlalu heran jika di daerah ini ada banyak warung makan atau restoran yang menyediakan menu ikan. Mereka mengembangkan sebuah teknologi booster yang membantu para petani ikan membersihkan kolam sekaligus mengganti siklus air dengan cepat dan efisien. Teknologi ini disebut-sebut mampu meningkatkan perkembangbiakan ikan sehingga lebih cepat panen dibandingkan metode konvensional. Para petani ikan ini tidak segan membagi ilmunya kepada para pengunjung yang ingin belajar.

 

Melihat Industri Kerajinan Bambu

 

Desa wisata Malangan disebut juga sebagai desa wisata bambu anyaman karena di desa ini juga memiliki pusat industri kerajinan bambu. Selain kolam ikan saat berkeliling Anda juga bisa menemui ada banyak usaha anyaman bambu di sini. Mulai dari home industri yang membuat kerajinan bambu dalam skala kecil untuk ruang lingkup yang kecil hingga industri besar yang memiliki banyak karyawan. Tidak hanya produksi untuk distribusi dalam negeri saja karena hampir 95 persen produknya merambah pasar mancanegara.

 

Tidak seperti saat mengunjungi desa wisata kaliurang timur dimana Anda berkutat dengan pemandangan alam dan kegiatan yang berhubungan dengan alam. Ketika berada di desa wisata ini ada banyak kegiatan mulai dari yang berhubungan dengan alam, belajar memelihara ikan, belajar membuat kerajinan bahkan wisata budaya dengan mengetahui cara membatik maupun proses pembuatan keris.

 

Dimana dalam pembuatan keris membutuhkan bahan berkualitas dan membutuhkan waktu berbulan-bulan. Masih banyak yang bisa dilakukan selama berada di Desa Wisata Malangan tetapi Anda harus mengunjunginya terlebih dahulu sehingga bisa melihat keseruannya.

 

Alamat: Malangan, Sumberagung, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55563