Ini Dia Alasan Mengapa Harus ke Desa Wisata Garongan

Kehadiran desa wisata memberikan alternatif liburan. Baik bagi keluarga, personal bahkan organisasi. Semakin tingginya tekanan pekerjaan, padatnya aktifitas juga berpengaruh terhadap tekanan emosional atau mental. Secara tidak langsung berpengaruh terhadap motivasi untuk bekerja maupun belajar. Itulah mengapa liburan diperlukan. Tempat wisata yang mengedepankan pemandangan alam dengan suasana pedesaan didukung dengan aktifitas warga lokal memberikan ruang tersendiri. Mampu membantu mengurangi stress karena pekerjaan maupun lingkungan. Beruntung saat ini semakin banyak desa-desa wisata yang menarik, khususnya di Yogyakarta. Desa wisata Garongan adalah salah satunya.

 

Mengenal Desa Wisata Garongan

 

Desa wisata garongan berada di lereng Gunung Merapi atau sekitar 14,5 meter dari puncak Gunung Merapi tepatnya di Desa Garongan, Wonokerto Turi, Sleman. Menurut sejarah desa wisata garongan disebutkan bahwa sebelum menjadi desa wisata tempat tersebut merupakan sebuah  tempat makan. Sekitar 2014 baru menjadi desa wisata dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

 

Keunggulan tempat tersebut adalah suasana alam yang segar, terdapat kolam ikan dengan gazebo-gazebo yang mengelilinginya. Menjadi tempat yang tepat untuk bersantai mendengar gemericik air, menikmati suasana alam dan segarnya udara sekitar.

 

Apalagi lokasinya dekat dengan Gunung Merapi, udara sejuk dan tenang khas pedesaan bisa Anda nikmati. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang bisa menikmati suasana di desa ini. Para wisatawan dari luar Jogja bahkan mancanegara juga menikmatinya. Selalu ada alasan menarik untuk berkunjung ke desa ini.

 

Area Persawahan dan Perkebunan Salak

 

Berada di dekat Gunung Merapi Anda bisa melihat bahwa di desa wisata garongan kabupaten sleman Anda bisa melihat masih banyaknya area persawahan yang semakin berkurang di perkotaan karena dibuat pemukiman. Selain itu Anda juga bisa melihat banyak perkebunan salak yang bisa disinggahi seperti yang ada di desa wisata gabugan.

 

Hasil perkebunan salak pondoh dan salak gading ini tidak hanya didistribusikan untuk konsumsi dalam negeri saja karena buah salak di desa ini merupakan kualitas ekspor. Anda tidak hanya bisa berkunjung tetapi bisa melihat lebih dekat bagaimana cara mengawinkan bunga salak, cara memanen salak tanpa terkena durinya dan cara membersihkan buah salak dari duri-durinya. Tentu saja Anda bisa langsung menikmati buah salak memetik dari pohonnya. 

 

Tempat Camping

Untuk tempat camping di bumi perkemahan garongan turi bisa menjadi lokasi yang paling pas. Memiliki luas sekitar 6000 meter persegi sehingga mampu menampung setidaknya 500 peserta camping. Keunggulan tempat ini adalah lokasi camping ground yang terpisah dari perkampungan dan jalan raya.

 

Sangat tepat digunakan untuk melatih kemandirian siswa-siswa dari SD, SMP maupun SMA yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Benar-benar terasa alami dan sepi. Para siswa pun benar-benar bisa merasakan camping atau berkemah jauh dari perkotaan dan keramaian.

 

Potensi Menarik Lainya

 

Sebagaimana desa wisata Gamplong  masih banyak potensi wisata yang masih bisa dikelola dengan baik. Misalnya saja atraksi kesenian Gejog Lesung dan Kubrosswo. Gejog lesung merupakan sebuah permainan yang menggunakan lesung untuk alat musik. Lesung dulunya digunakan untuk menumbuk padi, memisahkan kulit ari padi dengan beras. Nah, musik dari lesung ini mengiri sinden yang menyanyi.

 

Alunan suara lesung yang dipukul sedemikian rupa, dengan ketukan tertentu dan suara sinden yang merdu. Sangat jarang ditemukan di daerah lain. Selain itu bagi Anda yang suka memancing, di desa ini juga menyediakan area pemancingan ikan dan penangkapan ikan. Jika ingin melakukan tracking pun juga tersedia.

 

Setiap daerah pun memiliki makanan khas. Meskipun mungkin menemukan jenis makanan yang sama di desa wisata candi abang atau desa lain bisa  jadi rasanya berbeda. Hal ini tidak lain karena setiap tempat memiliki kebiasaan masing-masing ketika mengolah makanan. Jadi, saat mengunjungi suatu tempat jangan lupakan juga untuk mencicipi makanan yang ada.

 

Di Desa Garongan pun Anda bisa merasakan berbagai jenis makanan yang bisa dicicipi sekaligu untuk oleh-oleh. Makanan-makanan tersebut misalnya Kue Kipo, Keripik Salak dan Dodol Salak. Jika ingin mengunjungi dan mengetahui bagaimana cara pembuatan makanan tersebut di Desa Wisata Garongan maka Anda harus menghubungi tempat tersebut terlebih dahulu sehingga mereka akan menyiapkan waktu untuk Anda dan rombongan.