Wisata Edukasi di Desa Wisata Bleberan

Keberhasilan Gunungkidul dalam mengelola pariwisatanya patut dibanggakan. Bagaimana tidak, semua jenis pariwisata yang dikenalkan mendapat sambutan sangat baik dari kalangan masyarakat luas. Gunungkidul menawarkan beragam jenis wisata alam, budaya, dan desa wisata dengan biaya masuk ke setiap objek yang masih sangat terjangkau. Bahkan banyak wisata andalan yang sudah dikenal dalam dan luar negeri serta mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Sebagai contoh beberapa prestasi yang diraih oleh desa- desa wisata Gunungkidul dalam penilaian nasional dan Internasional. Salah satunya adalah desa wisata Bleberan.

 

Mengenal Desa Wisata Bleberan

 

Suatu desa bisa dikembangkan menjadi desa wisata bila memiliki keunikan atau kekhasan yang berbeda dengan desa lainnya. Bila menyebut desa wisata Gunungkidul, pastilah wisatawan sudah familiar dengan Desa Wisata Nglanggeran yang terkenal dengan Gunung Api Purbanya atau Desa Wisata Bejiharjo yang terkenal dengan Goa Pindulnya.  Tak mau kalah dengan dengan desa wisata lain, desa wisata Bleberan pun memiliki keunikan tersendiri.

 

Desa Wisata Bleberan sebenarnya merupakan salah satu desa wisata yang sudah lama terbentuk. Desa ini sudah sejak 2007 memberdayakan potensi wilayah yang berupa pengelolaan sumber mata air untuk dialirkan ke seluruh penduduk desa. Keberhasilan pengelolaan air tersebut hingga mendapatkan penghargaan dari Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi dalam kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

 

Desa ini juga memiliki sebuah badan desa yaitu BUMDes Sejahtera Bleberan (Badan Usaha Milik Desa). Kegiatan BUMDes meliputi tiga pokok agenda yaitu pemanfaatan wisata, pemanfaatan sumber air, serta kegiatan simpan pinjam. Peran BUMDes di desa Bleberan sungguh besar sehingga dapat menyumbang pendapatan daerah dan meningkatkan taraf perekonomian warga setempat.

 

Lokasi Desa Wisata Bleberan

 

Desa Wisata Bleberan berada di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul.  Lokasinya berjarak kurang lebih 25km dari pusat kota Jogja.  Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum untuk menjangkau wilayah ini. Rute yang dilalui dari Jogja adalah melewati jalan utama Yogya- Piyungan- Patuk- Gading- Bleberan. Terdapat alternative rute lain yaitu Yogya- Imogiri- Bleberan. Medan yang ditempuh selama perjalanan sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Desa Wisata Bleberan

 

Pesona wisata yang ditawarkan Desa Wisata Bleberan adalah edukasi mengenai keberadaan BUMDes yang sangat berkembang dan berhasil dalam mengelola potensi desanya sehingga dapat menyumbang pendapatan daerah. Sungguh suatu prestasi yang sangat dibanggakan. Hingga kini banyak yang datang ke desa ini untuk mempelajari bagaimana seluk beluk BUMDes dan dijadikan percontohan untuk dapat diterapkan ke desa lain.

 

Dalam sector pengelolaan sumber mata air, BUMDes berhasil menyalurkan air bersih dengan kualitas menyaingi PDAM untuk memenuhi kebutuhan para warga terutama di musim kemarau. Teknik penyalurannya pun sudah modern dengan menggunakan reservoir untuk tampungan air dan membangun instalasi di tiap rumah penduduk.

 

Di sector pemanfaatan wisata, desa ini diuntungkan dengan keberadaan Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencono. Pengelola mengadakan paket wisata untuk mengunjungi dua tempat tersebut, dan animo masyarakat sungguh bagus terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang ke dua tempat wisata tersebut.

 

Melihat banyaknya keinginan baik dari instansi ataupun sekolah yang ingin belajar mengenai penglolaan desa, maka Desa Bleberan menyediakan paket- paket wisata yang berkaitan dengan edukasi tentang pedesaan. Dalam paket tersebut pengunjung dapat belajar mengenai pengelolaan BUMDes, pengelolaan koperasi, pengelolaan tempat wisata, dan kegiatan kesenian tradisional.

 

Fasilitas Desa Wisata Bleberan

 

Fasilitas yang terdapat di Desa Wisata Bleberan sudah sangat lengkap. Sebagai desa yang memang mengandalkan pariwisata, kelengkapan sarana untuk menunjang kenyamanan pengunjung sudah dipersiapkan dengan matang.

 

Pengunjung dapat memilih paket wisata yang ditawarkan mulai dari paket Meeting hingga paket Outbond.  Paket meeting mencakup penginapan, makan tiga kali sehari beserta snack nya, sound system, penampilan wayang kulit, bamboo gila, dan jathilan, belajar mengenai wayang, berkunjung ke situs purbakala, dan wisata alam Air Terjun Sri Gethuk beserta body rafting.

 

Untuk paket outbond/ edukasi/ body rafting pengunjung dapat menikmati failitas pemandu, body rafting, peralatan rafting, asuransi, dan shuttle penjemputan. Paket tersebut dapat dipilih sesuai dengan tujuan dan kebutuhan para wisatawan.